Istilah-Istilah Tukang Kampung Dalam Dunia Bangunan Sipil?


 

 

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU.

Pengamat Perkotaan/Dosen Magister Teknik Sipil UIR

            Bila ada tukang kampung tentu ada juga tukang kota. Maksud istilah tukang kampung di sini bukanlah tukang-tukang yang bekerja di kampung atau tukang-tukang yang berasal dari kampung, tetapi pemakaian istilah bangunan yang mereka (tukang-tukang) gunakan itulah yang dimaksud dengan Istilah Tukang Kampung. Bila Anda cari istilah-istilah yang mereka gunakan itu sama sekali tidak ada di kamus teknik sipil atau dipelajaran di bangku kuliah teknik sipil juga sama sekali tidak pernah ditemukan.

Pernahkan Anda mendengar istilah-istilah tukang kampung berikut ini di Pekanbaru? Seperti: Tapak Gajah, Besi Cincin, Besi Termol, Pasak Bumi, Tombak Layar, Cakar Ayam. Ya, kayaknya tak asing juga! Sangat mengherankan, istilah-istilah tersebut di atas, rupanya bukan hanya sekedar istilah tukang kampung yang digunakan proyek. Ternyata juga ada gambar kerja yang dibuat oleh sarjana-sarjana teknik yang menggunakan istilah-istilah tukang kampung ini. Di mana sekolahnya, ya?

Saya sudah 16 tahun mengajar sebagai dosen teknik sipil dan saya belum pernah menyumpai adanya istilah tapak gajah dalam referensi karangan siapa pun. Tetapi yang membuat saya terheran-heran ada juga kontrak kerja yang bernilai puluhan miliar yang salah satu item pekerjaannya adalah “tapak gajah”. Jadi, rupanya istilah-istilah tukang kampung bukan hanya ada di gambar kerja, tetapi ada juga di dalam kontrak kerja, terutama kontrak kerja pihak-pihak swasta.

Melalui artikel ini saya akan mencoba menjelaskan item pekerjaan apa yang dimaksud istilah-istilah tukang kampung tersebut di atas. Istilah pertama: “Tapak Gajah”, rupanya yang dimaksud dengan istileh “tapak gajah” adalah pondasi umpak beton bertulang, atau pondasi setempat, dalam referensi-referensi teknik sipil disebut “foot plate”. Istilah kedua: “Besi Cincin”, rupanya yang dimaksud dengan “besi cincin” adalah sengkang-sengkang atau begel, yang dalam dunia teknik sipil sengkang-sengkang atau begel ini berfungsi untuk menahan gaya geser pada balok dan kolom beton bertulang. Istilah ketiga: “Besi Termol”, rupanya yang dimaksud dengan istileh “besi termol” adalah besi yang ditekuk seakan-akan menghubungkan besi atas dengan besi bawah balok. Sebenarnya dalam dunia teknik sipil, hal ini terjadi karena besi tarik pada tumpuan balok yang terletak di atas di tekuk, diteruskan menjadi besi tarik di lapangan pada suatu struktur balok lantai. Istilah keempat “Pasak Bumi”, mungkin istilah yang satu ini tidak terlalu asing buat Anda, apa itu? Ya, benar! Maksudnya adalah tiang pancang. Istilah kelima “Tombak Layar”, Anda tentu pernah melihat bangunan gudang atau sejenisnya. Rupanya yang diksud dengan tombak layar adalah pasangan tembok yang tinggi biasanya berbentuk segitiga atau boleh juga kita katakan yang menyerupai singap. Istilah terakhir “Cakar Ayam”, istilah ini jelas bukan “pondasi cakar ayam” yang ditemukan oleh Sudiyatmo, rupanya istilah cakar ayam di sini adalah anyaman besi pondasi umpak.

Demikian artikel ini, silahkan Anda tambahkan istelah-istilah tukang kampung lainnya.***

6 responses to “Istilah-Istilah Tukang Kampung Dalam Dunia Bangunan Sipil?

  1. Istilah-istilah aneh memang kerap kita jumpai di lapangan dan mau tidak mau harus familiar dengan istilah yang biasa dipakai mereka dalam rangka “menyamakan bahasa” :). Hal lain mengapa sampai terjadi juga di gambar-gambar kerja kontrak-kontrak proyek milyaran rupiah, terutama proyek-proyek swasta, itu pun tidak terlepas dari “tenaga ahli” yang dipakai untuk membuat gambar-gambar tersebut kemungkinan besar memang bukan seorang sarjana teknik sipil. Karena di perusahaan-perusahaan kontraktor swasta nasional terutama yang masih belum ber-ISO, gelar sangat tidak dipentingkan. Yang dipentingkan adalah orang tersebut berlatar belakang pendidikan teknik bangunan, mengerti gambar, bisa membaca dan menghitung gambar, bisa mengoperasikan komputer, bisa menggambar dengan program terkait, komunikatif, dan atau memiliki keahlian yang lain yang bisa menunjang plus percaya diri yang tinggi, sudah bisa dipercaya sebagai “tenaga ahli” abal-abal. Meskipun ada beberapa orang yang bukan sarjana teknik sipil, namun memiliki kemampuan setara dengan sarjana sipil sebenarnya karena pengalaman dan belajar secara otodidak. Dan yang lebih memprihatinkan adalah banyaknya sarjana sipil yang terjun di lapangan, yang lebih menguasai ilmu tukang kampung dari pada menguasai ilmu sipil yang diperoleh selama di bangku kuliah. Istilah tukang kampung yang saya temui diantaranya sebutan segala macam bentuk struktur rangka batang dengan istilah Cremona, besi korset untuk besi penyangga pada pembesian plat lantai yang menggunakan wiremesh dobel layer, besi tengah untuk istilah tulangan puntir balok ataupun kepala tiang pancang.

  2. gucci 1638 Istilah-Istilah Tukang Kampung Dalam Dunia Bangunan Sipil? | Science and Civil Structure Media

  3. Kak saya bingun menengapa dinding harus diplester/fungsi dari plesteran

  4. Sdr. Josefin. Dinding perlu diplester karena: 1. memperkuat struktur dinding sendiri. 2. dari sisi estetika kelihatan lebih rapi, cantik karena pasangan bata tidak menjamin dinding menjadi rapi. 3. agar kedap air, bisa tidak diplester dinding akan tembus air. Semoga tidak bingung lagi, dik!

  5. Terimakasih infonya Pak, sangat bermanfaat, saya sedikit tertawa membaca istilah-istilah itu yang sebagian baru saya ketahui, yang ternyata..ohhh itu naksudnya.. heheheee

  6. belanja bahan bangunan ke RODA MAS 1 JAYA DEPOK saja http://material-rodamas.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s