Setiap Detik Dipermukaan Bumi Adalah Waktu Sholat



Ir.H. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Peminat Sains Qur’an & Sunah/Dosen Pasca Sarjana Magister Teknik Sipil UIR

Bumi adalah bola dunia yang bulat dan sekaligus berputar pada sumbunya ini menjadikan setiap jengkal daerah yang ada dipemukaan bumi bergantian terkenal sinar matahari pagi, berganti terkena matahari siang, berganti terkena matahari sore,berganti terkena waktu petang, berganti waktu malam dan berganti waktu fajar. Dikarenakan waktu sholat mengikuti posisi bumi terhadap matahari, dengan kata lain bergantung posisi matahari yang terus ‘bergerak’ sepanjang hari, maka waktu sholat pun menjadi berganti di setiap daerah. Karena ‘perjalanan’ matahari adalah linear atau tidak melompat dari satu titik ke titik lainya, maka daerah yang terkena sinar matahari pun bergerak scara smooth dan continu dari satu daerah ke daerah lainnya.

Kajian yang sangat menarik masalah ini dapat kita jumpai dalam buku Agus Mustofa ( Langit Bertasbih Bumi Berdzikir 81-83). Jika kita gunakan hitungan waktu dengan satuan terkecil detik, maka setiap detik perjalanan matahari akan diikuti waktu sholat di setiap daerah berikutnya searah ‘gerak’ matahari. Akibatnya di bumi tak ada satu daerahpun yang tidak terkena waktu shalat (keculai kutub yang memerlukan pemahaman tersendiri). Maka setiap saat dan waktu terdapat orang-orang yang sholat bersamaan. Dan bergantian sepanjang waktu. Ketika di suatu daerah orang-orang sedang memulai sholat dhuhur, di detik berikutnya jamaah disambung orang lain memulai sholat dzuhur. Kemudian detik berikutnya jama’ah orang-orang di daerah lain memulai sholat dzuhur pula. Belum selesai seseorang mengucap salam, ribuan orang lain telah ‘menyambungnya’. Demikian seterusnya berlaku sepanjang waktu yang ada, 24 jam penuh.

Jika satuan detik di anggap sebagai waktu terkecil, maka 24 jam waktu kita sehari semalam equivalent dengan: 24 (jam) X 60 (menit) X 60 (detik) = 86.400 detik. Andai saja kita punya ‘delapan puluh enam ribu empat ratus’ buah monitor CCTV atau pesawat televisi, kemudian kita letak di hadapan kita, kemudian kita aktifkan semua monitor CCTV pada ‘chanel detik’ berbeda yang bisa membuat laporan khusus kegiatan sholat di atas permukaan bumi, maka kita akan melihat suatu pemandangan yang menakjubkan yang tentu akan membuat berdiri bulu roma orang-orang beriman. Bahkan manusia pada umumnya. Mengapa? Sebab tidak satupun monitor CCTV yang kosong dari orang sholat. Semua monitor CCTV akan menunjukkan gambar orang sedang sholat secara bersamaan dan sambung menyambung sepanjang hari, sepanjang malam, dan sepanjang waktu.

Andai saja kita mempunyai pandangan tajam sampai menembus seluruh permukaan bumi secara bersamaan, maka kita akan melihat di atas permukaan bumi terdapat ‘gelombang’ orang sholat yang takkan pernah berhenti sepanjang waktu. Satu daerah memulai takbiratul ihram, detik berikutnya daerah lain menyusul takbiratul ihram. Suatu daerah melakukan rukuk, daerah berikutnya memulai rukuk. Daerah lain melakukan i’tidal, detik berikutna daerah lain juga i’tidal. Demikian pula ketika sujud, duduk, bediri, di seluruh permukaan bumi terdapat orang sedang sholat secara bersamaan dan bergantian sambung menyambung tak pernah henti, subhaanallah. Indah sekali.

Manusia tidak pernah berhenti sedetikpun mengagungkan Tuhannya yaitu Allah SWT. Mampunkah kita menghitung? Berapa ribu, berapa juta. Atau bahkan berapa trilyun kalimat Allah disebut dan dikumandangkan yang terus sambung menyambung tak pernah berhenti…? Demikian juga dengan nama Rasulullah SAW yang terus berkumandang sepanjang hari. Satu-satunya nama manusia yang terus melekat dengan nama Allah SWT (Allahuma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad…).***

2 responses to “Setiap Detik Dipermukaan Bumi Adalah Waktu Sholat

  1. Subhanallah..Walhamdulillah..Wa Lailaha ilallah…Allahu akbar…

  2. toms shoes $5coupon Setiap Detik Dipermukaan Bumi Adalah Waktu Sholat | Science and Civil Structure Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s