Kelok Sembilan Masuk Enam Jalan Raya Terunik Di Dunia?


 

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/ Dosen Teknik Sipil UIR

            Setiap orang di sekitar kita tentu mengenal jalan raya Kelok Sembilan. Setiap pengemudi yang lewat di ruas jalan ini harus sangat waspada, karena jalan raya yang sempit, curam, dan perbedaan tinggi yang besar dalam jarak yang relatif pendek. Apakah pantas jalan raya Kelok Sembilan ini kita usulkan menjadi jalan Keenam terunik di dunia?

            Marilah kita bandingkan dengan lima jalan terunik di dunia menurut versi buku: 40 Fakta Unik Langka Aneh Misterius Di Seluruh Dunia, yang ditulis oleh Hendi Triono. SIP, sebagai berikut.

            Pertama. Jalan raya di Norwegia ini bernama “The Atlanterhavsveien” di daerah More og Romsdal, jalan ini seolah-olah menyerupai jalan layang berkelok yang menghubungkan kepulauan Averoy dengan Vevang, Kota Kristiansund dan Molde. Selain berada di kawasan angin kencang, jalan yang beroperasi 7 Juli 1989 ini memiliki struktur bangunan yang lebih menukik di atas perairan. Panjang lintasan jalan raya ini mencapai 8,3 kilometer.

               Kedua. Jalan raya di Mexico yang bernama “Capulin Volcano Road”, adalah sbuah jalan raya beraspal 2 mil ke puncak gunung dan setapak di aspal ke dalam kawah dan sekitar tepi perusahaan memberikan akses untuk mejelajahi gunung berapi Capulin di New Mexico. Di daerah ini, kemacetan mudah saja terjadi lantaran memiliki ruas jalan yang sangat sempit. Bagi Anda yang membawa kendaraan lebih kecil harus siap-siap mengalah apabila berpapasan dengan bus atau truk besar yang lalu lalang.

            Ketiga. Jalan raya di Kanada yang bernama “Tibbitt to Contwoyto Road”, jalan raya ini berasal dari danau-danau es yang membeku sering dilintasi truk-truk besar yang membawa muatan hasil pertambangan dari dan menuju Northwest Territories dengan Nunavut di utara Kanada. Jalan Raya ini merupakan jalan es terpanjang (568 kilometer) di dunia dibangun pada tahun 1982.

            Keempat. Jalan raya di Hawaii yang bernama Hana Highway. Hawaii dikenal memiliki pantai yang sangat cantik. Namun bagi Anda yang sedang berkunjung ke kawasan pantai Maui, panorama unik justru terlihat dari sisi jalan raya sepanjang 84 kilometer yang terletak di atas perbukitan laut. Selama Anda melintas di jalan Hana Highway, tentu membutuhkan tingkat keahlian dan kewaspadaan yang lebih matang ahar mobil Anda tidak tercebur ke jurang bukit.

            Kelima. Jalan raya di China. Sebuah jalan terowongan yang diberi nama Guoliang. Perjalanan penuh tantangan hanya dibutuhkan oleh setiap pengemudi yang bernyali besar. Jika Anda salah satu dari mereka yang selalu mencari tantangan, siap-siap saja beraksi di jalan terowongan Guoliang di Provinsi Hunan, China. Selain berada di area perbukitan yang tandus, jalan raya ini memiliki banyak terowongan yang menembus Pegunungan Taihang. Terkadang mobil Anda terlihat menghilang dari penglihtan di seberang bukit.

            Bagaimana pembaca sekalian? Bagaimana Saudara Hendi Triono? Setujukah Anda? Jalan Kelok Sembilan yang berada di Sumatera Barat, Indonesia yang tentu tidak kalah unik dengan kelima jalan raya tersebut di atas, kita namakan “Jalan Terunik Ke Enam Di Dunia”.***

6 responses to “Kelok Sembilan Masuk Enam Jalan Raya Terunik Di Dunia?

  1. pemandangannya indah bangat tp sayang tak ada di makassar, andaikan ini ada di Makassar mungkin aku sudh ksna. Slmt berkarya sukses slalu amin…

  2. Hadison Hadis

    setuju kelok 9 .. jalan terunik ke 6 di dunia ..

  3. setuju pak, sekalian kelok 44.. yang ke-7

  4. pada tangal 17 november 2012 ini,dan hanya dalam 2 jam saja.terhitung 163 orang,yang dengan sengaja berpose dg kamera ponsel pribadi.di jembatan kelok sembilan ini.bagaimana.klo 20 jam ?

  5. karna aku ada di sana fren

  6. Wonderfull

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s