Wajar, Kurang Wajar, dan Kurang Hajar


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/Praktisi HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)/ dan Dosen Teknik Sipil UIR

Bila sejumlah Ruko dibangun sesuai dengan aturan Perda, tidak melanggar GSB dan peruntukan, itu kita katakan Wajar. Bila sejumlah Ruko dibangun tidak mempertimbangan amdal, menghalangi sirkulasi dan pencahayaan tetangga, itu namanya Kurang Wajar. Akan tetapi, apabila sejumlah Ruko yang dibangun di atas taman kota dan daerah resapan air, itulah yang dinamakan Kurang Hajar.

            Bila drainase kota dirawat dengan benar, dibersihkan secara berkala, itu disebut Wajar. Bila oli bekas dan pembuangan air tinja ke drainase kota, itu dikatakan Kurang Wajar. Akan tetapi, apabila drainase kota sudah dijadikan tong sampah, itu baru namanya Kurang Hajar.

            Bila jalan beraspal rusak setelah umur rencana (10 tahun), itu dinamakan Wajar. Bila jalan beraspal rusak dalam tempo waktu beberapa tahun, itu  dikatakan Kurang Wajar. Tetapi, apabila jalan beraspal rusak dalam tempo waktu hanya beberapa bulan setelah diresmikan, itulah yang dinamakan Kurang Hajar.

            Tender konsultran yang dilakukan sesuai prosedur, itu kita katakan wajar. Tender konsultan yang dilakukan dengan pengaturan secara berjamaah, itu harus dikatakan Tidak Wajar. Bila tender konsultan tidak lagi dilakukan, tetapi oknum tertentu yang berpelat hitam yang membagi-bagi proyek kepada rekan-rekananya, atas permintaan oknum yang berpelat maerah,  itu dikatakan sangat Kurang Hajar.

Bila “Pekerjan Tambah” dilakukan untuk menambah mutu dan kesempurnaan suatu proyek pembangunan, itu kita namakan Wajar. Bila pekerjaan tambah itu dimaksudkan hanya sekedar untuk menghabiskan sisa anggaran, itu namamnya Kurang Wajar. Akan tetapi, apabila menciptakan pekerjaan tambah dengan cara mengada-ngada, atau fiktif untuk mengisi kantong-kantong pihak-pihak yang terlibat secara berjamaah, itu namanya sangat Kurang Hajar.

Bila panitia lelang menyeleksi rekanan sesuai dengan keppres, memenangkan yang profesional menurut ketentuan teknis, itu kita katakan Wajar. Bila, panitia lelang lebih mengutamakan salah satu rekanan yang dikenal baik, itu masih boleh kita katakan Kurang Wajar. Tetapi, bila panitia lelang memenangkan jagoaannya dengan babi buta, karena ada imbalan, itu harus kita katakan Kurang Hajar.

Bila kontraktor mencari untung di dalam proyek yang dikerjakannya itu, itu namanya Wajar. Bila kontraktor mengutamakan mencari untung dan menomorduakan kualitas dan waktu, ini masih boleh dikategorikan Kurang Wajar. Akan tetapi, bila kontraktor mencari untung besar dengan mengesampingkan profesional dan kualitas pekerjaan, itu harus dikatakan Kurang Hajar.

Konsultan Pengawas, mengawasi pekerjaan secara kontraktual dengan profesional, mengawasi ketepatan waktu, mutu, dan biaya pembangunan, itu kita katakan wajar. Bila konsultan takut mengawasi kontraktor dengan segala alasan klasik, itu kita namakan Tidak Wajar. Akan tetapi, bila konsultan pengawas lebih banyak mengawasi pekerjaan dari kedai kopi, minta HP dengan kontraktor, bagaikan gergaji bermata dua, ke atas dia makan dan ke bawah dia potong, itu namanya sangat Kurang Hajar.***

One response to “Wajar, Kurang Wajar, dan Kurang Hajar

  1. Silvi Anggraini

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s