Distributor Besi Beton di Pekanbaru Tidak Paham Mutu Baja


 

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/ Dosen Teknik Sipil UIR

                 Aneh tapi nyata, begitulah kondisi penjualan material besi beton di Pekanbaru. Coba Anda beli besi beton dengan mutu katakan U-35 ke distributor, pasti mereka menjawab “yang kami jual hanya besi polos dan besi ulir, masalah mutunya silahkan uji sendiri saja”. Mereka bengong bila ditanya mutu baja tulangan, padahal buat konstruktur mutu baja tulangan sangat menentukan kekuatan suatu elemen struktur bangunan.

            Sebagai jaminan mutu tulangan baja, mereka memberikan “Mill’s Certificate” kepada kontraktor. Sertitkat ini hanya berisikan: kuantiti tulangan yang diorder sesuai dengan nomor PO, dari pabrik baja ke distributor yang bersangkutan, dan biasanya tidak mencatumkan nama kontraktor, apalagi nama proyek yang sedang dikerjakan. Kalau demikian, bukankah sertifikat ini dengan mudah bisa disalahgunakan?

            Seharusnya sebagai distributor, mereka harus tahu betul baja yang mereka jual. Mereka pun harus mengacu kepada persyaratan penandaan mutu tulangan beton, berdasarkan SNI. Agar tidak ada pihak yang dirugikan, biasanya konsumen, mereka melalui pabrik baja harus bisa memastikan mutu baja beton dengan pasti. Sehingga para konsumen tidak bertanya-tanya lagi, para konsumen hanya tinggal mengadakan uji tarik bila ada mutu yang dianggap meragukan. Bukankah begitu?    

              Berikut ini, saya sajikan kembali tentang besi beton dan penandaan mutunya. Berdasarkan bentuknya, baja tulangan beton dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu baja tulangan beton polos dan baja tulangan beton sirip. Baja tulangan beton polos adalah baja tulangan beton berpenampang bundar dengan permukaan rata tidak bersirip, disingkat BjTP. Baja tulangan beton sirip adalah baja tulangan beton dengan bentuk khusus yang permukaannya memiliki sirip melintang dan rusuk memanjang yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya lekat dan guna menahan gerakan membujur dari batang secara relatif terhadap beton, disingkat BjTS.

            Syarat Penandaan. Setiap batang baja tulangan beton harus diberi tanda (marking) dengan huruf timbul yang menunjukkann inisial pabrik pembuat serta ukuran diameter nominal. Setiap batang baja tulangan beton harus diberi tanda pada ujung-ujung penampangnya dengan warna yang tidak mudah hilang sesuai dengan kelas baja seperti. Setiap kemasan, harus diberi label dengan mencantumkan: Nama atau nama singkatan dari pabrik pembuat, warna, nomor lembaran (No. Heat), nomor seri produksi dan tanggal produksi, nomor SNI.

            Tanda untuk kelas baja tulangan beton. Kelas baja BjTP 24 dengan warna hitam, Kelas baja BjTP 24 dengan warna hitam, Kelas baja BjTP 24 dengan warna Hitam, Kelas baja BjTP 30 & BjTS 30 dengan warna Biru, Kelas baja BjTS 35 dengan warna Merah, Kelas baja BjTS 40 dengan warna Kuning, dan Kelas baja BjTS 50 dengan warna Hijau. ***

3 responses to “Distributor Besi Beton di Pekanbaru Tidak Paham Mutu Baja

  1. Mohon info nya Pak..
    saya Budi Ginanda, Mahasiswa UIR jurusan planologi.
    tau gak alamat ditributor besi dipekanbaru yg murah dimana?
    terimakasih

  2. Ketidakpahaman juga dikarenakan ahli2 sipil dan pemerintah tidak mensosialisasikan mengenai mutu besi..mohon bapak publikasikan distributor yang memenuhi kriteria tsb untuk wilayah pekanbaru.

  3. Pingback: cozy cove

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s