Ciri-Ciri BjTB Tulangan SNI


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/ Dosen Teknik Sipil UIR

                 Hari ini senin tujuh Maret 2011, hampir semua media masa di Pekanbaru menyoroti adanya menyoroti adanya Baja Tulangan Beton (BjTB)  non SNI yang beredar di Provinsi Riau. Direktur Pengawasan Barang dan Jasa Kemendag RI, meminta seluruh barang-barang tersebut ditarik dari pasaran dan harus tuntas tiga bulan ke depan. Seolah-olah peristiwa beredarnya baja non SNI ini adalah hal yang baru terjadi, padahal belasan bahkan puluhan tahun barang-barang ini sudah beredar.  Dengan BjTB non SNI yang selama ini dikenal dengan besi banci, lebih dari 90 persen ruko-ruko di Pekanbaru dibangun.

            Coba lihat saja, hampir semua toko bangunan enceran menjual baja non SNI, hal ini adalah bukti bahwa BjTB selama belasan tahun beredar luas di Pekanbaru. Lepas dari masalah penariknya BjTB di Provinsi Riau, yang perlu saya soroti adalah: apakah masyarakat luas tahu tanda-tanda atau ciri-ciri BjTB SNI itu seperti apa? 

              Berdasarkan bentuknya, baja tulangan beton dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu baja tulangan beton polos dan baja tulangan beton sirip. Baja tulangan beton polos adalah baja tulangan beton berpenampang bundar dengan permukaan rata tidak bersirip, disingkat BjTP. Baja tulangan beton sirip adalah baja tulangan beton dengan bentuk khusus yang permukaannya memiliki sirip melintang dan rusuk memanjang yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya lekat dan guna menahan gerakan membujur dari batang secara relatif terhadap beton, disingkat BjTS.

            Syarat Penandaan. Setiap batang baja tulangan beton harus diberi tanda (marking) dengan huruf timbul yang menunjukkann inisial pabrik pembuat serta ukuran diameter nominal. Setiap batang baja tulangan beton harus diberi tanda pada ujung-ujung penampangnya dengan warna yang tidak mudah hilang sesuai dengan kelas baja seperti. Setiap kemasan, harus diberi label dengan mencantumkan: Nama atau nama singkatan dari pabrik pembuat, warna, nomor lembaran (No. Heat), nomor seri produksi dan tanggal produksi, nomor SNI.

            Tanda untuk kelas baja tulangan beton. Kelas baja BjTP 24 dengan warna hitam, Kelas baja BjTP 24 dengan warna hitam, Kelas baja BjTP 24 dengan warna Hitam, Kelas baja BjTP 30 & BjTS 30 dengan warna Biru, Kelas baja BjTS 35 dengan warna Merah, Kelas baja BjTS 40 dengan warna Kuning, dan Kelas baja BjTS 50 dengan warna Hijau. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s