Berapakah Panjang Runway SSK II?


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/ Dosen Teknik Sipil UIR

                 Setelah dua kali kecelakaan pesawat maskapai Lion Air baru baru ini di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Seperti apa yang diberitakan di media, bahwa kecelakaan ini disinyalir karena Runway Bandara SSK II pendek. Berapakah panjang runway existing Bandara SSK II ini?

            Berdasarkan rapat antara DPP Partai Golkar dengan Fraksi PG DPR RI di kantor DPP PG Slipi Jakarta (Riau Pos, Sabtu, 19 Februari 2011, hal. 3). Saay ini, panjang runway Bandara SSK II hanya sekitar 2.200 meter, di mana seharusnya minimal landasan pacu tersebut mencapai 3.000 meter.

Tetapi saya pernah mendapatkan informasi data landas pacu existing bandara ini. Landas pacu bandara existing SSK II dengan panjang landas pacu (runway) sepanjang 2.250 meter, lebar 30 meter, dan tebal perkerasan 70 cm. Dengan keterbatasan panjang runway yang ada selama ini, bandara ini dengan sendirinya tidak bisa melayani pesawat-pesawat yang pada umumnya bermesin 3 dan empat, seperti; Dc-8-61 sampai dengan Dc-8-63, Boeing B-707 B, B-747 B, Concorde, dan lain sebagainya, yang memerlukan panjang runway lebih dari 3 km. Sebagai perbanding, kita lihat bandara ketaping di kabupaten Pariaman Sumatra Barat yang mempunyai kapasitas yang lebih besar. Bandara Ketaping ini mempunyai panjang runway 2.720 meter, lebar, 45 meter, dan tebal perkerasan 75 cm.

Sumber lain tentang runway Bandara SSK II, saya kutip dari majalah Tecno Konstruksi Edisi 28, Agustus 2010. Berdasarkan master plan, luas lahan yang dimiliki bandara SSK II kurang lebih 319,8 ha. Dari sisi udara yang ada saat ini adalah apron seluas 41.700 m2 yang terbagi di dua lokasi (seluas 34.000 m2 dan 7.700 m2) dan taxiway 50 m x 31 m (2 unit) dan sedang dalam proses tender pelebaran menjadi 45 m x 2.240 m. Untuk perpanjangan runway yang kini sedang dalam penggodokan Dirjen Perhubungan Darat menjadi 2.600 m. Sedangkan dari sisi darat, untuk parkir kendaraan existing dapat menampung 250 kendaraan.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s