Pemotongan Cadas Keras dan Rock


(Pemotongan dengan Jackhammers & Peledakan)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

Pertanyaan: Kepada Pengasuh Rubrik Keamanan Konstruksi. Bila kita hendak ke Provinsi tetangga yakni Sumatra Barat, kita harus melalui daerah perbukitan dan pegunungan. Bila diperhatikan daerah sekira perbukitan Rantau Berangin, banyak bukit-bukit yang terpaksa dipotong sehubungan dengan pelaksanaan trase jalan. Bagaimana metode pemotongan bukit-bukit batu tersebut dan apakah benar dipotong dengan metode peledakan?

Jawaban:

Cadas atau batuan yang keras di daerah perbukitan, di mana batasannya adalah pengarukan (pemotongan) dengan ripper dan buldoser sudah tidak mampu lagi, maka cara penggaliannya ada dua macam, berdasarkan: (1). Volume tanah yang harus digali hanya sedikit atau tanah yang harus dipotong tipis saja. (2). Volume tanah yang harus digali sangat besar dan tebal.

Jika volume tanah yang harus digali hanya sedikit atau tanah yang harus dipotong tipis saja. Dalam kondisi semacam ini cukup dengan menggunakan jackhammers. Perlu untuk menggunakan compressor yang besar sehingga cukup untuk beberapa jackhammers. Mata jackhammers berupa pahat, untuk memotong batuan.

Jika cadas atau batuan yang harus dipotong sangat tebal dan sangat banyak volumenya, maka perlu dipertimbangkan dengan menggunakan cara peledakan. Pada dasarnya peledakan adalah merupakan metode bantuan agar pelaksanaan penggalian cadas dan batuan yang keras dapat terlaksana dengan mudah.

Dengan peledakan berarti akan menjadikan tanah batuan menjadi lepas berkeping-keping halus, karena energi yang dihasilkan oleh bahan peledak, sehingga mudah diambil maupun didorong dengan mesin buldoser.

Bahan peledakan yang digunakan (menurut Amien Sajekti, Metode Kerja Bangunan Sipil), biasanya adalah ammonium nitrate, baik peledakan di permukaan maupun di bawah tanah/terowongan. Beberapa buku menyebutkan harganya lebih murah dibandingkan dengan dinamik yang unsur pokoknya nitro-glycerin. Dengan menggunakan bahan peledak ammonium nitrate, akan lebih aman karena meledaknya bahan ini harus dengan menggunakan detonator.***

2 responses to “Pemotongan Cadas Keras dan Rock

  1. permisi, maaf saya mw nanya :
    nah dari cara – cara di atas itu kan pasti ada dampak – dampak’a…
    kira – kira apa saja dampak’a bagi lingkungan pak…????

  2. Sdr. Deksu, pemotongan bukit harus dilakukan dengan metode pelaksanaan konstruksi yang benar, agar tidak menimbulkan erosi dan pengerusan pada masa konstruksi maupun pada saat pemanfaatan bangunannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s