Hukuman Buat Orang Miskin


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/ Dosen Teknik Sipil UIR

Harusnya orang miskinlah yang harus dijaga hak-haknya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana dijamin oleh undang-undang dasar 45 di negara kita. Tetapi fakta mengatakan lain, orang-orang miskin ditindas habis-habisan, justru orang-orang kaya yang mampu membayar pengacara dan oknum aparat yang mendapat pelindungan hukum secara habis-habisan.

Sekitar abad 17 di Prancis, hukuman mati untuk orang miskin, pencuri, dan perampok dilakukan dengan mengikat terdakwa pada 4 kuda/lembu/kerbau, kemudian ditarik secara bersamaan ke 4 penjuru arah. Kemudian dr. Joseph Ignance Guillotine, seorang politikus yang juga dokter merancang alat eksekusi yang membuat terdakwa tidak merasa sakit luar biasa saat diseksekusi. Ironisnya alat yang juga dipakai masa Raja Louis XVI berkuasa ini akhirnya dipakai juga untuk memenggal kepalanya sendiri.

Itu terjadi sewaktu adanya Revolusi Prancis yang pada saat itu rakyatnya menginginkan adanya persamaan hukum bagi orang kaya maupun miskin.

Apakah persamaan hukum bagi orang kaya maupun miskin sudah dapat kita rasakan? Bila sudah! Mengapa masih ada pencuri ayam dikroyok massa sampai mati? Mengapa masih ada nenek-nenek tua yang hanya mengambil 3 biji kakau yang didakwa? Mengapa koruptor kelas kakap justru mendapat fasilitas mewah dalam sel tahanan?

Apakah persamaan hukum bagi orang kaya maupun miskin sudah dapat kita rasakan? Bila sudah! Mengapa masih ada penguasa yang menjatuhi hukuman berat buat orang miskin? Mengapa masih ada penguasa yang meringankan hukuman buat orang kaya?

Apakah mereka-mereka yang bertindak semena-mena itu tidak takut? Bila suatu saat alat pemenggal kepala yang mereka persiapkan untuk memenggal kepala orang miskin, akan memenggal dirinya sendiri…???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s