Pengabdian dan Tabungan Amal


Catatan Redaktur Tamu:

Ir. Rony Ardiansyah, MT.

Pengamat Perkotaan/Dosen Magister Teknik sipil UIR

Mendengar ada bakso “Si Dul” di Kota Madinah adalah suatu hal yang cukup aneh. Saya pun mencoba mencarinya (bakso si dul) di kota Nabi ini, yang letaknya kebetulan tidak begitu jauh dari hotel kami dan berada di sekitar Majid Nabawi. Kedainya kecil tetapi yang pesan ramai sekali dan harus antrian, setelah antrian tempat makannya yang sempit itu tidak sebanding dengan pembelinya. Kami pun duduk dan makan di “trotoar” sekitar pertokooan itu.

Trotoar di pinggir jalan raya yang begitu bersih adalah hal yang sangat mengherankan saya. “kok bisa sebersih ini..ya”, bertanya dalam hati. Setelah ramai yang makan di sana, tentu sampah mulai berserakan. Rupanya begitu kami selesai makan bakso, datanglah empat-lima orang petugas yang berpakaian dinas warna orange (di Pekanbaru sama dengan pasukan kuningnya). Pasukan Orange ini langsung membersihkan semua sampah-sampah, setelah itu lantai trotoar di “pel” dengan kain, “pantas bersih” kembali hati saya berkata-kata.

Saya coba berdialog dengan bahasa inggris yang terpatah-patah dengan salah seorang petugas kebersihan itu, Alhamdulillah rupanya dia bisa berbahasa Indonesia dengan fasih. Perkiraan saya meleset, saya kira gaji mereka pasti besar-besar, rupanya hanya 250 Real (sekitar Rp.625.000) plus bantuan tempat tinggal. Dengan gaji yang dikategorikan kecil mereka dapat bekerja dengan rajin, iklas dan tanpa keluh kesah, apa rahasianya?

“Kalau bekerja untuk Kota Mekah dan Madinah, kami rela digaji berapa pun”, suatu ungkapan yang sangat mengugah hati kita dari sang petugas kebersihan. Dimana masyarakat kecil petugas kebersihan bisa mempunyai nilai pengabdian yang begitu tinggi dibandingkan dengan kita-kita yang diberi berkehidupan lebih. Sungguh ini merupakan “Pengabdian dan Tabungan Amal” buat mereka. Semoga menjadi suri teladan buat kita semua. Amin***

One response to “Pengabdian dan Tabungan Amal

  1. toms shoes headquartersaddress Pengabdian dan Tabungan Amal | Science and Civil Structure Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s