Beda Taipan dengan Koruptor


Ir. Rony Ardiansyah, MT.

Pengamat Perkotaan/Dosen Magister Teknik sipil UIR

 

                ‘Taipan internal’ adalah seekor ular yang berasal dari Australia dan menghasilkan racun paling mematikan di dunia, Panjang taipan bisa mencapai 3,7 meter. Satu kali gigitan hewan melata ini mengandung racun yang dapat menewaskan 100 orang atau 250.000 ekor tikus.

            Saat mengamuk, taipan akan melempengkan kepalanya dan melambai-lambaikannya ke arah belakang dan depan. Ular ini bisa menyerang dengan sangat cepat hingga sikorban bisa mengalami gigitan beberapa kali sebelum penyerangnya bergerak pergi. Sangat kecil kesempatan untuk bertahan hidup bagi siapapun yang menjadi korban gigitan taipan ini tanpa bantuan media yang memadai. Tidak sedikit korban yang meninggal hanya dalam hitungan jam.

            Meskipun taipan adalah jenis ular yang paling beracun tetapi binatang melata ini tidak membunuh sembarang orang karena sebenarnya hewan ini agak pemalu, dan tidak akan bertindak agresif jika tidak diganggu. (Demikian menurut Jan Pane dalam Buku Terbaik di Dunia, 2010: 174)

            Lalu apa bedanya dengan Koruptor? Perbedaan taipan dengan koruptor, meskipun sama-sama merupakan pembunuh nomor satu di dunia, taipan tidak membunuh sembarang orang karena sebenarnya hewan ini agak pemalu. Sedangkan koruptor tidak akan malu-malu untuk membunuh sembarang orang.

            Perbedaan lain taipan dengan koruptor, meskipun sama-sama merupakan pembunuh nomor satu di dunia, taipan tidak akan bertindak agresif jika tidak diganggu. Sedangkan koruptor akan secara agresif untuk membunuh, walaupun tidak diganggu. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s