Stitching Method


(Perbaikan Retakan Beton Dengan Cara Menjahit)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

            Pertanyaan: Kepada Pengasuh Rubrik Keamanan Konstruksi. Setelah pasca gempa di Sumbar banyak sekali terjadi keretakan pada pelat lantai beton bertulang. Saya pernah mendengar cara perbaikan dengan ” metode Penjahitan”. Mohon jelaskan cara kerja dari metode perkuatan ini .Terimakasih.  

Jawaban:

        Metode “Stitching” dapat digunakan untuk memperbaiki retak yang terjadi pada pelat lantai. Terhadap gaya lateral yang diakibatkan oleh gampa, pelat lantai dapat dianggap sebagai balok horizontal dengan kekakuan yang tak terhingga atau disebut “Rigit Diaphragma”. Walaupun demikian, akibat torsi pada kolom dan balok maka pelat lantai dapat mengalami retak.

        Perbaikan retakan dengan cara menjahit (stitching) adalah membuat dua lobang bor di antara retakan dan memasukkan batang logam dengan kedalaman lubang. Cara ini akan memperbaiki kekakuan struktur. Susunan batang tulangan harus diupayakan tegak lurus garis retakan pada bidang tarik penampang. Lubang kemudian diisi dengan bahan non shrink atau bahan epoksi. Untuk mengoptimalkan kekuatan, maka cara ini dapat digabung dengan cara lain.

        Metode ini dapat juga dipergunakan bila kekuatan tarik sepanjang retak utama harus dipulihkan. Sifatnya cenderung untuk memperkaku pelat lantai. Jarak antar tulangan pada ujung-ujung retak harus lebih rapat daripada bagian tengah, hal ini untuk menghindari konsentrasi tegangan pada daerah ujung-ujung retak tersebut.***

3 responses to “Stitching Method

  1. ILMU YANG SANGAT BERMANFAAT, , ,

  2. pak, tolong dong kirimkan ke email saya CARA PELAKSANAAN PEKERJAAN JALAN RAYA DENGAN PERKERASAN KAKU / RIJID………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s