The Column Concrete Jacketing


(Perbaikan dan atau Peningkatan Kapasitas Kolom)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

            Pertanyaan: Kepada Pengasuh Rubrik Keamanan Konstruksi. Setelah pasca gempa di Sumbar dan seringnya terjadi kebakaran akhir-akhir ini, maka banyak terjadi kerusakan-kerusakan pada struktur beton bertulang. Kemudian pada bangunan lama yang akan ditingkatkan atau tambah lantai, otomatis kapasitas kolom yang ada harus ditingkatkan. Salah satu metode perbaikan dan penambahan kapasitas kolom adalah dengan cara “Concrete Jacketing. Mohon jelaskan metode perkuatan ini dan beri contoh kasusnya.  Terimakasih.

Jawaban:

Kerusakan struktur beton bertulang pasca gempa atau kebakaran atau apabila diperlukan untuk meningkatkan ataupun daktilitas baik untuk meningkatkan fungsi bangunan, maka dapat dilakukan dengan memperbesar ukuran penampang atau dengan membungkus penampang kolom tersebut dengan baja atau serat karbon.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, terlebih dahulu permukaan beton yang akan diberi lapisan pembungkus terlebih dahulu dibersihkan dan diberi lapisan primer. Perkuatan dapat dilakukan dengan cara penebalan kolom yang bersangkutan dengan komponen yang akan diperkuat. Bahan yang digunakan adalah bahan yang beton tidak dapat menyusut (non-shrinkage material) atau dituang dalam penampang yang akan diperkuat.

Contoh kasus dalam gambar adalah perbaikan kolom beton dengan pembungkus baja siku dan baja tulangan. Baja siku dan pelat baja terlebih dahulu dipasang pada kolom yang akan diperkuat atau yang akan ditingkatkan kapasitasnya, kemudian dipasang tulangan beton sesuai dengan kebutuhan. Setelah selimut baja siku atau pelat baja dan tulangan beton dipasang pada kolom yang akan diperbaiki, maka material-material ini dengan kolom existing akan bertindak sebagai struktur komposit.***

3 responses to “The Column Concrete Jacketing

  1. saya mau renavasi ruko 3 lantai menjadi 4 lantai cor dak apakah 5x 17 apakah anda dapat membantu saya mencarikan kontraktr yg ber pengalaman thk’s

  2. slamat malam pak nama saya Nico H.S mahsiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) Surabaya.. ingin melalukan penelitian/ study mengenai perbaikan kolom/ kapasitas kolom pasca gempa dengan metode Concrete Jacketing.. dan rencana analisis kolom eksisting + kolom jacketing menggunakan Metode ACI 2010 & ASCE 2010.. boleh kah saya menerima saran, referensi, makalah, to materi yang dapat membantu saya pak..
    atas perhatian bapak saya ucapkan Terima Kasih Sebesarbesarnya…

  3. toms shoes chicago The Column Concrete Jacketing | Science and Civil Structure Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s