Konstruksi Kolam Renang


(Beban Fluida harus dikalikan dengan 1,2)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

 

 Pertanyaan:

 Asalamualaikum salam wr wb pak Rony. Saya ingin membangun garasi mobil dengan dak cor ukuran 6X8 dan rencananya, diatas dak tersebut akan saya buat kolam renang mini ukuran 3x6x1,2 m (memanjang). kira2 dak seperti apa yang mampu menahan beban diatasnya. rencana dinding kolam akan saya cor juga. terimakasih atas jawabannya. wassalam

 

Jawab:

Waalaimualaikum wr.wb Pak Yudi. Struktur kolom renang si atas portal beton termasuk struktur dengan beban konstruksi berat. Disamping berat sendiri balok dan pelat (tebal pelat dasar kolom renang min. 20 cm) yang beratnya 2,4 ton per m3, berat air harus diperhitungkan sebesar 1 ton per m3 dengan fektor kali 1,2 untuk beban fluida, jadi = 1,2 x 1 x 1,2 = 1,44 ton/m2, serta beban berguna/hidup sebesar 400 kg/m2. Jadi, dimensi balok dan kolom pendukung harus dihitung dengan pasti. Masalah pondasi pun harus kuat terhadap beban yang di transfer oleh kolom, untuk daya dukung pondasi harus diketahui daya dukung tanah dengan penelitian tanah (sondir test).

Prediksi dimensi balok dan kolom untuk dinalisis lebih lanjut kapasitas dan tulangannya, Anda bisa menggunakan balok 30 x 65 cm untuk balok bentang 8 meter, dan balok 25 x 65 cm untuk balok bentang 6 m, serta balok ukuran 30 x 50 cm sebanyak 2 buah yang terletak di balok 30 x 65 cm. Dimensi kolom dipredikai ukuran 40 x 40 cm. Dimensi prediksi ini boleh ditambah atau dikurangi setelah dianalisis dengan pasti. Untuk pondasi tidak dapat diprediksi karena belum diketahui daya dukung tanahnya.

Akan tetapi, bila ukuran kolam renang diperbesar menjadi 6 x 8 meter. Khusus untuk Struktur balok akan menjadi lebih aman (atau tanpa balok), karena dinding kolam renang berupa shearwall akan menggantikan fungsi balok. Hanya beban pondasi akan bertambah ***

107 responses to “Konstruksi Kolam Renang

  1. Setunggil ThokThil

    Ass,Wr,Wb,
    Pak Rony, mohon penjelasan pada kalimat dibawah ini, yang bapak maksudh SHEARWALL apa BEARINGWALL?
    Akan tetapi, bila ukuran kolam renang diperbesar menjadi 6 x 8 meter. Khusus untuk Struktur balok akan menjadi lebih aman (atau tanpa balok), karena dinding kolam renang berupa shearwall akan menggantikan fungsi balok. Hanya beban pondasi akan bertambah ***

    Nuwun

  2. Waalaikumussalam Wr. Wb Sdr. Setunggil Thok Thil. Yang saya maksud adalah Shearwall, atau struktur balok tinggi. Terimakasih.

  3. Soegino Ahmad Wiryono

    Yth Bpk. Ir Rony Ardiansyah, MT.
    Pak Rony, saya bermaksud membuat kolam renang mini indoor untuk olah raga dan hiburan warga setempat, dengan tarip sukarela. Ukuran kolam renang adalah panjang 38 meter x lebar 6,4 meter, dengan perincian sbb: Kolam dalam, ukuran 6,4 x 19 x 1,5 meter. Dilanjut kolam menengah, ukuran 6,4 x 13 x 1,2 meter. Terakhir kolam dangkal, ukuran 6,4 x 6 x 1 meter. Total panjang kolam ada 38 meter.
    Luas lahan seluruhnya ada 1350 m2. Di sekitar kolam renang saya tanami pohon buah-buahan seperti lengkeng, jambu biji merah, jambu air, sawo dll. Yang ingin saya tanyakan adalah : 1. Bagaimana desain konstruksi pemipaan, filter dan pompa untuk sirkulasi dan pengisian kolam. 2. Untuk perawatan kolam, bahan kimia apa saja yang dibutuhkan dan dimana dapat saya peroleh. 3. Apakah air kolam perlu diganti secara periodik, kalau ya, sebaiknya setiap berapa bulan sekali.
    Demikian pertanyaan saya, atas perhatian dan jawaban Bapak, saya ucapkan terima kasih.
    Soegino, alamat Cilacap. Telp. 0282 5263587. HP 081328750682.

  4. Maaf Pak Sugiono Ahmad Wiryono, disiplin ilmu saya adalah teknik sipil. Semoga pertanyaan bapak bisa dijawab oleh pembaca blog ini yang berkecimpumg di pemipaan, perawatan kolam, dan tata cara pergantian air, trims.

    • Kepada yth bapak Sugiyono, untuk kebutuhan pembuatan kolam Renang Bapak itu sudah berkaitan dengan sistem dan juga Mekanikal Elektrical utnuk Detail nya Mohon bapak Click www,budispool.com atau www,kolamrenang.co.id selamat mencoba.

  5. Yth Bpk. Ir Rony Ardiansyah, MT.
    Permisi pak, saya berencana membangun kolam renang dengan luas 30mx10m. Dengan kedalaman 60cm-2m. Akan di bangun di daerah cibubur.
    Yang ingin saya tanyakan, Kira-kira struktur konstruksi apa yg tepat digunakan utk pembangunan kolam ini. Mengingat bahaya gempa yang sering terjadi akhir-akhir ini.
    Selain itu, jika ingin menggunakan jasa teknil sipil kira2 brp bayarannya?

  6. Yth Sdr Jessyca Hadiwidjaya, Konstruksi yang cocok adalah struktur beton bertulang. Ketebalan dinding minimum 20 cm, tulangan maksimum untuk kedalaman 2 meter pergunakan dia 16-10 cm. Ketika mendesain harus terlebih dahulu survey kontur tanah, soil investigation, dsb. Mengenai jasa teknik sipil, maaf saya berada di Pekanbaru-Riau, kayaknya agak kejauhan untuk menghendel masalah ini, Anda cara saja ahli struktur di kota Anda.

  7. selamat malam pak, saya sedang merencanakan kolam renang yg cukup luas. tapi saya sedang bingung dengan perhitungan tulangan dinding kolam renang tersebut. dindingnya ada yg menahan tanah dan ada yang menahan air.
    jadi ada yang di gali ada yg tidak. yg saya bingung dinding tersbut kita modelkan sebagai apa pak? pelat? atau apa? dan cara menghitung tulangan pakai cara pelat ya pak? mohon di bantu pak.. thx

  8. Sdr. Mario. Anda ambil saja Momen dan gaya dalam terbesar yang diakibatkan oleh air atau tekanan aktif tanah. Asumsi 1. Tekanan aktif tanah bekerja sedangkan bak air kosong. 2. Air penuh dengan anggapan tidak ada tekanan pasif tanah, trims.

  9. Pak Rony, terima kasih atas sharing Bapak tentang ilmu teknik sipil di blog ini. Dulu saya memang sekolah di teknik sipil, tapi sudah lama tidak mempraktekkan ilmu secara total di bidang ini. Kebetulan kenalan saya ada yang ingin membangun kolam renang di lahan seluas 6×15 m2, dengan kedalaman 1,5m. Masalah yang dijumpai pada lahan tersebut muka air tanah cukup tinggi. Kira-kira pada kedalaman -0,8m sudah keluar air. Pertanyaan saya:
    1.Apakah konstruksi kolam tetap dapat dibangun di lahan seperti ini?
    2.Jika masih memungkinkan, bagaimana sara Bapak untuk melakukan pekerjaan tersebut secara aman? Dan tentunya juga ekonomis🙂
    3.Saat melakukan penggalian tanah sepertinya memungkinkan digunakan alat berat spt. excavator karena sementara ini tidak terkendala pembatas lahan. Pompa air untuk pengeringan juga dapat diusahakan.

    Sebagai informasi tambahan, saya masih ingat cara menghitung konstruksi retaining wall untuk penahan tanah, hanya teknis pelaksanaannya di lapangan yang belum ada pengalaman. Mohon petunjuk dari Pak Rony. Terima kasih sebelumnya Pak.

    Salam…

  10. Sdr. Deny, karena muka air tanah terdapat pada kedalaman 0,8 meter dari top soil. Saran saya, pelat lantai dasar kolom dapat dibangun di elevasi ini, tentunya dinding kolom akan lebih tinggi dari muka tanah sekitar 100 cm, jika tinggi kolom adalah 1,5 meter. Dengan demikian kita dapat menghindari pekerjaan kisdan untuk menghambat air tanah dan sheet pile untuk mencegah longsor ketika menggali kelewat dalam. Kemudian sistem pemompaan untuk sirkulasi tentu akan lebih murah.

  11. purwoko pujiono

    ass wr wb
    bapak,, saya punya peer sedikit. ttg konstruksi kolam yang ada di tempat kerja,, hotel prima labuhan bajo. setelah dinding cor, di profing kemudian di skrit,,, tetapi setelah kering dinding selalu ngeprok,,, sudah diulang sampai 3 kali,,, sudah pake produk paling ngetop diindonesia,, iklanx lho,,,,analisa amatir saya,,, skrit tidak menyatu dgn dinding cor karena ada sekat water prof,,, kira 2 ada ide dan solusi pak,,,,

  12. ass wr wb
    pak rony kalau membuat kolam renang biasany pondasi dan dinding yg digunakan apa ya??..spesifikasi RAB apa aja yg dibutuhkan apa saja??…dan untuk menghidari bocor pada apa yang harus dilakukan??..terima kasih

  13. Pak saya mau tanya ,kami mau merencanakan desain kolam ukuran 10 x 15 dan kedalaman 3 m ,tapi skarang masalahnya disamping kolam sekitar 5 m ada bangunan tangki kapasitas 10000 ton,kami takutnya tekanan tanah aktifnya akan besar akibat bangunan tersebut,Pak kalu ada fail xl conto desain kolam saya bisa dikirimkanpa’ pak ke jemibatta@ymail.com,pak pondasi apa yang cocok untuk kolam tersebut,Terimah kasi untuk Ilmunya Pak.

  14. saya ingin membuat kolam renang sendiri, tidak pakai pemborong. bagaimana konstruksi dasar lapis perlapis untuk dari penggalian tanah sampai cor dan keramik.
    luas kolam 7x3m kedalaman 1,20m muncul kepermukaan tanah 40 cm
    tanah saya luas tapi berbatasan dengan sungai kecil, tapi banyak pohon sonokeling di pinggirnya. Letak disamping rumah. Kolam outdoor. Terimakasih saya tunggu balesan dan penjelasan bapak.

  15. Selamat malam Pak Rony,

    Pak, saya mau bertanya untuk beban yang dikalikan faktor 1.2 itu berdasarkan SNI beton ya pak?
    berarti beban airnya termasuk Dead Load ya pak?

    kenapa perlu ditambahkan Live Load sebesar 400kg/m2 ya pak?
    Apakah dengan anggapan kolam merupakan tempat berkumpul (asumsi kolam penuh orang)?

    Kalo di bayangan saya, pada saat kolam penuh berarti kan air kolam tumpah ya pak, jadi saya bayangkan walau penuh orang pasti lebih menentukan beban air kolam penuh.
    Kolam dengan tinggi air 50cm sudah mencapai beban 500kg/m2.
    Mohon koreksinya ya pak.

    Terima kasih banyak.

  16. Sdr. Santo Yusak, apa yang Anda sampaikan bahwa bila air kolam penuh memang cukup logis, karena berat orang dalam air adalah sama dengan berak air yang dipisahkan (melimpah/terbuang) sesuai dengan Hukum Newton. Jadi, beban hidup 400 kg/m2 cukup dibebani ada area kolom yang tidak terisi oleh air (bila pada gedung bertingkat), misalnya pada sisi atau area keliling kolom. Masalah Faktor 1,2 adalah karena beban fluida (gerakan beban air), trims.
    .

  17. sore pak rony. saya berencana membuat kolam renang di tanah yang digali oleh exavator. ukuran 20 x 50 kira-kira perlu ketebalan berapa. tanah yang saya gali tanah darat yg keras. lalu untuk dindingnya sebaiknya bagaimana. rencana langkah pertama cor lantai baru berikutnya dinding. sebaiknya di cor atau bata merah?

  18. pa ronny yth, sy berencana membuat kolam renang umum kira2 berapa biaya permeter nya, umtuk kategori standar, trimakasih

  19. MBak Eva, Anda bisa coba menghitungnya. Biaya struktur beton bertulangnya, asumsikan tebal plat dasar 25 cm dan tebal pelat lantai 20 cm, asumsikan biaya per meter kubik Rp. 4.000.000 untuk pekerjaan swasta. dari dimensi rencana kolom renang akan didapat volume beton bertulangnya, selamat mencoba.

  20. Sdr. Andi Purwanto. Kolom renang yang akan Anda buat adalah 20 x 50 meter, tebal pelat dasar saya sarankan tidak kurang dari 25 cm, sedangkan untuk pelat dinding minimal 20 cm (tinggi dinding < 1,3 m) tetapi sangat tergantung pada ketinggian dindingnya. harus dengan struktur beton bertulang, tidak diperkenankan menggunakan struktur pasangan batu-bata, karena disamping tidak kuat juga tidak kedap air.

    • mau tanya pak, saya berencana membuat kolam renang dgn luas tanah 5×12 mtr
      yg saya tanyakan
      1.berapa luas ideal kolamnya
      2.bagaimana kontruksinya jika di bangun dgn kedalaman 1,5 mtr, karena disamping lahan trsbt sebelah kiri ada jalan perumahan dan kanan rumah saya sendiri

      trmks

  21. Sdr. M. Firdaus. Meskipun ukuran kolom renang Anda tidak besar, hanya 5 x 12 m. Tetap saya sarankan dengan tebal pelat lantai 22 cm karena struktural yang berhubungan langsung dengan tanah, sedangkan tebal dinding minimal 20 cm untuk ketinggian 1,5 m.

  22. Assallamualaikum Pak,
    Saya tertarik dengan pembahasan tentang kolam renang ini.
    Mohon sudikiranya kalau bapak punya file contoh perhitungan atau referensi untuk desain kolam renang, di share ke alamat email saya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    wassallam.

  23. Waalaikumussalam, Sdr. Ali. Hitungan struktur merupakan wujud pertanggungjawaban seorang konstruktur kepada owner hal itu tidak dapat dipulikasikan, disamping jumlahnya sampai ratusan halaman.

  24. Selamat pagi pak Ronny,
    Saya ingin membuat kolam buat ikan.Diatas tanah. Ukuran 3x5x1.5 m saling nempel ,sebanyak 2×5 bh. kira kira konstruksi yang hemat dan murah bagaimana ya pak ? mana yg lebih murah, bata atau full cor ? berapa ukuran kolom sloope nya ?
    Saya pernah baca ttg dinding kolam tipis ( plastered cement ? ) bagamana aplikasinya untuk kolam ini pak ? saya pingin irit tapi awet pak.
    Mohon dibantu. salam Ruddy

  25. Sdr Ruddy. Setiap material pasti ada untung ruginya. Pasangan bata lebih murah tetapi tidak kuat, untuk tinggi 1,5 meter harusnya dipasang dengan pasangan satu setengah atau dua batu, dan harus dengan plesteran kedap air/trasram. beton meskipun lebih mahal, tetapi jauh lebih kuat, bisa dirancang lebih tipis.

  26. Met malam Pak Rony,
    Saya berencana untuk membuat kolam renang di ruang terbuka 11mX3m. Boleh minta saran Bp :
    1.berapa luas ideal kolamnya
    2.bagaimana kontruksinya jika dibangun dgn kedalaman 1m75cm
    Smoga berkenan.
    Terima kasih.
    Salam,
    Susi

  27. nuhun pak ilmu nya sangat bermanfaat
    kebtulan saya bergelut dikontraktor kolam renang
    walau sudah berpengalaman tetapi masih ada teori yang baru saya mengerti sesudah membaca artikel dan sesi tanya-jawab bapak
    makasih pak

  28. Assallammualaikum Wb,
    Pak, pada desain lantai dan dinding kolam renang. apakah sama dengan mendesain plat dengan terjepit pada balok.karena saya pernah melihat orang sedang membangun kolam renang dengan memakai balok beton atau sloof dengan jarak tertentu. Mohon pencerahannya. terima kasih.

    wasallam,

  29. Walaikumussalam Sdr. Ali. Dinding kolam renang yang merupakan dinding shear wall sudah merupakan suatu struktur penahan air kolam dan struktur penahan beban tanah darim sisi luarnya. Dia merupakan struktur kantilever yang menerus dengan perletakan jepit di sebelah bawah (tepatnya pada pelat lantai kolam). saya kira tidak perlu diberi balok.

  30. Assallammualaikum pak Rony, selamat pagi. salam kenal.
    pak saya mau membuat bak limbah ukuran 15 x 20, dalam 3 meter, tetapi yang didalam tanah 2 meter, untuk konstruksi dinding nya kalau memakai dinding batu bata 1 bata dengan kolom jarak 3 meter apa sudah bisa menahan beban air limbah tersebut ya pak.atau ada saran untuk konstruksi dinding nya yang standar untuk kebutuhan tersebut.
    Mohon bimbingan dari Pak Rony terima kasih sebelumnya.

  31. Walaikumussalam Sdr Risno Exsiro, salam kenal kembali. Karena di dalam tanah 2 meter, berarti beban tekanan tanah aktif adalah 2 meter, dan mengingat konstruksinya adalah untuk bak limbah artinya tidak perlu kedap air. Saya sarankan konstruksinya berupa portal dengan jumlah tiang yang banyak yaitu 3 x 3 meter (4 x 8 = 32 tiang) dan ditambah balok latei di tengah-tengah pasangan bata, menurut pengalaman saya sudah cukup aman.

  32. Salam Kenal Pak Rony, Saya dengan Eko.
    Kebetulan saya ingin menanyakan pak, soal pembuatan Kolam renang di atas Dak Lantai 2.

    berencana membuat kolam renang dengan lebar 3meter dan panjang 6-7meter. ketinggian kolam +- 80cm

    posisi Konstruksi sekarang memakai tiang pancang yang bisa menahan beban hingga 80ton per kolom dan jarak 5meter as dengan balok 35×45 dan plat dengan wiremesh 2 lapisan M5 dan M8.

    yang saya ingin tanyakan apakah bisa dan aman dibuat kolam renang dengan konstruksi tersebut.

    saya punya 2 opsi, membuat kolam renang dengan sistem Fiberglass atau Konstruksi beton ? mohon diberikan pendapat dari Pak rony. Thank you pak.

  33. Sdr Ekolimko. Saya khawatir balok 35 x 45 cm tidak cukup kuat memikul beban kolam renang (kuat tidaknya tergantung hasil analisis struktur). Mengapa Anda tidak menggunakan dinding kolom renang yang langsung berfungsi sebagai balok, dengan catatan dinding kolom renang tersebut harus menerus/duduk di balok induk portal gedung. Pemakaian wiremeash sebagai tulangan tidak tepat, karena kita akan susah mengatur tulangan pokok dan tulangan baginya.

  34. Selamat malam Pak Rony, salam kenal.
    Saya, Airin, berencana membuat bak beton dalam tanah untuk menempatkan 2 tanki air plastik @3kubik dan 1 biofil@2kubik. Ukuran bak beton pxlxt : 6x2x3m, dengan posisi kedalaman 3m dibawah tanah. pondasi direncanakan dengan 1bh tiang bor diameter 30 cm.
    Yang ingin saya tanyakan berapa ukuran kepala tiang dan struktur bak yang disarankan serta sistem pengerjaannya karena MAT tinggi. Terima kasih sebelumnya.

  35. Sdr. Airin. Bukankah Biofil bisa langsung ditanam di tanah? Mengapa Anda menggunakan boe pile? apakah tanahnya sangat rawa atau tepi sungai? Tolong Anda jelaskan lebih detail lagi, Sdr Airin berada di kota Apa?

  36. Ass.. pak rony klo untuk menentukan dimensi balok dan kolom untuk bak penampung air ukuran 2x3x1m tinggi kolom 4 m gmn carana pa rony..???ukuran kolom dan balok yg digunakan berapa pa…

  37. Walaikumussalam sdr. Adil, berapa kolom yang digunakan? Bangunannya Dimana?

    • Rencana kolom ada 4 buah pa… mohon petunjuknya pa untuk menentukan ukuran kolom, sloof, balok, ringbalk dan tebal dinding beton serta besi dia berapa pa yg digunakan…

  38. Sdr Adil, bila kolomnya 4 buah dan terletak disudut-sudut 2 x 3 meter, cukup gunakan dimensi minmum saja yaitu 20 x 20 cm, tulangan 4 dia 14 mm. Balok dan sloof cukup gunakan dimensi 20 x 30 cm dgn tul 4 dia 16 mm. Bangunan Anda ini di Kota Apa?

  39. saya akan bangun garasi di daerah perbukitan (halaman depan utk garasi) rencana nya diatas garasi akan di gunakan untuk kamar tidur , ketinggian dari jalan -/+ 2 m (Kamar tidur diatas garasi satu level dgn bangunan yg sudah ada ), apakan pondasi cor seperti kolam renang bisa di aplikasi… terimakasih..

  40. Sdr Papap Tanu, pondasi kolam renang yang paling ideal adalah pondasi plat, yaitu lantai dasar kolam itulah difungsikan sebagai pondasi. Masalahnya adalah apakah daya dukung tanah dasar cukup kuat untuk menahan beban yang ada, atau bila muka air tanah harus hati-hati terhadap gaya up lift (gaya angkat).

  41. Pak. Saya akan buat kolam ukuran 15×30 m, dengan kedalaman 1,2m. Yg 0,7m dibawah tanah yg 0,5 diatas tanah. Mohon petunjuk untuk struktur tulangan jg plat lantai dan ketebalan dinding2nya. Trimakasih.

  42. Sdr. Agus Tanindo, ketebalan lanati maupun dinding kolam renang minimal 200 mm. mengingat ketigggian diinding hanya 1,2 m dan yang tertanam dalam tanah hanya 0,7 meter, maka tulangan yang umumnya digunakan dia 13-150. karena bangunan air bisa menggunakan mutu beton K-300. Jangan lupa gunakan water proofing (integral).

  43. Assalamuallaikum Pak Roni
    Saya Wahyu Rencana Mau Buat Kolam Renang Dengan Ukuran 20 m x 5 m kedalaman 1.5 m mohon dibantu design gambar dan RAB dan pemipaan kira kira berapa biayanya pak teimaksih untuk wilayah pekanbaru

  44. Sdr Wahyu, bisa hubungi Sdri Yuliastuty Hp: 08127605557

  45. Salamat Siang All sy numpang promosi kalau ada yang mau buat kolam renang bisa konfom ke kita : Frendy 081298348900 atau 081387141200

  46. Asalamualaikum salam wr wb pak Rony, gimana ya cara menghitung tekan akir pada reservoir dengan volume air 2000m3? dengan luas bangunan 22,8 m x22,8 m tinggi 4 m (disekat menjadi dua bagian) kolom 25×40 8d 16 dengan jarak 3,8 m, plat lantai two wayslab tebal 20cm tul d12, slop 10d19, dinding two wayslab tebal 20 cm tul d 8.. mohon pencerahan bapak rony

  47. Walaikumussalam Sdr. Rosyid, pada perinsipnya besarnya tekanan air ke segala arah adalah sama besar. Jika tinggi reservoir adalah 4 meter, diisi penuh dengan air, maka tegangan maksimumnya terjadi di dasar reservoir yakni sebesar 4 ton (BJ air = 1), jadi tegangan air yang bekerja pada dinding berbentuk segitiga, dengan alas = 4 ton, tinggi 4 meter.

  48. Yth Pak Roni,
    Kalau saya mau buat kolam renang tapi jenis tanah agak rawa. tanpa menghitung kondisi tanah, kira-kira untuk ukuran L 7mx P15mx D1,5m berapa ukuran diameter besi dan jarak pasangan antar besinya, tebal plat dan dinding berapa. Berapa kira2 biaya/ estimasi kasarnya.

  49. Sdr Rudi. Karena tanah rawa Anda bisa melakukan pekerjaan sondir terlebih dahulu. Bila ingin menggunakan cerucuk-cerucuk kayu bisa ditempatkan pada nilai qc > 30 kg /cm2. Tebal pelat lantai dasar dianjurkan minimum 25 cm, dinding minimu 20 cm. pembesial bisa menggunakan dia 16 mm -150 (atau tergantung hasil analisis struturnya).

    • Yth. Pak Rony,
      Saya sedang ada perencanaan struktur kolam renang rumah dengan luas 5×12 m2 dan kedalaman 1.5m
      Kondisi tanah tempat didirikannya kolam adalah tanah pasir yang cukup padat
      Apakah diperlukan pondasi tiang spt bored pile/tiang pancang (dlm arti mencari sampai tanah keras), atau cukup dengan full plate dari plat lantai kolam? (Rencana tebal 25cm)
      Terima kasih untuk perhatiannya

    • Yth. Pak Rony
      Saya ada perencanaan kolam renang rumah tinggal berukuran 5×12 m2 dengan kedalaman 1.5m.
      Jenis tanah di daerah rumah tersebut adalah tanah pasir namun cukup padat. Apakah sekiranya diperlukan pondasi tiang bored pile/pancang untuk konstruksinya? (dalam arti mencari sampai tanah keras), atau sudah cukup dengan full plate dari plat lantai kolam tersebut? (rencana tebal 25cm)
      Lalu utk pembesian apakah cukup menggunakan tulangan ulir 13mm untuk dinding dan lantainya? (sekitar D13-150 s/d D13-100)
      Terima kasih untuk perhatiannya

  50. Yth. Pak Rony,
    Saya sedang ada perencanaan kolam renang ukuran 4.5×12 m2 dengan kedalaman 1.5m
    Kolam didirikan diatas tanah yg sifatnya dominan pasir namun cukup padat
    Apakah dalam perencanaannya dibutuhkan pondasi tiang spt bored pile/pancang (artinya mencari sampai tanah keras), atau bisa dengan balok dan full plate saja dari plat lantai kolam renang? (rencana tebal plat 25cm)
    Terima kasih untuk perhatiannya🙂

  51. Yth. Pak Rony,
    Saya sedang ada perencanaan kolam renang ukuran 4.5×12 m2 dengan kedalaman 1.5m
    Kolam didirikan diatas tanah yg sifatnya dominan pasir namun cukup padat
    Apakah dalam perencanaannya dibutuhkan pondasi tiang spt bored pile/pancang (artinya mencari sampai tanah keras), atau bisa dengan balok dan full plate saja dari plat lantai kolam renang? (rencana tebal plat 25cm)
    Terima kasih untuk perhatiannya🙂

  52. Sdr Tiong. Pelat dasar kolam renang sudah berfungsi sebagai pondasi flate. Bila tanah dasarnya sudah pasir padat maka tidak perlu lagi gunakan pondasi tiang, dengan catatan muka air tanah tidak tinggi. Bila muka air tanahnya tinggi tiang atau bore pile berfungsi sebagai jangkar untuk menahan gaya uplift air tanah.

  53. Buat Sdr. Peter Sudhana. Tinggi dinding kolam renang yang berfungsi sebagai struktur kantilever dengan ketebalan 20 cm menggunakan tulangan D13-150, harus dianalisis dengan beban leteral tanah dan air tanah di luar dinding, kondisi kritisnya adalah dengan asumsi air kolam renang bagian dalamnya kosong. perkiraan saya bisa menggunakan tulangan D 16-150. Bila Anda tetap menggunakan dia 13-150, saran saya tambah lagi tulangan D13-150 sampai sepertiga tinggi dari dasar baka, sehingga pembesisn dinding 1/3 tinggi adalah D13-75. Tebal pelat dasar kolam saya setuju dengan 25 cm.

    • Terima kasih Pak Rony untuk sarannya.. apakah untuk plat lantai juga menggunakan pebesian D16-150 juga? saya ada alternatif menggunakan besi wiremesh BRC 8mm (mutu 500-550 MPa klo tidak salah), apakah sekiranya memungkinkan?
      Terima kasih🙂

  54. Sdr. Peter Sudhana. Untuk Pelat lantai arah pendek (5 meter) tetap gunakan D16-150, sedangkan untuk bentang panjang (12 meter) bisa menggunakan D12-150. Saya tidak merekomendasi pemakaian wire mesh untuk sistem struktur one way slab, juga iwre mesh M-8 jelas tidak cukupbesar.

  55. Yth. P. Rony Ardiansyah,
    Saya melihat beberapa di gambar perencanaan pelat kolam renang terdapat struktur balok yang juga dipasang bersamaan dengan pelat.
    Sebenarnya apa fungsi balok tersebut? Apakah digunakan sebagai pembagi pelat saja? Sebab saya tidak melihat ada pondasi tiang di dalamnya
    Terima kasih

  56. Sdr. Tiong. Saya tidak sependapat menggunakan balok sebagai sistem struktur, untuk apa lagi balok karena kita punyai lantai dan dinding struktur beton bertulang yang cukup tebal. Dengan ketebalan pelat sudah cukup dan kita manfaatkan juga berperan sebagai dinding geser (shear wall).

  57. Salam kenal Pak Rony
    Sebelumnya terima kasih untuk blog diskusi yang bermanfaat ini, saya pribadi termasuk orang awam di dunia konstruksi namun sedikit demi sedikit saya belajar mengenai pekerjaan konstruksi

    Kebetulan saya sedang ada perencanaan kolam renang di halaman rumah pribadi, luas 4×10 m2 dengan kedalaman 1-1.5m tanpa sekat
    Rencananya dalam panjang 10 meter dibagi 4m untuk kedalaman 1m, 4m untuk 1.5m, sisanya 2m untuk kemiringan antar kedalaman di

    Dari beberapa diskusi di atas, saya membaca bahwa pondasi cukup berdasarkan dari plat kolam renang, apakah untuk kondisi kolam renang saya tersebut juga bisa dengan plat saja? Atau mungkin diperlukan balok di penghubung antara plat miring dan tiap ketinggian? Karena yg saya dengar adanya perbedaan ketinggian tersebut bisa menyebabkan retak, apakah betul?

    Terima kasih pak

  58. Salam kenal kembali Pak Jonas. Cukup dengan pelat saja, pelat dinding sudah merupakan balok tertinggi. Yang perlu diperhatikan adalah ketebalan pelatnya minimu 20 cm.

  59. Assalammu’alaikum wr wb..
    Malam pak..
    Saya mau nanya..??
    Saya mau bgun kolam ikan 4 x 12 diatas tanah dengan dinding batako dengan kondisi tanah padat
    Kira” tiap jarak brapa kolomnya agar kuat menahan debit air..??
    Trus apa bisa tanpa sloof..??
    Makasih

  60. walaikumussalam Sdr. Arif. Bataco hanya bisa berfungsi sebagai dinding penyekat, bataco tidak boleh dibebani dan tidak boleh menjadi struktur bangunan, tentu bataco tidak akan kuat untuk menahan tekanan tanah aktif. Dinding kolam harusnya kedap air, sedangkan bataco bila dipasang dengan spesi susah diharapkan benar-benar kedap air.

  61. Salam kenal.
    Saya mau buat bak penampung ukuran 7 x 4 x t=3 m, bgm desain, pondasi, dinding nya?

  62. Salam kenal kembali Zulfajri. Semua dimensi baik dinding maupun lantai kolam adalah tergantung jenis tanah baik didasar kolam maupun di tepi kolam. Jika melihat ukuran kolam yang sdr sampaikan, secara praktis dapat dignakan tebal 25 cm untuk dinidng tinggi 3 meter dan tebal 25 cm untuk lantai bentang 4 meter.

  63. Dear Pak Ir. Rony Ardiansyah, MT.
    Saya ingin membangun kolam renang ukuran 40×16 dengan perincian kolam dalam 16x12x1,3, 16x12x1,5 dan 16x11x2 meter, tampa galian/diatas permukaan tanah, yg sy tanyakan berapa tebal plat dinding kolamnya dan berapa tebal plat lantai kolamnya dan memakai besi brapa untuk dinding platnya dan dinding lantai, ini kolam untuk warga sekitar dan membayar secara sukarela dan akan di bangun oleh warga sekitar secara gotongroyong, mohon jawabannya.

    Terimakasih

  64. Dear Pak Ir. Rony Ardiansyah, MT.

    Menyambung pertanyaan awal sy, karena pembuatan kolammya di atas tanah sy berencana memasang pondasi batu kali bertualang sebagai kesing kolam dengan ketebalan -+60 cm, apakah bisa di aplikasikan pemasangan pondasi batu kalinya atau tidak?.

    Terimakasih

    • Dear Pak Ir. Rony Ardiansyah, MT.

      Menyambung pertayaan sy sebelummya, apakah dengan tulangan diameter 16-150mm pemasangan pondasi batu kalinya sebagai kesing yg sy ingin tambahkan tidak perlu di pasang?
      Untuk kolam seluas ini kira-kira berapa jumlah daya dukung tanahnya?
      Mohon jawabannya.

      Terimakasih

  65. Sdr Charles, katakan kolom renang dengan ketinggian 2 meter, beban air saja = 2 ton/m2, ditambah berat sediri pelat berkisar tebal 25 cm = 625 kg/m2, jadi beban total = 2,625 ton/m2. Maka sangat dibutuhkan data tanah untuk meletakan lantai kolom pada daya dukung tanah yang cukup. Anda bisa melakukan tes sondir. Karena ketinggian kolam mencapai 2 meter, saya sarankan menggunakan ketebalan pelat dinding maupun pelat lantai minimal 25 cm. Mengenai jumlah tulangan yang digunakan sebaiknya di analisis dulu terhadap beban lateral air, karena kolam Anda terletak di atas tanah, jadi tidak ada beban lateral akibat tekanan aktif tanah (yang ada hanya gaya lateral akibat air). Secara praktis Anda bisa gunakan dia 16-150 mm, sekali lagi agar tidak terjadi pemborosan, tetap harus dinalisis sesuai dengan beban kerja yang ada.

    • Dear Pak Ir. Rony Ardiansyah, MT.

      Menyambung pertayaan sy sebelummya, apakah dengan tulangan diameter 16-150mm pemasangan pondasi batu kalinya sebagai kesing yg sy ingin tambahkan tidak perlu di pasang ya agar bisa menghemat biaya?
      Untuk kolam seluas ini kira-kira berapa jumlah daya dukung tanahnya setelah di soiltest, sekedar info tempat lokasi kolam adalah bekas gudang alat berat?
      Mohon jawabannya.

      Terimakasih

  66. Dear Charles, batu kali tidak lagi dibutuhkan. Mengenai soil test, cukup dengan nilai qc > 20 kg/cm2 dari data sondir.

  67. Yth, bapak Ir. Rony Ardiansyah, MT.

    Mohon pencerahannya tentang konstruksi kolam renang (24×8 m) pada atap bangunan menengah dengan struktur baja (modul 12×8 m), apakah memungkinkan dengan konstruksi lantai dek komposit? Bagaimana konstruksi dindingnya?

    Terimakasih.

  68. Sdr Albert, struktur baja komposite dengan bentang 8 meter masih memungkinkan untuk meletakan kolom renang di atasnya. Tentu saja baja profil struktur induk (bentang 8) menggunakan profil baja yang sangat besar. Jarak portal sebaiknya tidak melebih 4 meter. besarnya baja profil balok induk bentang 8 meter tersebut di disain sesuai dengan hasil analisis (tentu > dari Wf 500).

  69. assalamualaikum bapak,, mohon maaf mengganggu saya mendapat tugas kuliah untuk perhitungan dinding dan tebal pelat lantai, jika bapak tidak keberatan, apakah bisa untuk membagi sedikit contoh perhitungan kolam renangnya pak, terimakasih pak🙂 salam sejahtera dan sehat selalu

    jika bapak tidak keberatan ini email saya pak🙂 brama_nalendra@yahoo.com

  70. Walaikumussalam Sdr. Brama Nalendra. Tebal dinding dan pelat lantai kolam renang, misalnya tebal struktur dinding dan pelat lantai yang langsung berhubungan dengan tanah harus minimal dimabil 20 cm (baca: SNI beton). Berapa tebal dan pembesiannya sangat tergantung beban yang bekerja, misalnya dinding yang berhubungan dengan tanah, harus memperhiungkan besarnya gaya atau momen yang ditimbulkan oleh tekanan lateral tanah (tekanan tanah aktif). Begitu juga dengan beban-beban lainnya, termasuk daya dukung tanah untuk merencanakan pelat lantai kolam yang terletak di atas tanah. mengenai contoh perhitungan tentu tidak dapat di sajikan di sini, karena akan menyangkut berbagai fomula dan uraian panjang serta berbagai jenis kolam renang (terletak di tanah, atau di atas bangunan gedung) dan sebagainya.

  71. Assalamualaikum wr wb Pak Rony…mohon bantuan hitungan struktur kolom,balok dan fondasi dan flat..sy berencana membuat kolam renang kecil ukuran sekitar 3×6 di lantai 3 rumah kami.. mohon bantuan struktur nya..terimakasih sebelumnya..

  72. Walaikumussalam Sdr. Hendrawan. Forum ini saya persiapkan untuk konsultasi masalah struktur/konstruksi. Bila Pak Hendrawan ingin minta hitungan struktur, bisa hubungi Moment Area Engineering Consultant, email: lia.odzie@gmail.com

  73. Dear,
    Bapak Ronny,

    Sebenarnya pertanyaan saya hampir sama dengan pak hendrawan, Perencanaan membuat kolam renang di lantai 2 dengan ukuran 3 x 6 meter dengan dinding kaca. Yang saya tanyakan ukuran ideal berapakah ketebalan pada kaca tersebut. Rencana yang akan saya pakai dinding kaca bagian muka yaitu 6 meter. ?

    Jika tidak keberatan mohon informasinya, Terimakasih.

  74. Dear Pak Bondan SH, bila yang ditanya berapa ketebalan kaca yang digunakan, jawabannya adalah tergantung pada spesifikasi kaca yang Bapak gunakan. Saya hanya bisa memberikan berapa besarnya tekanan air pada dinding kaca tersebut. Air akan menekan ke segala arah termasuk ke dinding dengan beban sebesar 1 ton per meter persegi, bila tinggi dinding kaca 2 meter maka, tegangan maksimum terletak di dinding yang teretak di dasar kolom, besarnya adalah sebesar density air dikalikan dengan tinggu dinding atau = 2 ton/m2. Resultan gaya akan bekerja di sepertiga tinggi dinding besarnya resultan gaya lateral akibat air adalah 0,5 density X tinggi dinding kuadrat atau = 0,5* 1* 2^2= 2 ton.

  75. Assalammualaikum pak ronny..
    Pak sy berencana membuat kolam renang mini dilantai 3 dg ukuran 3x7m. Dg kedalaman 1,3m untuk luas 3x3m dan kedalaman 0,6m untuk luas 4x3m.
    1. Pondasi pilecap ukuran 1,3×1,2m dan h=0,3. Qty 6 untuk kolom kolam
    2. Ukuran kolom 0,25×0,25
    – Tulangan utama 8 – D13 (Ulir)
    – Begel 8-100 (Polos)
    3. Mutu beton untuk pondasi dan kolom K250
    4. Mutu atap beton dan kolam sy pakai K400
    5. Untuk Kolam Area :
    – tebal slab 200mm (2 layer besi 8-100 + balok menyilang ditengah)
    – shearwall tebal 200mm (sm dg slab)
    – balok 250x200mm (2D13 + 2 xtra tumpuan top dan 3D13 bot)
    Yg sy tanyakan :
    1. Kira kira kuat tidak ya pak struktur ini??
    2. Pengaruh tidak pak apabila sy memakai mutu beton yg berbeda??
    Pak Ronny terimamasih..
    Wassalammuallaikum..

  76. Assallammualaikum wr wb
    Trimakasih sbelumnya Pak Rony
    Sy rencana mau buat kolam renang mini ukuran 7x3m dilantai 3.
    Untuk Pondasi Pilecap
    ukuran 1.3×1.2×0.3m (D13-100)
    6 @Kolom 0.25×0.25 (utama 8D13, begel 8-100)
    Mutu beton K250

    Untuk kolam 7×3 dg kedalaman :
    4×3 h=0.6m (tebal shearwall 0.2m, h=0.6m)
    3×3 h=1.2m (tebal shearwall 0.2m, h=1.2m)
    Slab kolam t=200mm (tulangan 2 layers besi 8-100 dengan tambahan balok anak sbagai bracing menyilang. Shearwall juga sama dg penulangan slab). Balok 250×200
    Mutu Beton K400.
    1. Menurut bapak strukturnya kuat tidak pak menahan beban air kolam sm beban sendiri??
    2. Apa boleh pak kalau kolom memakai mutu K250 dan slab K400. Apa akibatnya pak??

  77. Walaikumussalam Sdr. Suhartony. Untuk Kolom 25 x 25 cukup digunakan bila bentang (atau jarak kolom < 4 m) bila lebih satu sisi kolom harus diperbesar dimensinya (misalnya 25 x 50, mengikuti bentang besarnya). Tulangan 8 D 13, saya kira masih kurang untuk kolom bangunan 3 lantai, sekurang-kurangnya 8 D 16 mm. Balok 250 x 200, itu bisa digunakan sebagai balok anak, jika balok induk sekurang-kurangnya 250 x 500. Pilecap tidak dapat saya komentari karena tergantung jumlah pilling/bore pile. Ketebalan shearwall minimal 20 cm bisa dimungkiinkan. Untuk area yang kedap air bisa menggunakan mutu beton K-400, sedangkan area lainnya bisa menggunakan mutu beton K-250.

  78. ANDREAS P. SILABAN

    Assallammualaikum wr wb
    Salam Teknik Sipil, pak…!
    Saya mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir ttg perecanaan ulang sebuah hotel 15 lantai.
    Pada lantai 10 hotel tsb terdapat kolam dengan ukuran 8 x 14,5 m dengan tinggi 1,5 m.
    tebal dinding kolam rencana 20cm , tebal pelat 20cm
    pertanyaan saya :
    1. apakah perlu balok sebagai pijakan dinding kolam tersebut pak atau cukup menggunakan pelat lantai saja disambung langsung ?
    2. Untuk perhitungan tulangan pelat,
    Beban MATI : berat sendiri pelat (0,2×2400) ; berat air (1,5×1000) ; beban plafond ; ubin dan spesi
    Beban HIDUP : 400 kg/m2
    setelahnya Qu = 1,2DL + 1,6LL
    Apakah seperti itu ya pak data pembebanan yang saya butuhkan ?
    3. apa alasan untuk memakai beban hidup sebesar 400 kg/m2 nya pak ?
    apakah mengacu pada sni dan dianggap fungsinya sebagai fasilitas olahraga ya, pak ?

    Saya sangat mohon sekali pencerahan, koreksi dan arahan dari bapak.
    Salam Hormat pak Rony.

  79. ANDREAS P. SILABAN | April 29, 2016 at 2:22 am | Reply | Edit
    Walaikumussalam,
    1. Ukuran kolam renang saudara adalah 8 x 14,5 m, dengan lebar atau bentang 8 meter tentu tidak cukup kaku dengan menggunakan tebal pelat 20 cm, saran sarankan menggunakan balok, semacam “double tee” pada balok presstress.
    2. Di samping kombinasi beban yang saudara kemukakan di atas, jangan lupa masukkan koefisien 1,2 untuk beban fluida (cara referensinya di SNI)
    3. Jika peraturan menuntut harus diperhitungkan beban hidup: 400 kg/m2, saudara wajib memasukkannya beban hidup ini dengan catatan cari referensi/peraturan yg mewajibkan tersebut.
    4. U = 1,2 DL + 1,6 LL hanya salah satu kombinasi pembebanan dari tujuh kombinasi pembebanan di SNI 2002. Kombinasi pembebanan terbaru adalah SNI 2847: 2013 halaman 65 dari 255.
    5. Begitu juga peraturan pembebanan yang saudara gunakan adalah PPIUG 1983, sekarang sudah ada peraturan terbaru, yaitu: SNI 1727: tentang, Beban minimum untuk Perancangan Bangunan gedung dan Struktur lain.
    5. Menurut asumsi saya bisa saja, karena beban hidup orang yang berenang, beban orang-orang di sekitar kolam renang, fasilitas (bangku-bangku, meja dsb) di sekitar kolam renang. Tetapi, dalam tulisan ilmiah semua yang saudara sajikan harus ada dasarnya dan harus ada referensinya.
    6. Biasanya di sekitar kolam renang, falitas yang ada termasuk taman-taman. SNI 1727 untuk atap yang dugunakan sebagai taman adalah 100 psi atau 4,79 kN/m2 atau 479 kg/m2 (BSN 2013 halaman, 27 dari 195)
    Kalau boleh tahu saudara kuliah di universitas mana? Terimakasih, semoga bermanfaat.

    • ANDREAS P. SILABAN

      Terima kasih banyak, pak.
      Saya sudah coba hitung dengan data data seperti di atas pak, baik tebal plat 20cm, tulangan yg saya pakai D16.
      Beban air jg sudah saya kalikan 1,2 pak.
      Beban hidup 400 kg/m2.
      Tapi hasilnya sangat kurang memuaskan pak, dibutuhkan sekitar puluhan buah tulangan untuk per meter panjangnya pak..
      Saya baru kali ini mendapatkan masalah ttg perhitungan pelat utk kolam seperti ini pak.
      Saya kuliah di its , pak.
      Saya mohon pencerahannya lagi, pak.

  80. ANDREAS P. SILABAN | April 29, 2016 at 1:40 pm | Reply | Edit
    Jawaban:
    Sdr. bisa memperhitungkan dinding kolam sebagai balok tinggi, untuk mengefisien pemakaian besi yang sanagt banyak tadi, lantai kolam diberi balok-balok pengaku (semacam “double tee” pada balok presstress.). Balok-balok pengaku ini ditumpuh oleh dinding yang berperan sebagai balok tinggi tadi, secara detailnya saudara konsultasikan dengan dosen pembimbing.

  81. assalamualaikum wr wb.
    pak rony bisa kah saya meminta contoh perhitungan kolam renang di tanah, sebagai tambahan refrensi saya menyusun tugas akhir

  82. Walaukumussalam sdr. Rizal Sulton. Referensi tugas akhir yang dibuthkan adalah hasil penelitian orang-orang sebelumnya, Anda bisa mendapatkan di jurnal-jurnal. sedangkan contoh hitungan struktur tidak pernah dipubikasikan karena bersifat personal.

  83. Sdr. Rizal Sulton. Pelat lantai kolam renang sudah merupakan pondasi, tergantung jenis tanah di kedudukan pelat kolam tersebut. kalau tanah keras, pelat lantai sudah langsung merupakan pondasi. Bila lunak, bisa dengan perkuatan cerucuk-cerucuk kayu atau tiang pancang di bawah pelat dasar kolam tersebut.

  84. Assalamualaikum wr. wb.
    Pak Rony, saya mempunyai gambar struktur rumah tinggal dengan kolam renangnya ada dilantai 2 dengan ukuran 3mx10m dengan kedalaman 1,2m, disitu digambarkan untuk struktur pondasinya menggunakan tiang pancang 20×20 dengan kedalaman sampai tanah keras di 18 m, hanya untuk bagian sisi bangunan hanya menggunakan 1 tiang pancang sementara sisi bagian dalam ada yang menggunakan 2 dan 3 tiang pancang, kemudian tebal dinding dan lantai kolam renangnya adalah 15 cm dengan balok arah memanjang 20×35 sedangkan balok arah melintang 40×35(balok tidur) dan balok melintang ini bertumpu pada kolom 30×40 sebanyak 8 buah (4 dikiri dan 4 dikanan). yang ingin saya tanyakan adalah apakah konstruksinya itu kuat atau tidak? saya masih ragu dan mau saya tanyakan ke konsutannya hanya saya belum mempunyai argumen/data yang kuat. Sebelumnya terima kasih.

  85. Walaikumussalam Sdr. Dhensuy.
    Saya tanggapi dulu masalah tiang pancang. Tiang pancang 20 x 20 dengan mutu beton K-350/400, kuat dukung izinnya maksimu terhadap material adalah berkisar 25 ton. Bila pada kedalaman 18 meter nilai qc adalah 150 kg/cm2 (tanah keras) dengan catatatan bukan lensa atau tanah keras yang tipis, maka daya dukung terhadap tanah berkisar 20 per single pile. Bila tiang yang saudara gunakan lebih dari satu daya dukung 20 ton tersebut voleh dikalukan dengan jumlah tiang pancang yang digunakan, tetapi harus dikalikan dengan faktor efisiensi tiang pancang yang besarnya berkisar 0,75 s/d 0,9. Jawabannya: pemakaian jumlah tiang pancang tentu harus disesuaikan dengan beban yang bekerja pada masing-masing titik pondasi. termasuk beban kolom renang di lantai dua.

  86. Assalammualaikum Pak,
    Mohon Maaf Menganggu Waktunya Pak,Disini Saya mahasiswa Masih Semester 4, Jadi harap Maklum hehe,
    Yang ingin saya tanyakan, saya akan membangun kolam/reservoir untuk menampung air bersih dengan ukuran 7x5x2,5 m didaerah tanah rawa,ada genangan air sekitar 30cm dri dasar tanah,dan yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Bagaimana Cara mengatasi daerah tsb,?
    2. Menggunakan besi D brp? Ketebalan Lantai dan dindingnya brp?
    3. Dasar tanah sudah kita kasih cerucup,apakah setelah tanah,mau kita kasih pasir,plastik,agregat kasar bru besi dan finishing bru dicor, apakah itu sdah benar pak? Apakah ad solusi yg lebih baik?
    Terima Kasih sebelumnya Pak, maaf sebelumny, krna saya masih merabah”
    Wassalammualaikum. Wr.wb

  87. M.Alfajaruddin | August 10, 2016 at 8:39 pm | Reply | Edit
    Walikumussalam.
    1. Atasi genangan air dengan metode dewatering yang tepat, tergantung kondisi dilangan.
    2. Ketebalan dinding dan lantai minimal 2o cm, tulangan bisa saja diameter 16 mm.
    3. Bisa dengan geotektil, biar ekonomis dengan plastik saja, sebaiknya dibuat lantai kerja (lean concrete) baru pembesian lantai.

  88. Selamat Siang Pak Rony,

    Nama Saya JAY,

    Mohon bantuan pak mengenai kolam renang, apakah dinding dan lantai bisa dicor secara tidak bersamaan, karena kondisi lapangan maka pengecoran diharuskan memakai cara manual dan kondisi tanah berair atau rawa rawa. Dan corlantai setebal 30 cm apakah itu sudah bisa sekalian jadi pondasi.

    Mohon bantuannya pak

    Salam Hormat Jay

  89. JAY | August 14, 2016 at 11:58 am | Reply | Edit

    Biasanya dinding dan lantai kolam renang di cor terpisah, artinya tidak sekaligus. Tetapi Sdr Wajib Menggunakan Water stop, dulu water stop terbuat dari pelat baja, kemudian dari fiber, dan sekarang dengan perkembangan teknologi sudah ada water stop yang sangat fleksibel, ada yang berbentuk karet kayak dodol, dsb.

  90. Dear, Pak Rony.

    Saya rencana ingin membuat Kolam 3.5 x 7 meter dengan tinggi Dinding 1.5 m.. di area lantai 2 ( ketinggian 3 meter ),
    Pondasi Poer plat 1.5 x 1.5 ,untuk ukuran Kolom 30 x 30 cm ( 6 Buah Besi D 16 ) dan balok keliling 25 x 30 cm dan Slof 25 x 30 , Tebal Dinding dan Plat lantai 15 cm apakah aman pak ..?

  91. agus salim | August 18, 2016 at 1:18 pm | Reply | Edit
    Sdr. Agus Salam, Dimensi pondasi bisa dikatakan aman atau tidak adalah tergantung data tanah. Coba saudara sondir dulu baru kita bahas. Balok dan sloof tergantung dimana elemen struktur itu berada, bentangnya berapa besar dan beban apa saja yang harus dipikul oleh elemen struktur itu. Dinding kolam saya rekomendasi dengan tebal 20 cm.

  92. Saya ingin membangun kolam renang ukuran 15 x 40 kolan dewasadan kolam untuk anak-anak 10 x 30. Bagai mana struktur konstruksi yang lebih baik, dan pembesian menggunakan besi berapa inci, Saya akan menggunakan Sumur Bor sebagai sumber air. Bagai mana bentuk konstruktsi rumah pompa yang sanggup mengairi kolam tersebut dan sekaligus kamar Bilas yang dibutuhkan untuk lelaki dan perempuan. Dan berapa biaya Perencanaannya ?

  93. Khabri Muis | September 14, 2016 at 5:45 am | Reply | Edit
    Saya ingin membangun kolam renang ukuran 15 x 40 kolan dewasadan kolam untuk anak-anak 10 x 30.
    Jawab:
    1. saudara belum menentukan tinggi kolam renang, pembesian dinding sangat tergantung tinggi dinding tersebut.
    2. tebal struktur lantai minimal 25 cm dan dinding minimum 20 cm tergantung tinggi dinding.
    3. kalau tidak dianalisis, tulangan pokok minimum dia 16-150 dua lapis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s