Slump-Flow Test


( Untuk Menentukan Karakteristik Beton SCC)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

 Pertanyaan:

 Pengasuh Rubrik Keamanan Konstruksi. Apa yang dimaksud dengan “Istilah SCC” dan apa hubungannya dengan workabilitas? Metode apa yang dapat digunakan untuk menentukan karakteristik beton SCC, dan apa saja parameter pengukurannya, serta aplikasi untuk komponen struktur seperti apa di lapangan.

Jawab:

Istilah SCC adalah singkatan dari “Seft Compacting Concrete”, merupakan beton segar yang sangat pleatis dan mudah mengalir karena berat sendirinya mengisi keseluruhan cetakan yang dikarenakan beton tersebut memiliki sifat-sifat untuk memadatkan sendiri, tanpa bantuan alat penggetar. Beton SCC yang baik harus tetap homogen, kohesif, tidak segrasi, tidak terjadi blocking, dan tidak bleeding.

Metode tes pengukuran workabilitas telah dikembangkan untuk menentukan karakteristik beton SCC dan sampai saat ini belum ada jenis metode tes yang bisa mewakili ketiga syarat karakterisk (Filling ability, Passing ability, dan segregation resistance) beton SCC. Salah satu metode tes yang dikembangkan adalah Slump-Flow Test.

Slump-Flow Test dapat digunakan untuk menentukan “filling ability” baik di laboratorium maupun di lapangan; dan dengan memakai alat ini dapat diperoleh kondisi workabilitas beton berdasarkan kemampuan penyebaran beton segar yang dinyatakan dengan besaran diameter yaitu antara 60-75 cm.

Kebutuhan nilai slump flow untuk pengecoran konstruksi bidang vertikal berbeda dengan bidang horizontal. Kriteria yang umum digunakan untuk menentukan awal workabilitas beton SCC berdasarkan tipe konstruksi, yakni untuk konstruksi vertikal disarankan dengan slump flow 65-70 cm, sedangkan untuk konstruksi horizontal dengan slump flow 60-65 cm.***

One response to “Slump-Flow Test

  1. apakah beton jenis SCC sudah diaplikasikan di Indonesia Pak? Apakah sudah ada SNI atau peraturan lainnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s