Menyoal: Amruknya Tembok Irigasi


Ir. Rony Ardiansyah, MT.

Pengamat Perkotaan/Dosen Magister Teknik sipil UIR

Buruh Proyek Irigasi tewas tertimpa tembok, saat bekerja di proyek irigasi Desa Rambah Samo Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Demikian berita yang dapat kita baca di Harian Metro Riau hari ini tanggal 27 Juli 2010 halaman 13.

“Berdasarkan pengakuan kelima rekan kerja korban, mereka bekerja sekitar pukul 08.00 WIB. Sekitar pukul 10.00 WIB, korban membuka dinding tembok proyek irigasi yang baru sehari dicor. Seharusnya coran tersebut dibuka 3 hari kemudian, namun saat tembok setinggi 1,5 meter dengan ketebalan 20 cm dan panjang 12 meter dibuka, tembok ambruk dan menimpa tubuh korban”. Jelas, Ahmad Yul Kapolsek Ramba Samo.

Memang betul erancah atau begisting untuk pekerjaan, dinding, sisi balok dan kolom memerlukan waktu minimum 3 hari untuk membuka begisting. Perlu saya beri cacatan di sini, waktu minimum 3 hari ini adalah untuk komponen-komponen struktur tersebut di atas yang benar-benar vertikal. Jangan coba-coba untuk komponen struktur baik, dinding atau kolom yang membentuk sudut (tidak vertikal).

Sedangkan untuk pembukaan perancah balok dibutuhkan waktu minimum 21 hari.  Seharusnya persyaratan-persyaratan pembukaan perancah dan begisting sudah tercantum dalam Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS), dan baik kontraktor maupun konsultan pengawas sudah mengetahuinya, karena ini adalah persyaratan umum yang sangat mendasar dan tidak boleh dibaikan.

Waktu Minimum dari saat selesainya pengecoran beton sampai dengan pembongkaran bekisting dari bagian-bagian struktur harus ditunjukkan dari percobaan  benda uji yang memberikan kuat desak minimum. Perlu dicacat kekuatan beton pada umur 3 hari hanya mencapai 40%, hal ini harus dibuktikan terlebih dahulu dengan pengetesan benda uji.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s