Mengenal, Jembatan Cable Stayed Modern


Ir. Rony Ardiansyah, MT.

Dosen Teknik sipil UIR

 

          Jembatan Cable Stayed adalah suatu sistem dan jenis jembatan yang paling populer khususnya di Porpinsi Riau. Mulai dari Jembatan Barelang di Batam. Proyek Jembatan Cable Stayed Siak Sri Indrapura yang menelan biaya sebesar 159,75 miliar, berlokasi di Kabupaten Siak, hampir rampung dibangun pada saat ini. Kemudian Jembatan cable Stayed Siak IV, yang konon bisa menelan biaya sampai Rp. 185 miliar ini diharapkan mampu membuka daerah yang terisolasi dan bukan saja untuk mengantisipasi perkembangan kota ke arah utara (Rumbai) atau untuk mendukung rencana pengembangan pendidikan dan olahraga di Kawasan Payung Sekaki Rumbai, tapi adalah juga untuk landmark-nya kota plus upaya penanganan jangka panjang persoalan lalu lintas di Pekanbaru nantinya.

Bukan hanya di Riau, di Propinsi Tetangga pun tak mau ketinggalan. Baru-baru ini Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan merencanakan membangun Jembatan Musi III yang menurut rencana berlokasi di Pasar Kuto, Jalan Slamet Riadi Palembang akan segera terealisasi. Berdasarkan usulan dari Dinas PU Bina Marga Sumsel biaya kontruksi Musi III ini bakal menghabiskan dana sebesar Rp 325 miliar. Jembatan Musi III dengan type cable stayed bridge akan memiliki panjang total sekitar 1.550 meter, panjang total jembatan cable stayed sekita 400 meter, bentang utama 250 meter, tinggi ruang bebas 15 meter dari permukaan air pasang, lebar ruang bebas 200 meter.

            Sebenarnya, jembatan cable stayed sudah dikenal sejak lebih dari 200 tahun yang lalu (Walther, dalam Supryadi, 2000: 197-207) yang pada awalnya era tersebut umumnya dibangun dengan mengunakan kabel vertikal dan miring seperti ’Dryburgh Abbey Footbridge’ di Skotlandia yang dibangun pada tahun 1817. Jembatan seperti ini masih merupakan kombinasi dari jembatan cable stayed modern. Sejak saat itu jembtan cable stayed banyak mengalami perkembangan dan mempunyai bentuk yang bervariasi baik dari segi jenis material yang digunakan maupun segi estetika.

            Pada umumnya jembatan cable stayed menggunakan gelagar baja, rangka beton, atau beton pratekan sebagai gelagar utama (Zarkasi dan Rosliansyah, 1955). Pemilihan bahan gelagar tergantung pada ketersediaan bahan, metode pelaksanaan dan harga konstruksi. Penilaian parameter tersebut tidak hanya tergantung pada perhitungan semata melainkan masalah ekonomi dan estetika lebih dominan. Kecenderungan sekarang adalah menggunakan gelagar beton, cast in situ atau prefabricated (pre cast).

            Pada dasarnya komponen utama jembatan cable stayed terdiri dari atas gelagar, sistem kabel, dan menara atau pylon. Sistem kabel merupakan salah satu hal mendasar dalam perencanaan jembatan cable stayed. Kabel digunakan untuk menopang gelagar di antara dua tumpuan dan memindahkan beban tersebut ke menara. Secara umum sistem kabel dapat dilihat sebagai tatanan kabel transversal dan tatanan kabel longitudinal. Pemilihan tatanan kabel tersebut didasarkan atas berbagai hal karena akan memberikan pengaruh yang berlainan terhadap prilaku strukstur terutama pada bentuk menara dan tampang gelagar.

Selain itu akan berpengaruh pula pada metode pelaksanaan, biaya dan arsitektur jembatan. Sebagian besar struktur yang sudah dibangun terdiri atas dua bidang kabel dan diangkerkan pada sisi-sisi gelagar (Walther, 1988). Namun ada beberapa yang hanya menggunakan satu bidang. Penggunaan tiga bidang atau lebih mungkin dapat dipikirkan untuk jembatan yang sangat lebar agar dimensi balok melintang dapat diperkecil.

Pemilihan bentuk menara sangat dipengaruhi oleh konfigurasi kabel, estetika, dan kebutuhan perencanaan serta pertimbangan biaya. Bentuk-bentuk menara dapat berupa rangka portal trapezoidal, menara kembar, menara ’A’, atau menara tunggal. Selain bentuk menara yang telah disebutkan, masih banyak bentuk menara lain namun jarang digunakan seperti menara ’Y’, menara ’V’ dan lain sebagainya.

Bentuk gelagar jembatan cable stayed sangat bervariasi namun yang paling sering digunakan ada dua yaitu stiffening truss dan solid web (Podoiny and Scalzi, 1976). Stiffening truss digunakan untuk struktur baja dan solid web digunakan untuk struktur baja atau beton, baik beton bertulang maupun beton prategang. Pada awal perkembangan jembatan cable stayed modern, stiffening truss mulai banyak digunakan tetapi sekarang sudah mulai ditinggalkan dan jarang digunakan. Kekurangannya adalah membutuhkan fabrikasi yang besar, perwatan yang relatif sulit, dan kurang menarik dari segi estetika. Meskipun demikian dapat digunakan sebagai gelagar dengan alasan memiliki sifat aerodinamika yang baik.

Perkembangan teknologi beton yang sangat cepat membuat baja mulai ditinggalkan dan beralih ke gelagar beton yang dapat berupa beton precast atau cetak setempat. Gelagar beton umumnya berupa gelagar box tunggal yang diberi pengaku lateral pada jarak tertentu. Solid web yang terbuat dari beton precast mempunyai banyak keuntungan, antara lain; struktur dek beton cenderung untuk tidak bergetar dan dapat berbentuk aerodinamis yang menguntungkan, komponen gaya horizontal pada kabel akan mengaktifkan gaya tekan pada sistem dek dimana beton sangat cocok untuk menahan gaya desak, beton mempunyai berat yang sangat besar sehingga perbandingan beban hidup dan beban mati menjadi kecil dan beban mati tidak membesar, dan pemeliharaan yang lebih mudah karena beton tidak berkarat seperti baja.***

3 responses to “Mengenal, Jembatan Cable Stayed Modern

  1. Ikhsan Adi Sukma

    makasih artikelnya pak.

  2. Assalammu’alaikum warohmatuLLOHI Wabarakatu.
    Maaf pak, saya mau bertanya. apakah bapak punya contoh perhitungan perencanaan jembatan cable stayed pak? saya sangat ingin bisa merencanakan sebuah jembatan kable stayed, saya sangat suka ilmu2 pengetahuan apalagi ilmu bidang sipil, kalkulus dan Fisika. kalau bapak punya apakah saya boleh minta sedikit dari ilmu bapak, sekali lagi maafkan atas kelancangan saya, saya udah beli beberapa buku tapi cuma dalam bentuk pengantar pak

  3. Waalaikumussalam warahmatullohi wabarkatu. maaf sdr. Ilham. tidak punya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s