Rice Husk Ask


(Sebagai material Pozzolan Dalam Beton)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

             Pertanyaan: Kepada yang terhormat Pengasuh Rubrik, tolong jelaskan proses terjadinya Rice Husk Ask atau abu kulit gabah. Persyaratan apa atau suhu berapa  yang harus dipenuhi agar pembakaran gabah bisa menghasilkan Rice Husk Ash sebagai material pengganti semen atau sebagai material Pozzolan dalam beton.

Jawab:

Penggilingan padi selalu menghasilkan gabah yang cukup banyak yang akan menjadi material sisa. Ketika butir padi digiling, 78% dari beratnya akan menjadi beras dan akan menghasilkan 22% berat kulit gabah. Kulit gabah ini dapat digunakan sebagai bahan bakar dalam proses produksi. Kulit gabah terdiri dari 75% bahan mudah terbakar dan 25% berat akan berubah menjadi abu. Abu ini dikenal dengan Rice Husk Ash (RHA) yang mempunyai kandungan silika reaktif (amorphhous silica) sekitar 85-90%.

Jadi dari setiap 1000 kg padi yang digiling akan menghasilkan 220 kg (22%) kulit gabah. Bila kulit gabah itu dibakar pada tungku pembakaran maka akan menghasilkan sekitar 55 kg (25%) RHA (Paul Nugraha & Antoni, 2007: 108-109).

Untuk membuat abu kulit gabah menjadi silika reaktif yang dapat digunakan sebagai material pozzolan dalam beton maka diperlukan kontrol pembakaran yang baik. Temperatur tungku pembakaran tidak boleh melebihi 800 derajat Celcius sehingga dapat menghasilkan RHA yang terdiri dari silika yang tidak terkristalisasi. Jika kulit gabah ini terbakar pada suhu lebih dari 850 derajat Celcius maka akan menghasilkan abu yang sudah terkristalisasi menjadi arang dan tidak reaktif lagi sehingga tidak mempunyai sifat pozzolan.

Setelah pembakaran kulit gabah selama 15 jam dengan suhu yang terkontrol maka akan dihasilkan RHA yang berwarna putih keabu-abuan atau abu-abu dengan sedikit warna hitam. Warna hitam menandakan bahwa temperatur tungku pembakaran terlalu tinggi yang menghasilkan abu yang tidak reaktif.

RHA kemudian dapat digiling untuk mendapatkan ukuran butiran yang halus. RHA sebagai bahan tambahan dapat digunakan dengan mencampurkannya pada semen atau hanya memakai air kapur sebagai campuran untuk mendapatkan beton dengan kuat tekan rendah.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s