Bonanno Da Pisa Salah Desain


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Pengamat Perkotaan/Dosen Pasca Sarjana Teknik Sipil UIR

            Pisa adalah menara yang menjadi tenar karena miringnya. Menara miring di Pisa Italia, menjadi demikian karena salah desain. Arsiteknya, Bonanno Da Pisa, melakukan kesalahan saat membangun menara itu di tahun 1174. Kesalahannya adalah mendirikan pondasi cuma sedalam 3 meter. Bisa dibandingkan dengan tinggi menara yang mencapai 56 meter.

            Akibatnya, di tengah pelaksanaan proyek, tanah di sekitar menara bergeser, dan menara itu menjadi miring, sehingga proyek harus dihentikan. Proyek pembangunan dilanjutkan kembali dan selesai di tahun 1350, dengan tiga dari delapan tingkatnya dibangun vertikal untuk mengubah titik gravitasi menara yang telah melenceng kira-kira 5,1 meter dari desain semula. 

 Walaupun sudah dikoreksi, menara itu tetap bergerak miring hingga sekarang, dan selalu akan lebih miring beberapa millimeter per tahun.

            Contoh kasus kegagalan konstruksi seperti menara ini sebenarnya banyak sekali. Tiang-tiang listrik yang miring misalnya, dan setiap saat cenderung akan terus bertambah miring, tetapi belum rubuh adalah contoh sederhana yang mendekati kasus menara miring ini. Menara ini tidak patah karena pondasinya yang sedalam 3 meter itu ikut miring dan bergeser.


            Menurut Si Usil. Menara Pisa Itali ini, kini pun telah dapat disaingi oleh sebuah bangunan ruko di jalan Riau Ujung Pekanbaru.  Bukan karena tenarnya, tetapi karena miringnya ruko inilah yang dapat menyayingi miringnya menara Pisa. Tinggi ruko 3 lantai yang berkisar 13 meter, apabila miringnya yang terjadi berkisar 1,3 meter. Maka menurut ilmu ukur sudut dengan ketinggian bangunan ruko ini 52 meter, dapat diekivalenkan telah melenceng 5,2 meter. Tersaingi bukan…?  Ha..ha..ha… dasar si Usil.

            Menurut Kapan Lagi Com. Menara miring Pisa (dalam Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa) atau yang biasa disebut The Tower of Pisa (La Torre di Pisa) adalah sebuah menara lonceng dari sebuah katedral di kota Pisa, Italia. Menara ini terletak di belakang katedral dan merupakan struktur ketiga di Campo dei Miracoli (keajaiban) Pisa.

            Walaupun rencana semula dibangun secara vertikal, menara itu mulai miring ke arah tenggara segera setelah dilakukan konstruksi di tahun 1173, dikarenakan pondasi yang tak sempurna.

            Tinggi dari menara tersebut adalah 55,86 km dari permukaan tanah di sisi terendah, dan 56,70 m di sisi yang tertinggi. Lebar alas bangunan itu adalah 4,09 m dan lebar puncaknya adalah 2,48 m. Berat menara ini diperkirakan 14,500 ton dan memiliki 294 anak tangga.

Konstruksi dari Menara Pisa dibangun dalam tiga tahap, yang memakan waktu sekitar 200 tahun. Konstruksi marmer putih di lantai pertama dimulai pada tanggal 9 Agustus 1173, pada masa kejayaan militer dan kemakmuran Italia. Lantai pertama ini dikelilingi oleh beberapa pilar dan walaupun posisinya miring, namun tetap tahan selama berabad-abad.

Ada kontroversi seputar identitas dari arsitek yang membangun Menara Miring Pisa. Selama bertahun-tahun, desain tersebut diyakini dibuat oleh Guglielmo dan Bonanno Pisano, artis lokal kenamaan di abad ke-12, yang terkenal dengan karya perunggunya, khususnya pada karyanya Pisa Duomo.

Bonanno Pisano meninggalkan Pisa di tahun 1185 dan pindah ke Monreale, Sicilia, namun kemudian kembali lagi dan meninggal di tanah kelahirannya itu. Makamnya ditemukan di dasar tower di tahun 1820.

Menara itu pertama kali miring setelah lantai ketiga dibangun di tahun 1178, dikarenakan amblasnya pondasi sedalam tiga meter, akibat pergerakan tanah. Ini berarti bahwa desain dari menara tersebut telah cacat sejak pada awalnya.

Konstruksi dihentikan sementara selama hampir seabad lamanya, karena para warga Pisa hampir terlibat peperangan dengan Genoa, Lucca dan Florence. Selama masa ‘istirahat’ ini, struktur tanah di bawahnya telah kembali stabil. Dan di tahun 1198, dipasang jam untuk sementara pada bangunan yang masih belum tuntas itu.

Di tahun 1272, bangunan itu dilanjutkan kembali oleh Giovanni di Simone, arsitek dari Camposanto. Lantai keempat dibangun untuk mengimbangi kemiringan dari menara ini. Pembangunan kembali dihentikan di tahun 1284, saat Pisa ditaklukan oleh Genoa dalam Pertempuran Meloria.

Pembangunan menara lonceng ini tak selesai terhenti hingga 1372. Setelah itu, Tommaso di Andrea Pisano berhasil menyelesaikan elemen-elemen Gothic dari menara tersebut, dengan memberikan sentuhan gaya Roma. Terdapat tujuh lonceng pada menara tersebut, yang masing-masing mewakili not pada nada. Lonceng yang terbesar dipasang pada tahun 1655. ***

Advertisements

One response to “Bonanno Da Pisa Salah Desain

  1. Perencanaan pondasi yang bener sangat diperlukdan dalam mendirikan sebuah bangunan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s