Asuransi CAR Cukup Komprehensif


(Asuransi Dalam Dunia Industri Konstruksi)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Pengamat Perkotaan/Dosen Pasca Sarjana Magister Teknik Sipil UIR

Kegiatan konstruksi, sebagai suatu bentuk bisnis atau usaha, tentu tidak terlepas dari risiko-risiko dalam setiap proses pekerjaannya. Beberapa risiko yang dihadapi oleh penyedia jasa konstruksi, misalnya, kecelakaan manusia (jiwa), kecelakaan pada saat pelaksanaan pekerjaan, seperti terjadi pemogokan buruh atau kekurangan bahan material baja pada jangka waktu pelaksanaan proyek, dan berbagai resiko lainnya.

            Sedikitnya, ada empat unsur yang terlibat dalam asuransi. Pertama, adalah penanggung (insurer), yaitu pihak yang memberikan proteksi. Kedua, tertanggung (insured), yaitu pihak yang menerima proteksi. Ketiga, peristiwa (accident), yaitu kejadian yang tidak diduga atau tidak diketahui sebelumnya atau peristiwa yang dapat menimbulkan kerugian. Dan terakhir, adalah kepentingan (interest) yang diasuransikan, yang mungkin akan mengalami kerugian disebabkan oleh peristiwa.

            Dalam dunia internasional, menurut Palmer (1996) dan Hinze (1995), ada beberapa jenis asuransi yang khusus digunakan dalam proyek konstruksi. Jenis-jenis asuransi tersebut antara lain, sebagai berikut ini. Commercial General Liability Insurance (GGL Insurance); Operation and Premises Liability Insurance; Contractoris and Owneris Protective Liability Insurancc; Completed Operation Liability Insurance; Contractual Liability Insurance; Professional Liability Insurance; Automobile Liability Insurance; Cargo Insurance; Aircraft and Watercraft Insurance; Contractoris Equipment Floater Insurance; XCU (Exploision, Collapse, and Underground) Insurance; Builderis (Contractoris) All Risk Insurance; dan yang terakhir Installation All Risk Insurance.

            Dari semua jenis asuransi ini, jenis yang dinilai cukup komprehensif dalam dunia industri konstruksi, adalah asuransi CAR (Contractoris All Risk). Asuransi ini, memungkinkan penyedia jasa memperoleh nilai pertanggungan dari perusahaan asuransi untuk berbagi jenis resiko sekaligus dalam satu paket polis.

Lahirnya CAR (Contractor All Risk) Insurance bertujuan untuk menawarkan perlindungan yang menyeluruh terhadap segala kerugian atau kerusakan yang berkaitan dengan kontrak pekerjaan maupun mesin-mesin dan atau peralatan-peralatan proyek yang dipakai. Disamping itu, asuransi ini juga dapat diperluas terhadap tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Liability) sebagai akibat dari pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

            Pengertian “All Risk” pada jenis asuransi ini, tidak berarti semua jenis resiko proyek akan dijamin, karena luas jaminan dari resiko-resiko tersebut dapat dibatasi atau diperluas dengan penerapan klausa tambahan (endorsement). Untuk perluasan jaminan, pihak tertanggung dikenakan tambahan premi.

            Jadi, yang dimaksud dengan CAR (Contractoris All Risk), merupakan salah satu jenis engineering insurance yang menjamin kerugian finansial karena kerusakan fisik yang bersifat tiba-tiba dan tidak terduga atas pekerjaan konstruksi dan semua peralatan  selama jangka waktu pekerjaan konstruksi, termasuk jangka waktu pemeliharaan. Dijamin pula kerugian pihak ketiga yang timbul, baik atas kerusakan harta benda maupun kecelakaan diri.

            Periode pengcoveran dimulai sejak bahan-bahan material telah diturunkan (unloaded) atau berada dilokasi proyek dan berkelanjutan sampai pekerjaan secara keseluruhan selesai dan diserahterimakan kepada prinsipal atau digunakan (put into service). Apabila terdapat perluasan periode jaminan maka harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari penanggung.

            Berikut ini saya sajikan salah satu contoh polis asuransi CAR proyek di Pekanbaru, dengan nilai kontrak (Contract Price) Rp. 1.984.173.000,00. Dengan resiko (risk) Gempa bumi dan tsunami (Earthquake, volcanism, tsunami), Longsor (storm, cyclone, flood, inudation, landslide), masing-msing Rp. 1.984.173.000,00. Dengan item yang ditanggung (Insured Items), sebagai beikut: anyone person (Rp. 10.000.000,00-); total (Rp. 50.000.000,00-); Property Damege (Rp. 1000.000.000,00-).

            Semua kerugian dijamin (all risk) ini, antara lain adalah kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh gempa bumi, tanah longsor, pencurian/perampokan, sambaran petir, hujan badai, banjir, kebakaran, sabotase, peledakan, atau kesalahan-kesalahan di luar kemampuan manusia. Namun terdapat juga pengecualian, antara lain, kerugian akibat resiko perang, reaksi nuklir dan kontaminasi radioaktif, atau akibat kesengajaan.

            Ada dua macam pertanggungan (polis) untuk Engineering Proyek, yaitu: Asuransi Konstruksi (Contractor All Risks / CAR). Asuransi CAR memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian objek yang dipertanggungkan pada saat pelaksanaan pembangunan konstruksi dan selama masa pemeliharaan. Selain itu, jaminan juga diberikan atas tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga selama aktifitas pembangunan konstruksi tersebut. Contoh: pembangunan jalan, jembatan, gedung, dll.

            Asuransi Pemasangan (Erection All Risks Insurance / EAR) Asuransi EAR memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian objek yang dipertanggungkan pada saat pemasangan konstruksi dan selama masa pemeliharaan. Selain itu, jaminan juga diberikan atas tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga selama aktifitas pemasangan konstruksi tersebut. Contoh: pemasangan mesin pabrik, pemasangan antena, dan lain-lain.

            Pada bagian akhir artikel ini saya sajikan juga beberapa jenis pertanggungan untuk Engineering Non Proyek, yaitu: Pertama, Asuransi Peralatan Elektronika (Electronic Equipment Insurance / E.E.I) Asuransi EEI memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian atas peralatan elektronik akibat bahaya yang datangnya dari luar, misalnya short circuit, kebakaran, dll. Contoh: asuransi peralatan studio televisi, CCTV, peralatan telekomunikasi, dll. Kedua, Asuransi Kerusakan Mesin (Machinery Breakdown Insurance / M.B) Asuransi MB memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian atas mesin-mesin yang rusak atau berhenti beroperasi yang diakibatkan oleh kerusakan mesin itu sendiri dan bukan berasal dari bahaya yang datangya dari luar. Contoh: asuransi mesin-mesin pabrik, refrigerator, dll.

Ketiga, Loss of Profit following Machinery Breakdown (M.L.O.P) Insurance Asuransi MLOP memberikan jaminan atas kehilangan keuntungan kotor (Gross Profit) yang timbul dari rusaknya mesin-mesin, refrigerator dan mesin-mesin lain yang dijamin dibawah polis asuransi Machinery Breakdown. Keempat, Boiler & Pressure Vessel Insurance Asuransi ini menjamin kerugian akibat meledaknya boiler (ketel uap) atau pressure vessel (bejana tekan). Jaminan yang diberikan antara lain kerusakan pada objek yang dipertanggungkan, kerusakan pada harta benda milik Tertanggung, dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga baik berupa cidera badan atau kerusakan property.

Kelima, Deterioration of Stock (D.O.S) Insurance  Asuransi D.O.S memberikan jaminan kerugian atas pembusukan barang-barang di dalam ruangan pendingin akibat kerusakan mesin pendingin. Untuk bisa mendapatkan jaminan klaim asuransi ini, maka mesin pendingin tersebut harus diasuransikan di bawah polis Machinery Breakdown. Keenam, Civil Engineering Completed Risk (C.E.C.R) Insurance Asuransi ini memberikan jaminan untuk pekerjaan sipil yang selesai dibangun seperti jembatan, bendungan, pelabuhan, dan bangunan sipil lainnya. Jaminan yang diberikan polis ini antara lain kerusakan akibat kebakaran, gempa bumi, banjir, tanah longsor, badai, dll. Ketujuh,n Asuransi Peralatan Berat (Contractor’s Plant and Machinery / CPM) Asuransi CPM ini memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian pada alat-alat berat yang digunakan yang disebabkan oleh bahaya tabrakan, terguling, pencurian, bencana alam, dll. Contoh: asuransi untuk traktor, excavator, buldozer, dll.***

2 responses to “Asuransi CAR Cukup Komprehensif

  1. Sering juga perusahaan asuransi enggan untuk masuk ke dalam jasa konstruksi karena resiko pekerjaan dianggap terlalu tinggi.

  2. It’s the best time to make a few plans for the long
    run and it is time to be happy. I’ve learn this post and if I may I want to
    recommend you few fascinating issues or suggestions.
    Maybe you can write next articles relating to this article.

    I want to learn more things about it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s