Panduan Membeli Pipa Air


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Dosen Teknik sipil UIR

            Saat ini aneka jenis pipa sudah banyak beredar di Indonesia. Tentu dengan beragam kualitas. Apa yang membedakannya? Di pasaran Pekanbaru, sudah tersedia mulai dari pipa air bersih, air kotor, kotoran, air hujan dan air limbah. Pipa PVC pun tersedia dalam berbagai kulitas, misalnya pipa PVC standar pipa pasar atau pipa retail dan distribusi, termasuk saluran air kotor dan saluran air buangan di perumahan.

            Hati-hati, banyak pipa PVC yang mengandung pvc hanya 40 persen sedangkan 60 persen-nya mengandung Calcium Carbonat. Calcium Carbonat sebagai filter akan memudahkan pecah. Alangkah repotnya bila pipa ini pecah setelah dipasang. Selain rugi tenaga, waktu, juga uang. Berbagai merek pipa PVC telah beredar di Pasaran Pekanbaru, misalnya Wafin, Pipalon, Rucika, Sagita, LG dan lain-lain. Bagaimana cara memilih ?

            Tip pemilihan. Periksa logo untuk memastikan merek yang anda inginkan dan baca keterangan tentang beban tekan setiap pipa. Pilih kelas pipa sesuai dengan kebutuhan Anda, ada kelas AW (air bersih yang bertekanan 5 kg/cm2), kelas D (air kotor yang bertekanan 5 kg/cm2). Pastikan pada badan pipa ada kode produksi; kelas, ukuran, dan kualitas standarnya. Pilih pipa yang permukaan luar dan dalam licin, halus dan rata. Jangan lupa, pilih pipa dengan produksi pabrikasi yang telah memiliki sertifikat sistem mutu.

            Pipa PVC yang beredar di pasaran ada yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna abu-abu. Anda ingin pilih yang mana? Apa bedanya? Secara kualitas tidak ada perbedaan. Menurut Rita Laksmitasari Rahayu (Sitem Perencanaan Plumbing); PVC putih memantulkan sinar UV, lebih tahan dari kebengkokkan akibat sinar UV, tetapi tidak kuat menahan lumut dan tanpa korbon black. Sedangkan PVC abu-abu; meyerap sinar UV, bila diletakkan di luar rumah lama-kelamaan bisa bengkok karena sinar UV, tetapi tahan terhadap lumut dan diberi carbon black).

            Pipa bisa menggunakan berbagai jenis material. Tetapi masing-masing material memiliki kelemahan dan kelebihan. Bagus tidaknya tergantung pada ketepatan pilihan. Cara memilihnya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, pipa air boleh saja menggunakan pipa baja. Kelemahan pipa baja dapat berkarat bila ditanam di dalam tanah. Agar tidak berkarat, pipa tersebut dililit menggunakn PVC. Cara lain adalah dengan melilit pita dari anyaman serat jute yang telah direndam aspal.

Seperti juga pipa dari material PVC.  Pipa PVC hanya digunakan untuk air dingin dan buangan serta vent stack saja, tidak dianjurkan digunakan untuk airi panas. Pipa besi cor bisa digunakan untuk pipa air bersih dingin, tidak dianjurkan untk pipa air panas. Ada pipa besi cor yang boleh digunakan untuk pipa buangan dan vent, tetapi dilengkapi dengan cincin karet pada sambungan.

            Lain hal dengan Pipa baja yang bisa digunakan untuk air dingin dan air panas, serta air buangan. Sedangkan pipa baja dilapis dalam dengan PVC dan pipa baja dilapis cat pelindung, hanya digunakan untuk air dingin saja, tidak dianjurkan untuk air panas dan buangan. Di sisi lain, Anda bisa menggunakan Pipa beton untuk drainase luar bagunan, bisa juga pipa jenis ini dilapisi dengan pelat baja. Di beberapa daerah masih ada yang menggunakan pipa dari tanah liat. Pipa jenis ini tidak terlalu kuat, jadi tidak dianjurkan meletakkan beban berat di atasnya, atau bagian atas pipa dijadikan jalan, pipa ini hanya digunakan sebagai pipa buangan saja.

            Meskipun pipa dari bambu tidak tahan lama, pipa jenis ini bisa digunakan sebagai estetik lankskap. Digunakan untuk mengalirkan air dari mata air bukan dari pompa yang bertekanan. Yang terakhir, A C P (Asbestos Cement Pipe). Pipa Semen Asbes-Jenis material pipa terbuat dari serat asbes dan semen. Direkomendasikan hanya untuk perpipaan drainase atau air limbah domestik. Mempunyai jenis sambungan spigot-socket yang dipasang searah alirannya.

Sambungan Pipa

            Instalasi pipa tidak hanya terdiri dari satu batangan pipa, namun terdiri dari beberapa pipa yang disambung untuk mengalirkan air sampai ke outlet terakhir. Seperti apa jenis sambungannya. Jenis sambungan ditentukan berdasarkan jenis meterial pipanya dan letak sambungannya. Hal ini berlaku untuk pipa besi maupun pvc. Bila pipanya besi maka sambungannya juga besi. Penyambungan untuk pipa pvc cukup sederhana dengan menempelkan dua batang pipa menggunakan penyambung yang tepat. Untuk memperkuat sambungan dipergunakan seal tape pada sambungannya.

Aneka bentuk sambungan, seperti; Elbow, gunanya untuk menyambung pipa dengan arah 90 derajat dan ada juga yang 45 derajat. Flock Shock; untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang sama. Reducer Shoket; untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang berbeda. Tee; untuk menyambung tiga batang pipa dengan diameter yang sama. Dan valve Shoket; untuk menyambung pipa lain yang memiliki drat dalam. Ujung pipa ada yang menggunakan drat dan ada juga yang jenis polos. Sambungan yang menggunakan drat, pada ujungnya terdapat ulir – agar sambungan lebih kokoh. Meskipun memakai ulir tetapi seal tape tetap digunakan.

Cara menyambung pipa. Pada bebarapa merek pipa pvc, penyambungan dua batang pipa yang benar adalah dengan membersihkan lebih dahulu kedua ujung pipa. Pasir atau kotoran yang menempel pada kedua ujung tersebut hilang. Bila tidak dihilangkan maka kedua pipa tidak menempel secara maksimal. Penggunaan seal tape penting, agar kedua pipa dapat terikat kuat. Seal tape dipakai pada valve socket yang telah dipasang pada kedua ujung pipa. Hal ini juga digunakan untuk pipa besi.

Penyambungan bisa menggunakan valve. Namun yang perlu diingat adalah tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusak pipa. Pengencangan valve menggunakan kunci Inggris, sehingga potensi untuk mengencangkan valve menjadi berlebihan. Pada drainase luar yang menggunakan pipa tanah liat atau pipa dari beton, penyambungannya bisa menggunakan adukan semen. Pipa jenis ini di luar rumah gar lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Pipa beton lebih kuat dari pipa tanah liat.***

About these ads

One response to “Panduan Membeli Pipa Air

  1. Terima kasih informasinya, Achmad Mufid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s