”Golden Gate Bridge” Yang Terkenal


Ir. Rony Ardiansyah, MT. IP-U

Dosen Teknik sipil UIR

 Artikel ini sudah pernah dimuat di Riau Pos

 

Golden Gate Bridge adalah jembatan gantung (suspension bridge) yang menghubungkan San Francisco County (semacam Kecamatan) dengan Marin County di bagian utara. Jembatan ini biasanya dianggap bagian dari CA Highway 1 (Jalan Raya Propinsi) atau US Highway 101 (Jalan Raya sepanjang Pantai Barat Amerika). Anda jangan dibingungkan dengan Bay Bridge yang menghubungkan San Francisco dengan Berkeley di East Bay, kampus tempat “mafia” ekonomi Orde Baru dulu kuliah.

Sesuai dengan arti dari nama”Golden Gate” (Pintu Keemasan), jembatan ini sangat terkenal keseluruh penjuru dunia. Tidak heran pembanguan jembatan-jembatan di negara kita yang unit selalu dikatan mirip dengan jembatan Golden Gate yang tersohor itu. Jembatan karya besar sarjana teknik sipil, ini membentang sepanjang 2.7 km, jarak antar tonggak penyangga 1.280 m dan “clearance” di bawah jembatan pada saat air pasang adalah 67 meter ! Karenanya kapal gede bisa menerobos di bawahnya.

Golden Gate adalah sebuah selat yang menghubungkan Teluk San Fransisco ke Samudra Pasifik. Sejak 1930-an Jembatan Golden Gate didirikan sepanjang selat ini. Ombak besar ditambah dengan arus dari Sungai Sacramento dan Sungai San Joaquin telah membuat sebuah saluran dengan kedalaman beberapa ratus kaki melalui selat tersebut. Sebelum datangnya orang Eropa pada abad ke-18, daerah di sekitar selat dan teluk ini diduduki oleh orang Ohlone. Penemuan selat ini dan telaknya oleh penjelajah awal Eropa sangat tidak mudah, kemungkinan karena kabut musim panas yang terus menerus. Selat ini tidak tercatat dalam perjalanan Juan Rodriguez Cavrillo atau pun Francis Drake, keduanya telah menjelajahi pesisir sekitar pada abad ke-16 dalam pencarian Passage Northwest. Selat ini juga tidak tercatat dalam pengamatan oleh beberapa Kekaisaran Spanyol yang kembali dari Filipina yang berlabuh di Teluk Drakes di dekat sana. Pengamatan pertama tercatat selat ini hampir 200 tahun kemudian pada 1769 oleh Sersan Jose Ortega. Ortega melaporkan tidak dapat berlayar lebih lanjut karena selat tersebut.

Waktu selesai dibangun di tahun 1937, Golden Gate Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia ! Menurut Frommer’s Travel Guide, Golden Gate Bridge merupakan jembatan yang paling cantik dan paling banyak dipotret di seantero jagad ! Warna jembatan ini adalah International Orange, yang buat mata biasa terlihat merah.  Konon, kelir ini dipilih agar pas dengan keadaan alam sekitar serta menambah visibility jembatan apalagi ada kabut tebal. Oleh American Society of Civil Engineers, jembatan ini diklaim sebagai salah satu contoh terbaik dalam rekayasa jembatan, baik itu secara estetika ataupun desain strukturnya. O ya, perancang Golden Gate Bridge adalah Joseph B. Strauss yang patungnya dibangun dekat jembatan untuk mengenang jasa-jasanya.

Sejak selesai dibangun pada tahun 1937 – selama 37 tahun berikutnya jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia. Jembatan Golden Gate sendiri adalah hasil dari proyek raksasa yang dicanangkan oleh Franklin Delano Roosevelt untuk mengatasi pengangguran dan merangsang ekonomi Amerika pasca Great Depression. Proyek jembatan Golden Gate memakan biaya USD 27 Juta Dollar dan berlangsung selama 4 tahun. Panjang jembatan Golden Gate adalah hampir 2 km.

Di luar statusnya sebagai simbol kota San Fransisco, saat dibangun jembatan ini memperoleh reputasi yang cukup terhormat – yaitu minimnya angka kecelakaan kerja. Selama pembangunan berlangsung, jumlah pekerja yang tewas karena kecelakaan kerja adalah sekitar 11 orang. Ini adalah angka yang istimewa pada jamannya, karena pada pembangunan bendungan Hoover misalnya, lebih dari 100 orang pekerja tewas. Rendahnya tingkat kematian dalam proses pembangunan jembatan Golden Gate adalah karena dipasangnya jaring penyelamat. Tidak kurang dari 19 pekerja bisa diselamatkan oleh jaring ini.

Umumnya turis dari seluruh penjuru dunia di-drop dekat kolong jembatan dekat Toll Plaza. Dari sini wisatawan bisa memandangi Golden Gate Bridge dari dekat dan tanpa dikomando langsung jepret sana jepret sini mengambil foto dan video dengan background jembatan. Terus terang langit San Fransico tidak terang terus.  Tapi yang namanya acara potret memotret jalan terus! Jangan salah, kalau kabut menyelimuti Golden Gate Bridge sampe2 jembatan kagak kelihatan bentuknya, biasanya ada backdrop (layar lebar) bergambar Golden Gate Bridge di sini untuk para turis mengambil foto gratisan.

Sejumlah anggota dewan pengawas jembatan Golden Gate di San Francisco sepakat untuk membangun pagar khusus di jembatan itu untuk mencegah orang melakukan bunuh diri. Kira-kira 20 orang melakukan bunuh diri tiap tahun dengan melompat dari pagar jembatan yang tingginya hanya 140 cm, dan sejak tahun 1937, jumlahnya telah mencapai 1300 orang. Taksiran sementara menyebut akan dibutuhkan waktu dua tahun untuk menyusun rencana pembuatan pagar tambahan itu, dan setelah itu akan dibutuhkan dua tahun lagi untuk membangunnya. Seruan untuk membangun pagar tambahan di jembatan gantung yang paling terkenal itu telah diajukan sejak lama, tapi semakin santer belakangan ini setelah ada orang yang membuat film tentang 19 orang yang terjun dari jembatan itu kelaut.

Bunuh diri di Golden Gate Bridge rata-2 terjadi 2 minggu sekali ! Angka tidak resmi mencatat ada lebih dari 1300 usaha bunuh diri di sini tahun 2003 ! Sedikit yang survive dan kebanyakan pada “lewat” dalam tempo sekitar 4 detik saja ! Gimana tidak, tubuh rentan manusia dihempaskan dari ketinggian 67 meter dalam kecepatan sekitar 120 km per jam sebelum menghantam air yang amat dingin***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s