Begisting Struktur Beton


(Faktor-Faktor Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

Pertanyaan:: Apa bahayanya bila begisting suatu struktur bangunan dikerjakan tanpa memperhatikan syrata-syarart tertentu yang telah ditetapkan dalam bestek dan apa fungsi utama dari suatu begisting. Mohon jelaskan faktor-faktor apa saja untuk mendapatlkan suatu begisting yang baik ekonomis dan kuat, mulai dari pembuatan, persiapan pengecoran, saat penegecoran, dan sampai dengan metode yang baik dalam pembukaan begisting setelah pengecoran beton tersebut.

Jawab:

Pada umumnya sebuah begisting merupakan sebuah konstruksi yang bersifat sementara dengan tiga fungsi utama, yaitu: untuk memberi bentuk kepada sebuah konstruksi beton; untuk memperoleh struktur permukaan yang diharapkan; dan untuk memikul beton, hingga konstruksi tersebut cukup keras untuk dapat memikul diri sendiri.

Sebelum persetujuan diberikan bagi pengecoran beton, terlebih dahulu begisting harus diperiksa. Pemeriksa ini dimaksudkan untuk mengontrol ketepatan ukuran-ukuran dan ketepatan pelaksanaan begisting, sehingga akan terbentuk suatu konstruksi beton dengan permukaan yang telah ditentukan serta ukuran-ukuran yang benar dan selain itu agar segi keamanan selama berlangsungnya pengecoran beton dapat terjamin.

Begisting mempunyai peranan yang sangat penting, gagalnya begisting akan menyebabkan kegagalan struktur bangunan. Selama berlangsungnya pengecoran beton, begisting harus selalu dikontrol secara teratur oleh seorang yang memiliki keahlian dan rasa tanggung jawab. Seorang ahli yang berpengalaman luas, yang melakukan pengontrolan sepanjang dan di bawah begisting, dapat menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan dan biaya untuk penanganan ulang.

Berikut ini kita lihat faktort-faktor yang perlu kita perhatikan sewaktu berlangsungnya pengecoran beton: perubahan bentuk secara abnormal, bergesernya sambungan-sambungan secara berlebihan, tertekannya letakan-letakan atau gejala-gejala lain yang mengisyaratkan pemunculan bahaya ambruknya; cara memadatkan coran beton; getaran dan hentakan, yang duisebabkan oleh material yang sedang bergerak; kemungkinan terlepasnya sementara mur dan/atau pasak oleh getaran; dan lain sebagainya.

Pada saat melepaskan bekisting, beban harus dipindahkan secara beraturan dan tanpa hentakan pada konstruksi beton yang bersangkutan. Dalam hal ini tidak dapat dibenarkan penggunaan sebuah linggis dan alat pemotong lainnya yang dapat memberikan gaya tarik yang besar. Alat-alat ini dapat menimbulkan kerusakan pada kulit beton. Apabila terjadi kesulitan, lebih baik kita mempergunakan pasak-pasak lebar dari kayu

One response to “Begisting Struktur Beton

  1. toms shoes 2011revenue Begisting Struktur Beton | Science and Civil Structure Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s