Beton Untuk Rigit Pavement


(Apa mutu dan persyaratan jalan beton yang baik?)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)


Bapak pengasuh Rubrik Keamanan Konstruksi, nama saya Santa Rudin, mahasiswa Teknik Sipil UNISI Tembilahan. Pertanyaan saya adalah: mohon penjelasan waktu pembukaan Begisting coran beton (apakah yang akan terjadi bila sebelum 28 hari mal beton dilepaskan). Mohon jelaskan mutu dan persyaratan pekerjaan beton yang paling cocok untuk pembuatan jalan.

Buat Sdr. Santa Rudin. Berapa lama waktu pembukaan suatu begisting sangat tergantung pada jenis pekerjaan strukturnya, misalnya kolom pada bangunan gedung cukup dua kali 24 jam, tetapi pekerjaan struktur yang tergantung seperti pelat dan balok lantai atas bisa sampai 3-4 minggu. Jadi tidak semua jenis struktur yang harus menunggu sampai dengan waktu 28 hari.

Perkerasan jalan beton semen portland atau sering disebut perkerasan kaku atau juga disebut rigit pavement. Perkerasan beton yang kaku ini memiliki modulus elastisitas yang tinggi, mendistribusikan beban terhadap bidang area yang cukup luas, sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari slab beton sendiri. Faktor yang paling penting diperhatikan dalam perancangan rigit pavement adalah Kekuatan beton itu sendiri.

Adanya keragaman kekuatan dari tanah dasar atau pondasi hanya berpengaruh kecil terhadap kapasitas struktur perkerasannya (tebal pelat beton). Umur Rencana rigid pavement umumnya diambil 20 tahun untuk konstruksi baru. Sedangkan untuk pelebaran jalan dimana struktur perkerasan existing adalah fleksible pavement, umur rencana diambil 10 tahun untuk menyesuaikan umur rencana fleksible pavement-nya (yang umumnya umur rencana fleksible pavement adalah 10 tahun).

Lapisan Perkerasan Beton dapat diklasifikasikan atas 2 tipe Sebagai berikut: 1. Perkerasan beton dengan tulangan dowel dan tie bar. Jika diperlukan untuk kendali retak dapat digunakan wire mesh, penggunaannya independen terhadap adanya tulangan dowel. 2. Pekerasan beton bertulang menerus terdiri dari prosentase besi yang relatif cukup banyak dan tidak ada siar kecuali untuk keperluaan pelaksanaan konstruksi dan beberapa siar muai. Saat ini, tipe perkerasan beton yang populer dan banyak digunakan di Indonesia adalah perkerasan beton semen portland dengan dowel dan tie bar.

Di negara-negara maju sudah banyak mempergunakan tipe perkerasan beton bertulang. Kuat tekan beton fc’ ditetapkan sesuai Spesifikasi pekerjaan (jika ada). Di Indonesia saat ini umumnya digunakan fc’= 350 kg/cm2. Flexural strength (modulus of rupture) ditetapkan sesuai Spesifikasi pekerjaan. Flexural strength saat ini umumnya digunakan Sc’= 45 kg/cm2 = 640 psi***

About these ads

9 responses to “Beton Untuk Rigit Pavement

  1. Salam kenal pak, saya mau tanya apakah bisa untuk perkerasan kaku menggunakan wire mesh sebagai pengganti besi dowel? terima kasih atas jawabannya

  2. Salam Kenal Pak, Saya minta diberikan gambaran konstruk penulangan besi beton dowel. trimakasih untuk jwabanny.

  3. Sdr. Trizno, untuk pelat rigit yang ketebalan sekitar 20-30 cm bisa menggunakan dowel D 19-30 cm, panjang dowei 45 cm, sebelah dicor monolite bersama pelat beton dan sebelahnya lagi dipasang pipa PVC, jadi yang tercor adalah pipa PVC saja.

  4. Sdr. Linda N, Wiremesh tidak dapat menggantikan fungsi dowel. kebnayakan konstruksi rigit pavement menggunakan wiremesh pada slab betonnya dan menggunakan dowel pada area sambungan atau dilatasi.

  5. Salam Kenal Pak, saya mau tanya tentang Flexural strength (modulus of rupture) yang digunakan saat ini saat di Indonesia adalah Sc’= 45 kg/cm2 seperti yang tertulis diatas. Apakah ada acuan atau dasar landasan yg digunakan dalam penentuan nilai tersebut (misal peraturan SNI)?atau berdasarkan hasi pengujian?
    mohon penjelasannya pak, karena bersangkutan tugas kuliah.
    terimakasih banyak.

  6. Sdr Irwanhasanudin. Kuat tarik beton bisa ditentukan berdasarkan pengujian kekuatan silinder (the split silinder), kuat tarik beton lebih bervariasi dibandingkan kuat tekannya, besarnya berkisar 10-15% kuat tekan beton. Kuat tarik dalam lentur yang dikenal sebagai modulus runtuh (modulus of rupture) penting dalam menentukan retak dan lendutan balok. Modulus runtuh fr yang didapat dari Rumus f = Mc/I memberikan nilai kuat tarik yang lebih tinggi daripada harga yang dihasilkan oleh pengujian pembelahan silinder.
    Mengenai apakah ada di SNI atau tidak, suilahkan Anda Bolak balik di SNI nomor berapa atau di code mana.

  7. PAK, PUNYA GAMBAR PENAMPANG MENGENAI DELATASI? KARNA SY MASIH BINGUNG PENGAPLIKASIAN DELATASI PADA RIGID PAVEMENT???? KARNA DLM PERENC. SY BETON MENERUS DG TULANGAN PNJNG = 100 METER, TRIMS

  8. Sdr Dedy, gambar di artikel atas adalah gambar delatasi rigit pavement.

  9. sy ada mrencanakan jalan masuk tempat parkir dg rabat beton tebal 15 cm panjang 120 meter pakek besi 12 jarak 45… jika tidak menggunakn delatasi apakah tidak bermasalah??? mhon pncerahan… trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s