Jenis Mixer/Molen


(Lama Pencampuran Beton 1,5 s/d 2 Menit)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

Pertanyaan:  Buat orang yang bergerak di bidang bangunan tentu sudah akrab dengan concrete mixer atau dikenal dengan istilah “Molen”. Mohon dijelaskan ada berapa jenis molen, bagaimana cara kerjanya, dan berapa lama pengadukan yang harus dilakukan? Apakah lama pengadukan bisa mempengaruhi mutu coran?

Jawaban: Pencampuran atau pengadukan coran harus dilakukan cukup lama untuk mendapatkan campuran seragam. Waktu campuran tergantung jenis pengaduk. Lama pencampuran dapat berkisar dari 30 detik untuk jenis pan-type dan reversing drum, sampai sekitar 3 menit untuk pengadukan free-fall. PBI 89 mensyaratkan minimal 1,5 menit. Untuk drum yang berputar dengan kapasitas sebesar 1 m3, waktu pencampuran yang dibutuhkan adalah 1,5 sampai 2 menit setelah semua material masuk. Untuk jenis pan mixers, karena adanya gaya untuk pencampuran, 30 sampai 45 detik sudah cukup.

Drum-type mixer mempunyai kombinasi bilah (blade) dan bentuk drum yang memungkinkan pertukaran material dari ujung ke ujung sejajar sumbu rotasi maupun gerakan menyebar. Jenis counter-current, bilah berputar berlawanan arah jarum jam. Berfungsi lebih baik dan lebih mudah mengawasi dan menyesuaikan takaran untuk koreksi kelecakan.

Campuran tidak boleh melebihi kapasitas pengaduk karena akan menghasilkan campuran yang tidak merata. Mixer harus dioperasikan pada kurang lebih kecepatan yang direncanakan. Bila ingin menambah kapasitas pengecoran maka harus memakai mixer yang lebih besar atau menggunakan mixer tambahan, daripada mempercepat atau memberi beban terlalu banyak pada alat yang ada. Jika beton tercampur baik, contoh diambil dari tempat yang berbeda harus mempunyai berat satuan, kandungan udara, slump atau kadar agregat kasar yang sama. Perbedaan maksimum yang diizinkan dalam hasil tes dalam satu kali pengecoran (bath) ditentukan dalam ASTM C94.

Bila waktu pengadukan kurang lama akan berakibat campuran tidak menyatu (belum seragam). Sebaliknya apakah ada pengeruhnya kalau terlalu lama pengcampurannya? Secara umum tidak bermasalah, hanya saja konsistensinya dapat menurun. Jika dipakai bahan kimia entrainment, kadar udaranya akan berkurang bila waktu pencampuran terlalu lama.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s