Baja Tulangan


(Apakah Boleh Ditukar Diameternya?)


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

Pertanyaan:

Kepada Bp. Pengasuh Rubrik. Setahu kita baja tulangan yang digunakan untuk bangunan sipil banyak ragamnya, juga mutunya. Mohon dijelaskan jenis-jenis dan mutu baja tulangan dan pemeriksaan apa yang perl;u dilakukan berkaitan dengan mutu tersebut. Kemudian bagaimana dengan pemyimpanan dan perawatannya. Terakhir, apa bila diameter tulangan sesuai dengan gambar desain sulit didapatkan, bolehkah ditukar dengan diameter tulangan ukuran lain?(Dari Yudi Sabri, Mahasiswa Teknik Sipil STTP Pekanbaru)

Sdr. Yudi Sabri. Setiap jenis baja tulangan yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik baja yang terkenal dapat dipakai. Pada umumnya setiap pabrik baja mempunyai standar mutu dan jenis baja, sesuai dengan yang berlaku di negara yang bersangkutan. Namun demikian, pada umumnya baja tulangan yang terdapat di pasaran Indonesia dapat dibagi dalam mutu-mutu.

Mutu baja tulangan diberi kode “ U”, mulai dari U-22 dan U-24 yang dikenal dengan baja lunak. U-32 dikenal dengan baja sedang, sedangkan U-39 dan U-48 dikenal dengan baja keras. Pemberian nama U, adalah mengambarkan nilai tetangan lelehnya. Misalnya U-24 mempunyai tengan leleha 2.400 kg/cm2.

Baja tulangan dengan mutu yang diragukan harus diperiksa di lembaga pemeriksaan bahan-bahan yang diakui. Lembaga tersebut selanjutnya akan memberikan pertimbangan-pertimbangan dan petunjuk-petunjuk dalam penggunaan jenis baja tersebut.

Batang tulangan menurut bentuknya dibagi dalam batang polos dan batang yang diprofilkan. Yang dimaksud dengan batang polos adalah batang prismatis berpenampang bulat, persegi, lonjong, dan lain-lain, dengan prmukaan licin. Yang dimaksud dengan batang yang diprofilkan adalah batang primatis atau dipuntir yang permukaannya diberi rusuk-rususk yang terpasang tegak lurus atau miring terhadap sumbu batang, dengan jarak antara rusuk-rususk tidak lebih dari 0,7 kali diameter pengenalnya. Apabila tidak ada data yang mengyakinkan (misalnya keterangan dari pabriknya atau hasil-hasil pemeriksaan laboratorium), maka batang yang diprofilkan dengan jarak rusuk yang tidak memenuhi syarat di atas atau batang yang dipuntir dengan penampang persegi, lonjong, atau berbentuk salib yang permukaannya bertakik, harus dianggap sebagai batang polos.

Batang-batang tulangan harus disimpan dengan tidak menyentuh tanah. Batang-batang tulangan dari berbagai-bagai jenis baja harus diberi tanda-tanda yang jelas dan ditimbun terpisah jenis yang satu dari jenis yang lainnya, sehingga tidak mungkin saling tertukar. Penimbunan batang-batang tulangan di udara terbuka untuk jangka waktu yang panjang harus dicegah. Kawat ikat harus terbuat dari baja lunak dengan diameter minimum 1 mm yang telah dipijarkan terlebih dahulu dan tidak bersepuh seng.

Jika kontraktor tidak berhasil mendapatkan diameter besi yang sesuai dengan yang ditetapkan dalam gambar, maka dapat dilakukan penukaran diameter besi dengan diameter yang terdekat dengan catatan : Harus ada persetujuan tertulis dari pengawas;  Jumlah besi persatuan panjang atau jumlah besi di tempat tersebut tidak boleh kurang dari tertera dalam gambar (dalam hal ini yang dimaksudkan adalah jumlah luas) dan mutu tulangan sama. Penggantian tersebut tidak boleh mengakibatkan keruwetan pembesian di tempat tersebut dan di daerah overlapping yang dapat menyulitkan penggetaran adukan beton. Dengan penggantian tersebut ada pekerjaan tambah yang terjadi dan semua akibat lainnya menjadi tanggungan kontraktor.

About these ads

21 responses to “Baja Tulangan

  1. Kepada Bp. Pengasuh Rubrik. Didaerah saya merupakan daerah pesisir pantai yang mana dalam pembangunan suatu bangunan beton agak sulit untuk mendapatkan pasir sungai sehingga kebanyakan masyarakat menggunakan pasir laut.Yang ingin saya tanyakan apakah diperbolehkan menggunakan pasir laut untuk bangunan beton walaupun pasir laut td sudah di cuci berkali-kali.trima kasih

  2. Sdr Ary Mardani. Apabila karakteristik butiran pasir laut distabilisasi (diatasi dengan suatu cara atau metode) serta kandungan garam-garamannya direduksi atau apabila pasir laut memiliki karakteristik butiran yang kasar dengan gradasi yang bervariasi serta memiliki kandungan garam-garaman yang tidak melebihi batas yang ditetapkan, maka pasir laut dapat digunakan sebagai komponen struktural beton dan menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi keterbatasan material agregat halus di quarry (tempat penambangan) lain.

  3. Salam kenal pak.
    Saya Diwan. Mau bertanya sedikit ttg kontruksi bangunan.
    Untuk Ruko yg berukuran lebar 7 meter, berapa ukuran balok/tiang yg dibutuhkan? (Tiang vertikal dengan tinggi ruko 4 meter dan tiang horizontal dgn lebar ruko 7 meter).
    Dan baja tulangan dengan diameter berapa yg dibutuhkan?
    Dan berapa banyak tiang pancang yg dibutuhkan untuk setiap tiang vertikal tersebut? Jarak antar tiang dari depan sampai belakang adalah kelipatan 4 meter.
    Ok trima kasih.

  4. Maaf Sdr. Diwan, saya kira tidak bisa se-simple itu langsung menjawab pertanyaan sdr tentang berapa jumlah tiang, berapa dimensi kolom dan balok dan berapa jumlah tulangan besi yang digunakan. Karena (1) penempatan tiang tergantung kepada fungsi ruangan yang diinginkan, (2) besarnya dimensi balok dan kolom sangat tergantung pada jarak kolom atau bentang balok, (3) jumlah tulangan tergantung hasil analisis strukturnya, terimakasih.

  5. Salam kenal Bapak
    Saya ingin bertanya mengenai baja tulangan. untuk perencanaan beton bertulang, banyak yang menggunakan istilah fy. Mohon dijelaskan apakah fy itu. dan apa saja klasifikasi mutu baja tulangan dengan menggunakan istilah fy tersebut. trima kasih

  6. Sdr Marwan, fy adalah simbol untuk mutu baja dalam SKSNI, dalam PBI-71 kita kenal dengan ‘U’ dan dalam baja profil kita kenal dengan ‘Fe’ tau St. Mutu baja ini yang sering digunakan adalah: fy 240 MPa, fy 320, fy 390 dan fy 400, trims

  7. Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pak Rony
    Saya ingin bertanya, tahun 2000 saya membangun toko ukuran 5×7 m, tahun depan berencana melakukan perluasan toko kebelakang lantai dua dengan ukuran 7×12,5m. Lantai satu untuk perluasan toko, lantai dua untuk tempat tinggal, atap cor saya pakai untuk Greend House. Rencana ada 10 tiang penyangga dipinggir/ tembok. Besi ukuran berapa yang saya pakai untuk balok pancang lebar 7m, tiang, dan lantai dua serta atap? berapa lebar cakar ayam, tiang, dan baloknya? berapa isi besi tulang pada masing2 tiang dan balok? tanah stabil/ tidak gerak. terima kasih jawabannya.

  8. Waalaikumussalam sdr Abdul Kalim, sebaiknya Anda cari konstruktur yang berdekatan dengan Anda, karena bangunan Anda adalah bangunan struktural yang punya bentang cukup besar dan jangan lupa melakukan soil investigation untuk menentukan jenis pondasinya.

  9. itto samulano

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pak Rony
    Saya masih bingung dengan mutu baja U terhadap ukuran tulangan, apakah ada tabel mutu baja terhadap ukuran tulangan?? misalnya tulangan diameter 10 mutu bajanya U-24, sedangkan tulangan diameter 16 mtu bajanya U-32… makasih

  10. aslmkm..
    pak pengasuh yang terhormat.
    bila kita membeli besi tulangan ditoko, bagaimana ciri2 fisiknya bahwa tulangan yang kita beli itu bagus. (bukan dari ukurannya)

  11. Pak, saya mau tanya.. BjTS 22 itu biasanya digunakan untuk struktur seperti apa Pak?

  12. selamat pagi pak….saya mau tanya…kalo untuk kabel baja dia tidak mempunyai titik leleh yang jelas…memiliki kuat tarik ultimit yng lebih tinggi dari baja tulangan biasa…tetapi nilai regangannya tidak begitu besar apakah kabel baja tersebut bisa dikategorika getas dgn argumen yang seperti tadi ato ada argumen lain? oya ada lagi jika dalam pengujian ternyata tulangan baja harga E nya kurang dr 200000 MPa..apa sajahkah penyebabnya? apakah ada standar untuk baja tulangan polos kisaran Fy nya tiapa diameter? mohon bantuannya pak…
    terimakasih

  13. Pagi pak, saya seorang arsitek yang ingin menanyakan apabila ada sebuah proyek gedung kantor 2 lantai dibangun dengan bentang jarak antar kolom 6 meter, ukuran kolom 40 x 40cm dengan jumlah besi tulangan 4 besi 16 polos dan 8 besi diameter 12 polos, apakah sudah mampu memikul beban dinding bata ringan dan partisi gypsum, atap galvalume rangka baja ringan. Pertanyaan kedua, apakah penambahan kekuatan beton (misal K225 ditingkatkan menjadi K350)
    berpengaruh terhadap kekuatan kolom dibanding penambahan jumlah besi dalam kolom?

    Demikian pak pertanyaan saya, mohon petunjuk. Terima kasih sebelumnya.

  14. Assalamualaikum,..
    Mo nanya Pak, baja tulangan polos SNI (dia < 13mm) dan D13 ulir itu masing2 mutu u nya berapa mpa pak ?

  15. Waalaikumussalam sdr Dino, baja polos pada umumnya bermutu U-24, dan baja Ulir pada umumnya U-32 s/d U-39. Untuk memastikan mutu-mutu baja tersebut Anda bisa minta certificat uji baja dari distributornya.

  16. ass pak….
    sy mw tanya…berapah batas jarak antar kolom sehingga faktor dinamik yg terjadi pada pelat beton bs di reduksi?
    pertnyaan yg lain pak yg msh berkaitan..,klw punya banguan berlantai 2 atw lebih…,dengan jarak antar kolom 5 meter..,apakh harus menggunakan balok anak ataw tdk??ada persyratan utk itu pak?
    jika saya memiliki lebar pelat Ly = 5 m dan Lx = 4..,apa perlu dipakaikan balok anak?kondisi kedua klw pelat saya Ly = 5 dan Lx = 3 atw kurang apakh perlua balok anak?
    apakh cukup dengan penulangan searah klw rasio lebih dari 2 atw adakh syrat lain..,
    mksh pak…d tunggu jwabannya

  17. Walaikumussalam Sdr Gun. Bila pelat lantai Anda 5 x 4 meter dihitung dengan beban hidup standar kantor, tebal pelat lantai 12 cm, pembesian berkisar dia 10-15 untuk tulangan tarik, itu sudah cukup. akan tetapi bila yang anda inginkan pelat lanati lebih tipis atau pembesian lebih kecil, Anda harus memperkecil bentang dengan cara menambah balok anak. Atau kasus tersebut di atas, bila Anda ingin memperbesar bentang, maka Anda harus menambah balok anak juga, trims. Semoga bermanfaat.

  18. trima ksih pak ronyardiansyah…
    jadi klw bentang 5 m..,sdh cukup tanpa menggunkan balok anak ya pak dgn ksus bebanstandar kantor…
    untuk batsannya ada gak pak?
    seumpanya untuk bentang >5 m..,saya memperbesr tebal pelat dan diamter tulanagn..,apaka balok anak bisa tdk dgunakan???
    beraph dimens plat..lebar dan panjang yang maksimum?

  19. mat malam bp saya buat balok dengan bentangan jarak 6 meter brp besar kolom yg musti harus sy buat dan dgn besi ukuran brp berikut ciincinnya krn utk cakar ayam sdh sy gunakan besi 10 ” dan terimakasih

  20. Sdr Bambang, pembesian dan dimensi kolom sangat ditentukan oleh beban aksial dan momen yang bekerja pada kolom itu sendiri. Harusnya Anda memberikan data-data yang berkaitan dengan itu seperti, bentang balok tidak hanya satu arah, jumlah tingkat atau lantai, atau ada beban apa saja, atap dari dag atau bukan. struktur beton bertulang atau baja (steel structure) dsb.
    Untuk masalah Pondasi Anda harus menjelaskan terlebih dahulu kondisi tanah dasarnya, trims

  21. toms shoes 2012 Baja Tulangan | Science and Civil Structure Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s