Baily Jembatan Temporary


oleh : Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U

Nama ”Baily” mulai hangat dibicarakan sebagai alternatif, jembatan temporary yang  digunakan pada jalan lintas barat Riau-Sumbar yang putus akibat longsor di KM 77 Desa Merangin, Bangkinang Barat. Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) Kodam Bukit Barisan, Payakumbuh pun disibukkan dengan memasang dan merangkai bagian-bagian jembatan yang terbuat dari pelat baja. Seperti apa yang diberitakan di media massa, jembatan ini dipersiapkan hanya diperbolehkan untuk mobil bertonase 8 ton. Jembatan dengan panjang 40 meter dan lebar 45 meter ini akan dipergunakan selama dua hingga tiga bulan, yang katanya disewa Rp. 50 juta perbulan dari Denzipur Kodam Bukit Barisan Payakumbuh.

Jembatan Bailey akan efektif dipergunakan sebagai jembatan sementara (temporary), apabila terjadi  longsor  atau jembatan  ambruk,  sementara jalan alternatif  lain tidak ada atau sulit ditempuh, maka semua kegiatan di atas akan terganggu bahkan bisa berhenti, untuk membangun jembatan atau jalan baru waktunya sangat lama. Maka Jembatan Bailey yang pemasangannya cepat, kuat dan mampu menampung beban lalu lintas walaupun sifatnya  sementara sambil menunggu jembatan atau jalan baru  selesai dibangun. Setelah adanya jalan atau jembatan baru selesai dibangun maka jembatan Bailey bisa dibongkar dan bisa digunakan lagi untuk lokasi yang lain.

Bailey adalah tipe asli dari jembatan panel. Jembatan panel adalah jembatan prepabrikasi yang kecil, mudah dipindahkan, dan sesuai untuk dirakit dengan mudah dan cepat, serta pemasangannya dengan tangan dan/atau crane kecil. Jembatan tersebut berguna terutama ketika diperlukan untuk mengganti jembatan yang rusak karena terbakar, kebanjiran, kecelakaan, tabrakan, kebusukan kayu, atau jalan longsor seperti KM 77 ini dan sebagainya. Kemudian Baily yang kita kenal sekarang merupakan jembatan panel yang dikembangkan pada tahun 1940 dan diciptakan oleh Sir Donald Bailey untuk keperluan militer.

Jembatan Bailey keseluruhannya terdiri dari baja  dengan klasifikasi ASTM A242 dan batas regangannya adalah 50.000 psi. lapisan luarnya dilindungi dengan bahan anti karat yang merupakan bahan campuran antara seng dan silikat. Warna dari jembatan Bailey adalah abu-abu pucat (tidak  mengkilap). Jembatan Bailey dibuat di  Amerika (USA) dan di-supply oleh tentara Amerika dan merupakan salah satu dari perlengkapan tentara Amerika . Standar dari komponen-komponen jembatan Bailey adalah terdiri dari komponen baja yang bisa saling tersambung satu dengan yang lain sehingga bisa dirakit menjadi sebuah struktur jembatan yaitu jembatan Bailey. Jembatan Bailey dirakit dan di install dalam waktu yang singkat dan cepat dengan sedikit tenaga manual dan alat yang sederhana (hand tools). Semua komponen disambungkan denga penjepit, baut dan pengapit.

Filosofi Perencanaan

 Panel-panel membentuk suatu jembatan “through type” sederhana dengan jalan kendaraan tetap didukung oleh dua gelagar utama yang mendukung beban. Gelagar utama terdiri dari sejumlah panel identik dijepit bersama ujung ke ujung dan dihubungkan ditempat yang diperlukan dari sisi ke sisi untuk membentuk gelagar kaku menerus dari kepala jembatan ke kepala jembatan. Unit-unit gelegar tingginya mungkin ditumpuk setinggi dua atau tiga kaki dan/atau tambahan batang tepi (chord) mungkin ditambahkan guna memperbesar bentang dan kapasitas dalam mendukung beban. Gelegar utama dihubungkan dan diberi jarak antara oleh balok melintang yang disebut transom yang juga menyangga baja-baja tambahan pendukung lalu lintas. Sistem lantai jembatan pelat baja atau kayu dapat digunakan tetapi biasanya kayu digunakan untuk konstruksi sementara.

Jembatan Bailey dapat juga digunakan secara vertical untuk membentuk pilar dan menara. Konfigurasi jembatan dijelaskan dengan menyebut banyaknya unit-unit rangka atau baris-barisnya, dan lantai atau tingkat-tingkat.  Ini mungkin berkisar antara satu baris/ satu tingkat (single truss single storey ) sampai tiga baris / tiga tingkat (triple truss triple storey). Penamaannya mengikuti bentuk ini dengan huruf pertama menunjukkan pada jumlah panel samping ke samping dan huruf kedua menunjukkan mengenai jumlah tingkatan. Suatu struktur dari lebar panel tunggal dan satu tingkat ditulis “S.S”, sedangkan untuk lebar tiga panel dan satu tingkat ditulis “T.S” dan seterusnya.

Ukuran jembatan Bailey yang asli panelnya adalah 3,048 meter panjangnya dan tingginya 1,448 meter. Untuk digunakan pada lalu lintas,  panjang bentang jembatan Bailey berkisar antar 50 ft sampai 190 ft. Jarak antara rangka yang berlawanan dapat bervariasi antara 3,75 sampai 11,75 meter . Beberapa system melengkapi jalur untuk para pejalan kaki yang ditempatkan pada sisi luar jembatan.

 

Metoda Konstruksi

Penataan (Lay out) lapangan terutama tergantung pada disain jembatan, kondisi lapangan dan elevasi yang bersangkutan di kedua sisi jurang / lembah. Peluncuran lebih sederhana dari tepi sungai yang lebih tinggi ke tepi yang lebih rendah, perlu meninggikan elevasi rol pada elevasi yang lebih rendah. Pada kondisi lapangan yang datar, sisi yang lebih mudah dapat dipilih. Diperlukan suatu daerah dengan lebar  15 meter mengarah ke belakang dari tepi jurang pada suatu jarak  yang sama dengan panjangnya bentang terpanjang.

Jembatan Bailey dirancang untuk dipasang hanya menggunakan alat dan perlengkapan yang sederhana. Sebuah tempat alat berisikan dongkrak, kunci penguat (spanners) dan sebagainya selalu diikutkan  pada komponen. Metoda yang biasa untuk pemasangan jembatan Bailey adalah membangun jembatan lengkap di atas rol-rol pada satu sisi oprit  dengan suatu hidung peluncur (dibuat dari komponen standar) ditempelkan pada ujung akhir jembatan. Jembatan kemudian didorong maju diatas jurang/sungai sampai titik keseimbangan jembatan (dengan hidung peluncur) tercapai. Hidung kemudian diteruskan sampai berada di atas rol-rol pendarat seluruh jembatan  pada sisi yang lainnya.

Bila hidung telah diturunkan di atas rol-rol pendarat, seluruh jembatan didorong maju sampai ujung jembatan di atas posisi pelat dasar (base plate) yang telah disiapkan. Kemudian hidung peluncur dapat melepaskan rol-rol. Jembatan dapat diluncurkan dalam kondisi sudah lengkap dengan lantai di tempat atau umumnya lantai kayu ditambahkan setelah pemasangan. Setelah jembatan diturunkan, lantai miring (ramps) dipasang pada masing-masing ujung jembatan untuk melengkapi konstruksi.

Metoda pelaksanaan yang biasa tidak selalu dapat digunakan dengan sempurna. Metoda pelaksanaan yang lain dapat digunakan bilamana peralatan angkat berat yang sesuai tersedia. Bilamana jembatan Bailey digunakan untuk mendukung bentang jembatan yang sedang diperbaiki, digunakan disain khusus dengan atau tanpa gelagar melintang (transom) dan lantai (decking).***

<!–[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 <![endif]–><!–[if gte mso 9]> <![endif]–><!–[if !mso]> <! st1\:*{behavior:url(#ieooui) } –> <!–[endif]–> <!–[endif]–>

Nama ”Baily” mulai hangat dibicarakan sebagai alternatif, jembatan temporary yang  digunakan pada jalan lintas barat Riau-Sumbar yang putus akibat longsor di KM 77 Desa Merangin, Bangkinang Barat. Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) Kodam Bukit Barisan, Payakumbuh pun disibukkan dengan memasang dan merangkai bagian-bagian jembatan yang terbuat dari pelat baja. Seperti apa yang diberitakan di media massa, jembatan ini dipersiapkan hanya diperbolehkan untuk mobil bertonase 8 ton. Jembatan dengan panjang 40 meter dan lebar 45 meter ini akan dipergunakan selama dua hingga tiga bulan, yang katanya disewa Rp. 50 juta perbulan dari Denzipur Kodam Bukit Barisan Payakumbuh.

Jembatan Bailey akan efektif dipergunakan sebagai jembatan sementara (temporary), apabila terjadi  longsor  atau jembatan  ambruk,  sementara jalan alternatif  lain tidak ada atau sulit ditempuh, maka semua kegiatan di atas akan terganggu bahkan bisa berhenti, untuk membangun jembatan atau jalan baru waktunya sangat lama. Maka Jembatan Bailey yang pemasangannya cepat, kuat dan mampu menampung beban lalu lintas walaupun sifatnya  sementara sambil menunggu jembatan atau jalan baru  selesai dibangun. Setelah adanya jalan atau jembatan baru selesai dibangun maka jembatan Bailey bisa dibongkar dan bisa digunakan lagi untuk lokasi yang lain.

Bailey adalah tipe asli dari jembatan panel. Jembatan panel adalah jembatan prepabrikasi yang kecil, mudah dipindahkan, dan sesuai untuk dirakit dengan mudah dan cepat, serta pemasangannya dengan tangan dan/atau crane kecil. Jembatan tersebut berguna terutama ketika diperlukan untuk mengganti jembatan yang rusak karena terbakar, kebanjiran, kecelakaan, tabrakan, kebusukan kayu, atau jalan longsor seperti KM 77 ini dan sebagainya. Kemudian Baily yang kita kenal sekarang merupakan jembatan panel yang dikembangkan pada tahun 1940 dan diciptakan oleh Sir Donald Bailey untuk keperluan militer.

Jembatan Bailey keseluruhannya terdiri dari baja  dengan klasifikasi ASTM A242 dan batas regangannya adalah 50.000 psi. lapisan luarnya dilindungi dengan bahan anti karat yang merupakan bahan campuran antara seng dan silikat. Warna dari jembatan Bailey adalah abu-abu pucat (tidak  mengkilap). Jembatan Bailey dibuat di  Amerika (USA) dan di-supply oleh tentara Amerika dan merupakan salah satu dari perlengkapan tentara Amerika . Standar dari komponen-komponen jembatan Bailey adalah terdiri dari komponen baja yang bisa saling tersambung satu dengan yang lain sehingga bisa dirakit menjadi sebuah struktur jembatan yaitu jembatan Bailey. Jembatan Bailey dirakit dan di install dalam waktu yang singkat dan cepat dengan sedikit tenaga manual dan alat yang sederhana (hand tools). Semua komponen disambungkan denga penjepit, baut dan pengapit.

Filosofi Perencanaan

 Panel-panel membentuk suatu jembatan “through type” sederhana dengan jalan kendaraan tetap didukung oleh dua gelagar utama yang mendukung beban. Gelagar utama terdiri dari sejumlah panel identik dijepit bersama ujung ke ujung dan dihubungkan ditempat yang diperlukan dari sisi ke sisi untuk membentuk gelagar kaku menerus dari kepala jembatan ke kepala jembatan. Unit-unit gelegar tingginya mungkin ditumpuk setinggi dua atau tiga kaki dan/atau tambahan batang tepi (chord) mungkin ditambahkan guna memperbesar bentang dan kapasitas dalam mendukung beban. Gelegar utama dihubungkan dan diberi jarak antara oleh balok melintang yang disebut transom yang juga menyangga baja-baja tambahan pendukung lalu lintas. Sistem lantai jembatan pelat baja atau kayu dapat digunakan tetapi biasanya kayu digunakan untuk konstruksi sementara.

Jembatan Bailey dapat juga digunakan secara vertical untuk membentuk pilar dan menara. Konfigurasi jembatan dijelaskan dengan menyebut banyaknya unit-unit rangka atau baris-barisnya, dan lantai atau tingkat-tingkat.  Ini mungkin berkisar antara satu baris/ satu tingkat (single truss single storey ) sampai tiga baris / tiga tingkat (triple truss triple storey). Penamaannya mengikuti bentuk ini dengan huruf pertama menunjukkan pada jumlah panel samping ke samping dan huruf kedua menunjukkan mengenai jumlah tingkatan. Suatu struktur dari lebar panel tunggal dan satu tingkat ditulis “S.S”, sedangkan untuk lebar tiga panel dan satu tingkat ditulis “T.S” dan seterusnya.

Ukuran jembatan Bailey yang asli panelnya adalah 3,048 meter panjangnya dan tingginya 1,448 meter. Untuk digunakan pada lalu lintas,  panjang bentang jembatan Bailey berkisar antar 50 ft sampai 190 ft. Jarak antara rangka yang berlawanan dapat bervariasi antara 3,75 sampai 11,75 meter . Beberapa system melengkapi jalur untuk para pejalan kaki yang ditempatkan pada sisi luar jembatan.

Metoda Konstruksi

Penataan (Lay out) lapangan terutama tergantung pada disain jembatan, kondisi lapangan dan elevasi yang bersangkutan di kedua sisi jurang / lembah. Peluncuran lebih sederhana dari tepi sungai yang lebih tinggi ke tepi yang lebih rendah, perlu meninggikan elevasi rol pada elevasi yang lebih rendah. Pada kondisi lapangan yang datar, sisi yang lebih mudah dapat dipilih. Diperlukan suatu daerah dengan lebar  15 meter mengarah ke belakang dari tepi jurang pada suatu jarak  yang sama dengan panjangnya bentang terpanjang.

Jembatan Bailey dirancang untuk dipasang hanya menggunakan alat dan perlengkapan yang sederhana. Sebuah tempat alat berisikan dongkrak, kunci penguat (spanners) dan sebagainya selalu diikutkan  pada komponen. Metoda yang biasa untuk pemasangan jembatan Bailey adalah membangun jembatan lengkap di atas rol-rol pada satu sisi oprit  dengan suatu hidung peluncur (dibuat dari komponen standar) ditempelkan pada ujung akhir jembatan. Jembatan kemudian didorong maju diatas jurang/sungai sampai titik keseimbangan jembatan (dengan hidung peluncur) tercapai. Hidung kemudian diteruskan sampai berada di atas rol-rol pendarat seluruh jembatan  pada sisi yang lainnya.

Bila hidung telah diturunkan di atas rol-rol pendarat, seluruh jembatan didorong maju sampai ujung jembatan di atas posisi pelat dasar (base plate) yang telah disiapkan. Kemudian hidung peluncur dapat melepaskan rol-rol. Jembatan dapat diluncurkan dalam kondisi sudah lengkap dengan lantai di tempat atau umumnya lantai kayu ditambahkan setelah pemasangan. Setelah jembatan diturunkan, lantai miring (ramps) dipasang pada masing-masing ujung jembatan untuk melengkapi konstruksi.

Metoda pelaksanaan yang biasa tidak selalu dapat digunakan dengan sempurna. Metoda pelaksanaan yang lain dapat digunakan bilamana peralatan angkat berat yang sesuai tersedia. Bilamana jembatan Bailey digunakan untuk mendukung bentang jembatan yang sedang diperbaiki, digunakan disain khusus dengan atau tanpa gelagar melintang (transom) dan lantai (decking).***

One response to “Baily Jembatan Temporary

  1. Jembatan Bailey itu aslinya berasal dari Inggris. dikembangkan oleh Sir Donald Bailey seorang Civil engineer, dipergunakan pertama kali pada masa perang dunia kedua. Saat ini bisnis jembatan Bailey diteruskan dan dikembangakan oleh Mr Bevil Mabey, dengan brand Mabey bridge.
    Saat ini Mabey Bridge memiliki distributor Office di Jakarta. Jika ingin lebih mengetahui tentang Produk Jembatan bailey, silahkan hubungi kami di 021-3908468 atau 08118602622 ( Agung )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s