Standard Penetration Test (SPT)


(Cara Pengujian SPT yang Baik)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

 

             Pertanyaan: Kepada yang terhormat Pengasuh Rubrik. Dalam mendesain pondasi suatu bangunan Sipil, tidak terlepas dari penyelidikan tanah. Salah satu metode penyelidikan adalah dengan alat uji SPT. Apa tujuan pengujian dengan alat uji SPT, alat-alat apa yang digunakan, dan bagaimana cara pengujian alat uji SPT yang baik?  

Jawab:

Tujuan percobaan Alat dinamis (uji SPT)yang berasal dari Amerika Serikat adalah: Untuk mengetahui kedalaman lapisan tanah keras serta sifat daya dukung setiap kedalaman.

            Cara kerja alat uji SPT ini: Membuat lubang bor hingga ke kedalaman uji SPT akan dilakukan. Suatu alat yang dinamakan ”standard split-barrel spoon sampler” dimasukan ke dalam tanah pada dasar lubang bor dengan memakai suatu beban penumbuk (drive weight) seberat 140 pound (63,5kg) yang dijatuhkan pada ketinggian 30 in (762 cm). Setelah split spoon ini dimasukkan 6 in (15 cm) jumlah pukulan ditentukan untuk memasukkannya 12 in (30 cm) berikutnya. Jumlah pukulan ini disebut nilai N (N number or N value) dengan satuan pukulan per kaki (blows per foot). Pemboran menunjukan “penolakan” dan pengujian diberhentikan apabila ; diperlukan 50 kali pukulan untuk setiap pertambahan 150 mm, atau telah mencapai 100 kali pukulan, atau 10 pukulan berturut-turut tidak menunjukan kemajuan.

             Setelah percobaan selesai, split spoon dikeluarkan dari lubang bor dan dibuka untuk mengambil contoh tanah yang tertahan didalamnya. Contoh ini dapat dipakai untuk percobaan klasifikasi semacam batas Atterberg dan ukuran butir, tetapi kurang sesuai untuk percobaan lain karena diameter terlampau kecil dan tidak dapat dianggap sungguh-sungguh asli. ***

About these ads

15 responses to “Standard Penetration Test (SPT)

  1. saya mau tanya satuan dari N dari qc (data sondir)

  2. Sdr. Endhik. Nilai “N” adalah dari alat SPT sedangkan Qc adalah dari alat sondir. Konversinya secara umum yakni: Qc = 2,5 N untuk tanah lempung dan Qc = 4 N untuk tanah Pasir, trims.

  3. Salam Kenal Pak Roni,
    Perkenalkan saya seorang Engineer di Perawang, mohon infonya
    tentang kontractor yang biasa melakukan pekerjaan Sondir & Analisa Tanah untuk keperluan Pondasi Tangki

    Thanks
    P.ButarButar

  4. Bp. Parningotan, Bapak bisa hubungan Sdr. Yudi Hp. 0813 65798218

  5. Dear Pak Roni ,
    Thanks pak atas infonya.
    Sekalian pak saya mau tanya sedikit perihal sondir tanah gambut yang di perawang.Menurut pengalaman bapak seharusnya berapa banyak titik sondir yang diperlukan agar hasilnya lebih akurat ? apakah pada tanah gambut di perawang sudah ditemukan tanah keras pada kedalaman 20 meter ?

    Regards
    P.ButarButar

  6. Saya mau tanya pak.. biaya untuk sewa alat SPT sekitar berapa ya pak..?

  7. Pak Mardi Marwandi, Bapak bisa hubungan Sdr. Yudi Hp. 0813 65798218

  8. pak roni, apa test yang cocok untuk soil investigasi pada tanah gambut

    tks.
    m.budi

  9. Sdr. Mashari Budi, Gambut adalah jenis tanh yang sangat jelek digunakan sebagai tanah dasar pendukung suatu struktur bangunan. Saya kira dengan mengambil sample tanah dan dites berbagai properetisnya di laboratorium mekanika tanah adalah cara yang lebih tepat untuk mengetahu karakter gambut itu sendiri.

    • pak roni.
      Untuk test SPT pada tanah yang berpasir, ( Non Plastis ) bagaimana cara atau metoda nya supaya sampel DS yang di dalam split barel bisa terambil. karna split barel ujung nya memakai konus terbuka.
      terima kasih

      m.budi

  10. Sdr. Mashari, umntuk mengambil sampel Anda dapat menganti split barel dengan jenis tabung yang cocok untuk mengambil sampel pasir.

  11. Selamat Sore Pak Roni, saya mau tanya. Korelasi parameter tanah menggunakan data NSPT bagaimana ya pak? Ada tidak buku atau manual tentang rumus-rumus mengenai korelasi tersebut? kemudian apabila SPT N value nya menggunakan satuan berbeda misal blows/ft itu sama tidak dengan blows/cm atau blows/mm? apa perlu dikonversi? trims

  12. dr. Khoirun Nisa.Korelasi nilai Nspt dengan nilai qc dari berbagai referensi lebih kurang adalah seperti artikel dan pembahasan sebelumnya. Yang dimaksud dengan nilai N spt adalah jumlah pukulan/blow per 12 in/ 1 ft atau blow/30,5 cm.

  13. Pak roni,
    bagaimana solusi nya apa bila beton K – 225 ready mix tidak tercapai slump yg di inginkan, tetapi beton tersebut tetap harus di pakai, bagaimana perhitungan nya apabila semen ready mix tesebut di tambah dengan material yg ada d lapangan, lalu penghitungan komposisi beton nya bagaimana pak ?

  14. Sdr Mashari Budi. Yang Anda maksud dengan slump tidak tercapai, slump kekecilan atau kebesaran. Bila slump rendah/kecil dan sulit untuk pelaksanaan pekerjaan (workabilitas), maka yang harus ditambah adalah air semennya (air + semen) agar dapat mempertahankan Faktor Air Semennya (FAS), supaya mutu beton tidak jatuh dan mudah untuk pelaksanaan kerjanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s