Konstruksi Kolam Renang


(Beban Fluida harus dikalikan dengan 1,2)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

 

 Pertanyaan:

 Asalamualaikum salam wr wb pak Rony. Saya ingin membangun garasi mobil dengan dak cor ukuran 6X8 dan rencananya, diatas dak tersebut akan saya buat kolam renang mini ukuran 3x6x1,2 m (memanjang). kira2 dak seperti apa yang mampu menahan beban diatasnya. rencana dinding kolam akan saya cor juga. terimakasih atas jawabannya. wassalam

 

Jawab:

Waalaimualaikum wr.wb Pak Yudi. Struktur kolom renang si atas portal beton termasuk struktur dengan beban konstruksi berat. Disamping berat sendiri balok dan pelat (tebal pelat dasar kolom renang min. 20 cm) yang beratnya 2,4 ton per m3, berat air harus diperhitungkan sebesar 1 ton per m3 dengan fektor kali 1,2 untuk beban fluida, jadi = 1,2 x 1 x 1,2 = 1,44 ton/m2, serta beban berguna/hidup sebesar 400 kg/m2. Jadi, dimensi balok dan kolom pendukung harus dihitung dengan pasti. Masalah pondasi pun harus kuat terhadap beban yang di transfer oleh kolom, untuk daya dukung pondasi harus diketahui daya dukung tanah dengan penelitian tanah (sondir test).

Prediksi dimensi balok dan kolom untuk dinalisis lebih lanjut kapasitas dan tulangannya, Anda bisa menggunakan balok 30 x 65 cm untuk balok bentang 8 meter, dan balok 25 x 65 cm untuk balok bentang 6 m, serta balok ukuran 30 x 50 cm sebanyak 2 buah yang terletak di balok 30 x 65 cm. Dimensi kolom dipredikai ukuran 40 x 40 cm. Dimensi prediksi ini boleh ditambah atau dikurangi setelah dianalisis dengan pasti. Untuk pondasi tidak dapat diprediksi karena belum diketahui daya dukung tanahnya.

Akan tetapi, bila ukuran kolam renang diperbesar menjadi 6 x 8 meter. Khusus untuk Struktur balok akan menjadi lebih aman (atau tanpa balok), karena dinding kolam renang berupa shearwall akan menggantikan fungsi balok. Hanya beban pondasi akan bertambah ***

34 responses to “Konstruksi Kolam Renang

  1. Setunggil ThokThil

    Ass,Wr,Wb,
    Pak Rony, mohon penjelasan pada kalimat dibawah ini, yang bapak maksudh SHEARWALL apa BEARINGWALL?
    Akan tetapi, bila ukuran kolam renang diperbesar menjadi 6 x 8 meter. Khusus untuk Struktur balok akan menjadi lebih aman (atau tanpa balok), karena dinding kolam renang berupa shearwall akan menggantikan fungsi balok. Hanya beban pondasi akan bertambah ***

    Nuwun

  2. Waalaikumussalam Wr. Wb Sdr. Setunggil Thok Thil. Yang saya maksud adalah Shearwall, atau struktur balok tinggi. Terimakasih.

  3. Soegino Ahmad Wiryono

    Yth Bpk. Ir Rony Ardiansyah, MT.
    Pak Rony, saya bermaksud membuat kolam renang mini indoor untuk olah raga dan hiburan warga setempat, dengan tarip sukarela. Ukuran kolam renang adalah panjang 38 meter x lebar 6,4 meter, dengan perincian sbb: Kolam dalam, ukuran 6,4 x 19 x 1,5 meter. Dilanjut kolam menengah, ukuran 6,4 x 13 x 1,2 meter. Terakhir kolam dangkal, ukuran 6,4 x 6 x 1 meter. Total panjang kolam ada 38 meter.
    Luas lahan seluruhnya ada 1350 m2. Di sekitar kolam renang saya tanami pohon buah-buahan seperti lengkeng, jambu biji merah, jambu air, sawo dll. Yang ingin saya tanyakan adalah : 1. Bagaimana desain konstruksi pemipaan, filter dan pompa untuk sirkulasi dan pengisian kolam. 2. Untuk perawatan kolam, bahan kimia apa saja yang dibutuhkan dan dimana dapat saya peroleh. 3. Apakah air kolam perlu diganti secara periodik, kalau ya, sebaiknya setiap berapa bulan sekali.
    Demikian pertanyaan saya, atas perhatian dan jawaban Bapak, saya ucapkan terima kasih.
    Soegino, alamat Cilacap. Telp. 0282 5263587. HP 081328750682.

  4. Maaf Pak Sugiono Ahmad Wiryono, disiplin ilmu saya adalah teknik sipil. Semoga pertanyaan bapak bisa dijawab oleh pembaca blog ini yang berkecimpumg di pemipaan, perawatan kolam, dan tata cara pergantian air, trims.

    • Kepada yth bapak Sugiyono, untuk kebutuhan pembuatan kolam Renang Bapak itu sudah berkaitan dengan sistem dan juga Mekanikal Elektrical utnuk Detail nya Mohon bapak Click www,budispool.com atau www,kolamrenang.co.id selamat mencoba.

  5. Yth Bpk. Ir Rony Ardiansyah, MT.
    Permisi pak, saya berencana membangun kolam renang dengan luas 30mx10m. Dengan kedalaman 60cm-2m. Akan di bangun di daerah cibubur.
    Yang ingin saya tanyakan, Kira-kira struktur konstruksi apa yg tepat digunakan utk pembangunan kolam ini. Mengingat bahaya gempa yang sering terjadi akhir-akhir ini.
    Selain itu, jika ingin menggunakan jasa teknil sipil kira2 brp bayarannya?

  6. Yth Sdr Jessyca Hadiwidjaya, Konstruksi yang cocok adalah struktur beton bertulang. Ketebalan dinding minimum 20 cm, tulangan maksimum untuk kedalaman 2 meter pergunakan dia 16-10 cm. Ketika mendesain harus terlebih dahulu survey kontur tanah, soil investigation, dsb. Mengenai jasa teknik sipil, maaf saya berada di Pekanbaru-Riau, kayaknya agak kejauhan untuk menghendel masalah ini, Anda cara saja ahli struktur di kota Anda.

  7. selamat malam pak, saya sedang merencanakan kolam renang yg cukup luas. tapi saya sedang bingung dengan perhitungan tulangan dinding kolam renang tersebut. dindingnya ada yg menahan tanah dan ada yang menahan air.
    jadi ada yang di gali ada yg tidak. yg saya bingung dinding tersbut kita modelkan sebagai apa pak? pelat? atau apa? dan cara menghitung tulangan pakai cara pelat ya pak? mohon di bantu pak.. thx

  8. Sdr. Mario. Anda ambil saja Momen dan gaya dalam terbesar yang diakibatkan oleh air atau tekanan aktif tanah. Asumsi 1. Tekanan aktif tanah bekerja sedangkan bak air kosong. 2. Air penuh dengan anggapan tidak ada tekanan pasif tanah, trims.

  9. Pak Rony, terima kasih atas sharing Bapak tentang ilmu teknik sipil di blog ini. Dulu saya memang sekolah di teknik sipil, tapi sudah lama tidak mempraktekkan ilmu secara total di bidang ini. Kebetulan kenalan saya ada yang ingin membangun kolam renang di lahan seluas 6×15 m2, dengan kedalaman 1,5m. Masalah yang dijumpai pada lahan tersebut muka air tanah cukup tinggi. Kira-kira pada kedalaman -0,8m sudah keluar air. Pertanyaan saya:
    1.Apakah konstruksi kolam tetap dapat dibangun di lahan seperti ini?
    2.Jika masih memungkinkan, bagaimana sara Bapak untuk melakukan pekerjaan tersebut secara aman? Dan tentunya juga ekonomis :)
    3.Saat melakukan penggalian tanah sepertinya memungkinkan digunakan alat berat spt. excavator karena sementara ini tidak terkendala pembatas lahan. Pompa air untuk pengeringan juga dapat diusahakan.

    Sebagai informasi tambahan, saya masih ingat cara menghitung konstruksi retaining wall untuk penahan tanah, hanya teknis pelaksanaannya di lapangan yang belum ada pengalaman. Mohon petunjuk dari Pak Rony. Terima kasih sebelumnya Pak.

    Salam…

  10. Sdr. Deny, karena muka air tanah terdapat pada kedalaman 0,8 meter dari top soil. Saran saya, pelat lantai dasar kolom dapat dibangun di elevasi ini, tentunya dinding kolom akan lebih tinggi dari muka tanah sekitar 100 cm, jika tinggi kolom adalah 1,5 meter. Dengan demikian kita dapat menghindari pekerjaan kisdan untuk menghambat air tanah dan sheet pile untuk mencegah longsor ketika menggali kelewat dalam. Kemudian sistem pemompaan untuk sirkulasi tentu akan lebih murah.

  11. purwoko pujiono

    ass wr wb
    bapak,, saya punya peer sedikit. ttg konstruksi kolam yang ada di tempat kerja,, hotel prima labuhan bajo. setelah dinding cor, di profing kemudian di skrit,,, tetapi setelah kering dinding selalu ngeprok,,, sudah diulang sampai 3 kali,,, sudah pake produk paling ngetop diindonesia,, iklanx lho,,,,analisa amatir saya,,, skrit tidak menyatu dgn dinding cor karena ada sekat water prof,,, kira 2 ada ide dan solusi pak,,,,

  12. ass wr wb
    pak rony kalau membuat kolam renang biasany pondasi dan dinding yg digunakan apa ya??..spesifikasi RAB apa aja yg dibutuhkan apa saja??…dan untuk menghidari bocor pada apa yang harus dilakukan??..terima kasih

  13. Pak saya mau tanya ,kami mau merencanakan desain kolam ukuran 10 x 15 dan kedalaman 3 m ,tapi skarang masalahnya disamping kolam sekitar 5 m ada bangunan tangki kapasitas 10000 ton,kami takutnya tekanan tanah aktifnya akan besar akibat bangunan tersebut,Pak kalu ada fail xl conto desain kolam saya bisa dikirimkanpa’ pak ke jemibatta@ymail.com,pak pondasi apa yang cocok untuk kolam tersebut,Terimah kasi untuk Ilmunya Pak.

  14. saya ingin membuat kolam renang sendiri, tidak pakai pemborong. bagaimana konstruksi dasar lapis perlapis untuk dari penggalian tanah sampai cor dan keramik.
    luas kolam 7x3m kedalaman 1,20m muncul kepermukaan tanah 40 cm
    tanah saya luas tapi berbatasan dengan sungai kecil, tapi banyak pohon sonokeling di pinggirnya. Letak disamping rumah. Kolam outdoor. Terimakasih saya tunggu balesan dan penjelasan bapak.

  15. Selamat malam Pak Rony,

    Pak, saya mau bertanya untuk beban yang dikalikan faktor 1.2 itu berdasarkan SNI beton ya pak?
    berarti beban airnya termasuk Dead Load ya pak?

    kenapa perlu ditambahkan Live Load sebesar 400kg/m2 ya pak?
    Apakah dengan anggapan kolam merupakan tempat berkumpul (asumsi kolam penuh orang)?

    Kalo di bayangan saya, pada saat kolam penuh berarti kan air kolam tumpah ya pak, jadi saya bayangkan walau penuh orang pasti lebih menentukan beban air kolam penuh.
    Kolam dengan tinggi air 50cm sudah mencapai beban 500kg/m2.
    Mohon koreksinya ya pak.

    Terima kasih banyak.

  16. Sdr. Santo Yusak, apa yang Anda sampaikan bahwa bila air kolam penuh memang cukup logis, karena berat orang dalam air adalah sama dengan berak air yang dipisahkan (melimpah/terbuang) sesuai dengan Hukum Newton. Jadi, beban hidup 400 kg/m2 cukup dibebani ada area kolom yang tidak terisi oleh air (bila pada gedung bertingkat), misalnya pada sisi atau area keliling kolom. Masalah Faktor 1,2 adalah karena beban fluida (gerakan beban air), trims.
    .

  17. sore pak rony. saya berencana membuat kolam renang di tanah yang digali oleh exavator. ukuran 20 x 50 kira-kira perlu ketebalan berapa. tanah yang saya gali tanah darat yg keras. lalu untuk dindingnya sebaiknya bagaimana. rencana langkah pertama cor lantai baru berikutnya dinding. sebaiknya di cor atau bata merah?

  18. pa ronny yth, sy berencana membuat kolam renang umum kira2 berapa biaya permeter nya, umtuk kategori standar, trimakasih

  19. MBak Eva, Anda bisa coba menghitungnya. Biaya struktur beton bertulangnya, asumsikan tebal plat dasar 25 cm dan tebal pelat lantai 20 cm, asumsikan biaya per meter kubik Rp. 4.000.000 untuk pekerjaan swasta. dari dimensi rencana kolom renang akan didapat volume beton bertulangnya, selamat mencoba.

  20. Sdr. Andi Purwanto. Kolom renang yang akan Anda buat adalah 20 x 50 meter, tebal pelat dasar saya sarankan tidak kurang dari 25 cm, sedangkan untuk pelat dinding minimal 20 cm (tinggi dinding < 1,3 m) tetapi sangat tergantung pada ketinggian dindingnya. harus dengan struktur beton bertulang, tidak diperkenankan menggunakan struktur pasangan batu-bata, karena disamping tidak kuat juga tidak kedap air.

    • mau tanya pak, saya berencana membuat kolam renang dgn luas tanah 5×12 mtr
      yg saya tanyakan
      1.berapa luas ideal kolamnya
      2.bagaimana kontruksinya jika di bangun dgn kedalaman 1,5 mtr, karena disamping lahan trsbt sebelah kiri ada jalan perumahan dan kanan rumah saya sendiri

      trmks

  21. Sdr. M. Firdaus. Meskipun ukuran kolom renang Anda tidak besar, hanya 5 x 12 m. Tetap saya sarankan dengan tebal pelat lantai 22 cm karena struktural yang berhubungan langsung dengan tanah, sedangkan tebal dinding minimal 20 cm untuk ketinggian 1,5 m.

  22. Assallamualaikum Pak,
    Saya tertarik dengan pembahasan tentang kolam renang ini.
    Mohon sudikiranya kalau bapak punya file contoh perhitungan atau referensi untuk desain kolam renang, di share ke alamat email saya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    wassallam.

  23. Waalaikumussalam, Sdr. Ali. Hitungan struktur merupakan wujud pertanggungjawaban seorang konstruktur kepada owner hal itu tidak dapat dipulikasikan, disamping jumlahnya sampai ratusan halaman.

  24. Selamat pagi pak Ronny,
    Saya ingin membuat kolam buat ikan.Diatas tanah. Ukuran 3x5x1.5 m saling nempel ,sebanyak 2×5 bh. kira kira konstruksi yang hemat dan murah bagaimana ya pak ? mana yg lebih murah, bata atau full cor ? berapa ukuran kolom sloope nya ?
    Saya pernah baca ttg dinding kolam tipis ( plastered cement ? ) bagamana aplikasinya untuk kolam ini pak ? saya pingin irit tapi awet pak.
    Mohon dibantu. salam Ruddy

  25. Sdr Ruddy. Setiap material pasti ada untung ruginya. Pasangan bata lebih murah tetapi tidak kuat, untuk tinggi 1,5 meter harusnya dipasang dengan pasangan satu setengah atau dua batu, dan harus dengan plesteran kedap air/trasram. beton meskipun lebih mahal, tetapi jauh lebih kuat, bisa dirancang lebih tipis.

  26. Met malam Pak Rony,
    Saya berencana untuk membuat kolam renang di ruang terbuka 11mX3m. Boleh minta saran Bp :
    1.berapa luas ideal kolamnya
    2.bagaimana kontruksinya jika dibangun dgn kedalaman 1m75cm
    Smoga berkenan.
    Terima kasih.
    Salam,
    Susi

  27. nuhun pak ilmu nya sangat bermanfaat
    kebtulan saya bergelut dikontraktor kolam renang
    walau sudah berpengalaman tetapi masih ada teori yang baru saya mengerti sesudah membaca artikel dan sesi tanya-jawab bapak
    makasih pak

  28. Assallammualaikum Wb,
    Pak, pada desain lantai dan dinding kolam renang. apakah sama dengan mendesain plat dengan terjepit pada balok.karena saya pernah melihat orang sedang membangun kolam renang dengan memakai balok beton atau sloof dengan jarak tertentu. Mohon pencerahannya. terima kasih.

    wasallam,

  29. Walaikumussalam Sdr. Ali. Dinding kolam renang yang merupakan dinding shear wall sudah merupakan suatu struktur penahan air kolam dan struktur penahan beban tanah darim sisi luarnya. Dia merupakan struktur kantilever yang menerus dengan perletakan jepit di sebelah bawah (tepatnya pada pelat lantai kolam). saya kira tidak perlu diberi balok.

Leave a Reply

