Dinding Penahan Tanah Basement


(Pembuatan Soldier-pile)

 

 

 

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

 

             Pertanyaan: Kepada yang terhormat Pengasuh Rubrik. Dalam melaksanakan basement suatu bangunan gedung kita selalu dihadapi dengan persoalan dewatering, longsor dan soil problem lainnya. Mohon jelaskan teknik atau metode pelaksanaan dinding penahan tanah pada basement, dan bagaimana metode pelaksanaan soldier-pile dan syarat-syarat teknis apa saja yang harus dipenuhi, serta teknik pengecorannya.   

Jawab:

Pembuatan dinding basement ini pada dasarnya adalah juga merupakan diniding penahan tanah, yang sekaligus dapat berfungsi untuk dewatering dan penahan gaya horizontal untuk pelat lantai basement. Pembuatan dinding basement dengan bored-pile dari beton yang diselingi dengan bored-pile dari bentonite, yang disebut contiguous-pile atau ada yang menyebut soldier-pile, atau dapat juga dengan cara seperti pelaksanaan diaphragm-wall. (Amien Sajekti dalam bukunya Metode Kerja Bangunan Sipil)

Pembuatan dinding basement dengan bored-pile beton dan bentonite, dengan cara slang-seling. Bored-pile diisi dengan bentonite, sebelum bentonitenya terlalu keras, di antaranya harus segera dibor untuk diselingi dengan bored-pile yang diisi dengan beton. Untuk menghindari longsornya tanah yang terlalu banyak sewaktu pengeboran, cara pengeboran dari bored-pile yang sejenis, dibuat dengan cara loncat selang satu titik bored-pile yang sejenis pula. Kedalaman dan diameter dari bored-pile tergantung dari perhitungan kekuatan, berdasarkan ketinggian basement, jenis tanah, dan perkiraan beban horizontal yang ada dari bangunan disebelahnya.

Cara lain untuk pembuatan dinding penahan tanah pada basement, adalah seperti pembuatan diaphragm-wall dengan metode kerja pelaksanaannya, yaitu dengan penggalian dan pengecoran betonnya loncat selang selebar clam-shell. Untuk menjaga longsornya tanah, lubang galian diisi dengan bentonite cair dengan permukaan air tanah yang ada. Cairan bentonite akan membentuk lapisan di permukaan tanah galian dan juga cairan bentonite akan selalu menekan ke permukaan tanah galian, karena posisi permukaan cairan bentonite selalu dibuat lebih tinggi dari permukaan air tanah yang ada. Beton yang akan digunakan dengan slump yang tinggi atau sangat encer, karena di dalam tanah tidak mungkin lagi untuk memadatkan. Shingga perlu menggunakan beton dengan kandungan semen yang lebih banyak. Tetapi sekarang sudah ada admixture yang berfungsi sebagai platizer, sehingga beton mempunyai warkability yang sangat tinggi, dengan tidak menurunkan kekuatan betonnya.

About these ads

20 responses to “Dinding Penahan Tanah Basement

  1. mau tanya pak… gimana mau desain dinding penahan tanah klo data2 tanahnya gk ada?
    apa ada data2 pendekatan yang lain?

  2. Sdr. Nivo. Gaya yang bekerja pada dinding penahan tanah adalah Tekanan Tanah Aktif (Pa), besar Pa ini tergantung jenis tanah (sudut geser tanah), air tanah, dan beban berguna di atas tanah. Bila hanya memperkirakan besarnya Pa (dgn mengabaikan air tanah dan beban berguna) adalah dengan mengambil nilai Ka (koefisien tekanan tanah aktif) yang terbesar, karena dinding penahan tanah akan paling aman tetapi paling boros. Jadi seharusnya ada data2 perencanaan termasuk data tanah.

  3. rizky abdurrahman

    Mau tanya pak..Saya berencana membuat basement rumah ukuran 3 x 4 m2
    kondisi tanah lempung, teknik beton nya bagaimana yang kuat menahan dan
    untuk mencegah rembesan air bagaimana ya pak?
    Terima kasih

  4. Sdr. Rizky Abdurahman. Kekuatan dinding penahan tanah, selain ditentukan oleh panjang dan lebar, juga sangat ditentukan oleh tinggi basement itu sendiri. bila tingginya tidak melebihi 3 meter, maka tebal dinding yang digunakan hendaknya tidak kurang dari 25 cm, meskipun Anda bisa saja menggunakan tulangan tarik dia 16-15 cm, tetapi hal ini harus dihitung dan dianalisis dengan benar terhadap tekanan tanah aktif tanah lempung dan tekanan airnya. Untuk mengatasi rembesan air Anda bisa menggunakan mutu beton yang lebih tinggi, misalnya di atas K-250.

  5. rizky abdurrahman

    terima kasih pak atas jawabannya, rencananya kedalaman 2 meter, saya khawatir sama rembesan air nya
    Terima kasih banyak atas informasinya

  6. Mau tanya Pa..
    Untuk metoda pemasangan soldier pile, apa hanya isa menggunakan bored pile..?
    Bagaimana dengan teknik pancang?
    Kalau bisa dengan pancang, teknik mana yang memiliki resiko terbesar?
    Terima kasih

  7. selamat siang pak…
    saya mahasiswa ITS pak, skrg lg proses pengerjaan tugas akhir (TA).
    dlm pengerjaan TA saya skrg sya kebingungan melakukan perhitungan untuk dinding basemntnya, tingginya saya rencana kan 4,2 m. gedungnya 10 lantai.
    mohon sekiranya bapak bisa memberikan contoh perhitungan mulai dr perencanaan tebal, kontrol2nya hingga sampai ketemu kebutuhan tulangannya…
    saya ucapkan terimakasih, mohon dibantu pak, ujian TA saya tinggal 1 bulan lagi soalnya…

  8. Sdr. Prima SY. Soldier pile ini dapat dikategorikan sebagai retaining wall. Selain itu soldier pile pada bangunan ini difungsikan juga sebagi penahan desakan air, oleh karena itu diantara pemasangan soldier pile dipasang pula secara overlapping bahan yang disebut bentonite , dimana bahan ini bila terkena air akan mengembang sampai 50 kali dari volume aslinya yang berbentuk gel. Untuk mencegah pembesaran volume sampai 50 kali tersebut maka bentonite dicampur dengan semen. Cara pembuatannya yaitu pertama-tama dilakukan pemboran lubang bagi bentonite, kemudian dilakukan pengecoran bentonite (dengan tremi), setelah itu baru dilakukan pemboran lubang bagi soldier pile. penggalian tanah untuk keperluan perimeter beam yang berfungsi sebagai titik pengukuran kedalaman penggalian (standar elevasi lantai dasar) penggalian terbuka sampai elevasi -7,45 m dengan kemiringan galian 45 derajat .
    Dengan demikian, Coba Anda pertimbangan sendiri borepile atau pancang yang lebih efisien, trims

  9. Sdr. Luthfil. Dimensi diniding basement dapat Anda hitung berdasarkan beban tekanan tanah aktif dan beban air tanah serta beban berguna dipermukaan tanah bila ada yang bekerja pada dinding. Diagram tekanan air dan tanah aktif berbentuk segi tiga dengan tekanan maksimum di dasar dinding dan nol dipermukaan dinding. Besarnya tegangan maksimum akibat tanah adalah Ka Gama H. Ka=koefisien tekanan tanah aktif, Gama= berat isi tanah, H=tinggi dinding=4,2 meter, ….dan seterusnya beban dinding dan beban berguna, trims

  10. pak wir apakah DPT yang dimaksud bisa berupa pelat beton dengan ketebalan yang cukup besar dan tulangan yang cukup banyak untuk menahan tekanan tanah tersebut? Untuk bangunan ruko atau rumah biasanya tebalnya berapa dan tulangan brp yang dipakai dengan jarak brp,serta mutu beton brp?trims..

  11. mau tanya pak, jenis dinding apa saja yang bisa digunakan sebagai dinding penahan tanah pada basement ?

  12. Pak, mau tanya. Ada bangunan basement 1 lantai, dengan memanfaatkan soldier pile di samping galian, Cara menghitung kapasitas momen dari soldier pile/bor pile itu seperti apa pak??

  13. terimakasih pak rony sebelumnya saya jadi sedikit lebih tau berkat blog bapak..teimakasih untuk tidak pelit membagi ilmu
    maaf pak mungkin pertanyaan saya kurang nyambung
    tapi saya ingin tanyakan bagaimana perhitungan beban layan dan beban ultimit, dimana perbedaannya dalam perhitungann..terima kasih pak atas jawabannya

  14. Sdr Zara Adini. Beban Ultimate adalah beban batas yang bekerja pada suatu struktur atau tian, sedangkan Beban Izin, adalah kapasitas beban yang dizinkan pada suatu konstruksi tiang. Beban izin didapat dari Beaban Ultimete dibagi dengan Safety Factor (SF).

  15. permisi pak….
    sebelumnya terimah kasih….saya mahasiswa sipil, skrng saya lgi nyusun tugas akhir, TA berjudul analisa perhitungan bored pile sebagai dinding penahan,…
    yang saya tanyakan rumus apa yang saya gunakan untuk menghitung kestabilitas bored pile trsebut….

  16. Sdr Okie Putra, untuk masalah bore pile. saya sarankan Anda melihat Blok Pak Irawan: Irawan Firmansyah. wordpress.com saya juga sering diskusi dengan beliaunya.

  17. Terima kasih banyak pak, atas ilmunya,.Semoga sukses, sehat2 keluarga dan murah rezeqinya,…amiiinn

  18. Salam Sejahtera,

    Saya Mau tanya Pak, saya ada lahan yg diapit oleh 2 gedung, saya akan membuat basement 2 lantai, dengan kedalaman kira-kira 6 meter, saya punya metode dengan diaphragm – wall untuk menahan kelongsoran bangunan tetangga, pertanyaan saya jarak aman diaphragma – wall yang mau saya buat dengan bangunan tetangga berapa ya Pak?, jarak diaphragma-wall yg mau dibuat dengan basement kurang lebihnya 70 cm, apakah perlu saya membuat dinding basement lagi pak diantara kolom?

    terima kasih
    Dendy satika

  19. Sdr. Dendy. Katakan Diaphragma-wall bisa dirancang dengan aman, tetapi yang saya cemaskan adalah muka air tanah (apakah muka air tanahnya dalam?). Bila Anda menggunakan pompanisasi untuk menguras air tanah, jangan sampai terjadi penurunan muka air tanah pada bangunan tetangga, saya kawatir dengan jarak yang begitu dekat tidak ada pengaruhnya.

  20. toms shoes lookalikes Dinding Penahan Tanah Basement | Science and Civil Structure Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s