Konstruksi Jembatan Kantilever Perawang-Maredan


Ir. Rony Ardiansyah, MT.

Dosen Teknik sipil UIR

 

          Meskipun status Siak telah berubah menjadi kabupaten beberapa tahun yang lampau, akan tetapi sampai saat ini untuk menempuh rute Pakanbaru-Siak melalui transportasi darat melalui Kota Perawang, masih menggunakan kapal penyeberangan (fery). Diharapkan dengan dibangunnya Jembatan Perawang-Maredan dapat membuka akses masuk ke Kota Siak Sri Indrapura dan dapat mengembangkan Siak dari segi tiga yaitu tansportasi, ekonomi, dan sosial.

Dari segi transportasi diharapkan travel time berkurang, volume transportasi juga meningkat ke dan dari daerah terisolir. Dari segi ekonomi, harga-harga bahan pokok akan lebih kompeoetitif karena daerah terisolir semakin terbuka, dan kesempatan pemasaran akan menjadi lebih baik dari dan maupun ke Kota Siak Sri Indrapura. Diharapkan dua sisi tadi dapat meningkatkan aspek sosial dan kerakyatannya. Dari sisi sosial. Kota Siak Sri Indrapura sebagai ibu kota kabupatan akan meninggalkan keterisoliran dari daerah sekitarnya. Fungsi sosial pemerintah akan lebih mudah dilaksanakan, lebih lancar, dan terintegrasi khususnya untuk daerah yang jauh dari area sungai.

Pembangunan Jembatan Perawang-Maredan ini juga sangat berkaitan dengan salah satu upaya pengembangan wilayah Kecamatan Tualang Siak, dalam mendukung pengembangan berbagai sektor kegiatan ekonomi, seperti pertanian, perikanan, peternakan, industri, pariwisata, pertambangan, serta pengembangan kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti kegiatan perdagangan antar daerah, kegiatan administrasi pemerintah, kegiatan sosial politik dan sebagainya. Keberadaan jembatan ini akan memperpendek jarak Lintas timur pada ruas Simpang Lago-Minas, dibandingkan jika melewati Kota Pekanbaru. Disamping itu juga diharapkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas kendaraan berat yang biasanya melewati Kota Pekanbaru, serta mengurangi beban lalu-lintas ruas jalan nasional Simpang Lago-Pekanbaru berikut jalan dalam Kota Pekanbaru.

Proyek Pembagunan Jembatan Perawang ini merupakan proyek multy years yang berlokasi di Maredan, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Proyek yang direncanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Teknologi bandung (LPPM-ITB), dan dilaksanakan oleh PT. Pembangunan Perumahan (PT. PP) Cabang IX ini, menelan biaya sebesar Rp. 171 miliar lebih yang sumber dananya berasal dari APBD Propinsi Riau dan APBD Kabupaten Siak. Masa pelaksanaan proyek ini adalah 1.460 hari kalender dengan masa pemeliharaan selama 365 hari kalender.

Jembatan Perawang yang sedang dalam tahap pembagunan dengan total panjang 1.484 meter ini terdiri dari lima bagian yakni; Oprit di STA(0+000 s/d 0+060) dan STA (1+424 s/d 1+484), Slab on Pile di STA (0+060 s/d 0+297) dan STA (1+187 s/d 1+424), Approach Span di STA (0+297 s/d 0+551) dan STA (0+933 s/d 1+187), Side Span di STA (0+551 s/d 0+652) dan STA (0+832 s/d 0+933), dan Main Span di STA (0+652 s/d 0+832).

Main Span konstruksi Jembatan Perawang-Maredan yang merupakan Jembatan Kantilever. Dengan panjang 180 meter (berlokasi pada STA; 0+652 s/d 0+832), terletak pada pilar-pilar (pier) utama struktur beton bertulang dengan menggunakan mutu beton K-300. Masing-masing pier terdiri dari pondasi tiang pancang Steel Pipe Pile berdiameter 2.500 mm atau 2,5 meter yang ditanam memcapai kedalaman lebih dari 30 meter. Struktur atas menggunakan Box Girder terletak melintang terhadap lantai jembatan dengan panjang 12,7 meter, merupakan beton pra tekan menggunakan beton K-500.

Oprit di STA(0+000 s/d 0+060) dan STA (1+424 s/d 1+484) sepanjang 60 meter, adalah tipe konstruksinya jalan urugan dengan tipe struktur atasnya merupakan perkerasan fleksibel. Slab on Pile di STA (0+060 s/d 0+297) dan STA (1+187 s/d 1+424) sepanjang 237 meter ini mempergunakan pondasi tiang pancang beton bertulang dengan diameter 350 mm, sedangkan struktur atasnya menggunakan slab K-350. Jumlah Slab on Pile sebanyak 59 buah dengan elevasi maksimum setinggi 14,35 meter. Approach Span di STA (0+297 s/d 0+551) dan STA (0+933 s/d 1+187) sepanjang 382 meter, terletak diantara abutment sampai pier pendukung sebelum pier utama. Masing-masing pier dan abutment berdiri sendiri pada pondasi tiang pancang beton bertulang berdiameter 600 mm. Pier pendukung yang bersegi enam dan abutment ini merupakan struktur beton bertulang dengan mutu beton K-300. Tipe struktur atas Approach Span menggunakan ’I Girder’ yang panjangnya  40,8 meter dan tebal 1,7 m ini merupakan beton pratekan dengan mutu K-500. Side Span di STA (0+551 s/d 0+652) dan STA (0+832 s/d 0+933) sepanjang 101 meter, terletak diantara pier pendukung sebelum pier utama dan pier utama. Pier pendukung terdiri dari pondasi tiang pancang beton bertulang berdiameter 600 mm, sedangkan pier utama terdiri dari  Steel Oile Pipe berdiameter 1200 mm. Tipe struktur atas Side Span menggunakan Box Girder yang panjangnya  12,7 merupakan beton pratekan dengan mutu K-500.

Berbagai mutu beton yang digunakan dalam pelaksanaan konstruksi jembatan ini berturut-turut sebagai berikut ini. Mutu beton K-600, digunakan untuk tiang pancang beton pratekan berpenampang bulat. Mutu beton K-500, digunakan untuk beton pratekan pada gelagar jembatan, seperti Box Girder, I Girder, dan tiang pancang pratekan berpenampang persegi. Mutu beton K-400, digunakan untuk beton pratekan pada balok berongga (holloe beam) dan tiang pancang pracetak beton bertulang. Mutu beton K-300, digunakan untuk struktur beton bertulang, seperti gorong-gorong pipa beton bertulang dan kerb beton pracetak. Mutu beton K-250, digunakan untuk struktur beton bertulang seperti gorong-gorong persegi, gorong-gorong pelat, struktur bangunan bawah. Mutu beton K-175, digunakan untuk beton tanpa tulangan, seperti trotoar dan pasangan batu kosong yang diisi adukan, pasangan batu, dan untuk pengisi beton pondasi sumuran. Mutu beton K-125, digunakan untuk lantai kerja, dan penimbunan kembali beton.***

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s