Apa Uji Sondir Itu?


(Desain pondasi Ruko dari data sondir)

 

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

            Pak Pengasuh Rubrik Konstruksi. Saya ingin membangunan ruko berlantai tiga, karena lokasi bangunan saya ini merupakan tanah rawa-rawa yang cukup dalam, saran kawan-kawan agar saya melakukan “uji sondir”. Mohon penjelasan apa maksud “uji sondir” itu? Dan Bagaimana merencanakan pondasi berdasarkan hasil uji sondir tersebut?. Dari, Yongky  Pekanbaru.

            Sdr Yongky yang saya hormati. Sondir adalah alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus. Dalam uji sondir, stang alat ini ditekan ke dalam tanah dan kemudian perlawanan tanah terhadap ujung sondir (tahanan ujung) dan gesekan pada silimur silinder diukur. Alat ini telah lama di Indonesia dan telah digunakan hampir pada setiap penyelidikan tanah pada pekerjaan teknik sipil karena relatif mudah pemakaiannya, cepat dan amat ekonomis.

            Sesungguhnya alat uji sondir ini merupakan representase atau model dari pondasi tiang dalam skala kecil. Teknik pendugan lokasi atau kedalaman tanah keras dengan suatu batang telah lama dipraktekan sejak zaman dulu. Versi mula-mula dari teknik pendugaan ini telah dikembangkan di Swedia pada tahun 1917 oleh Swedish State Railways dan kemudian oleh Danish Railways tahun 1927. Karena kondisi tanah lembek dan banyaknya penggunaan pondasi tiang, pada tahun 1934 orang-orang Belanda memperkenalkan alat sondir sebagaimana yang kita kenal sekarang (Barentseen, 1936).

            Metode ini kemudian dikenal dengan berbagai nama seperti: Static Penetration Test atau Quassi Static Penetration Test, Duch Cone Test dan secara singkat disebut sounding saja yang berarti pendugaan. Di Indonesia kemudian dinamakan sondir yang diambil dari bahasa Belanda.

            Uji sondir saat ini merupakan salah satu uji lapangan yang telah diterima oleh para praktisi dan pakar geoteknik. Uji sondir ini telah menunjukkan manfaat untuk pendugaan profil atau pelapisan (stratifikasi) tanah terhadap kedalaman karena jenis perilaku tanah telah dapat diindentifikasi dari kombinasi hasil pembacaan tahanan ujung dan gesekan selimutnya.

            Besaran penting yg diukur pada uji sondir adalah perlawanan ujung yg diambil sebagai gaya penetrasi per satuan luas penampang ujung sondir (qc). Besarnya gaya ini seringkali menunjukkan identifikasi dari jenis tanah dan konsistensinya. Pada tanah pasiran, tahanan ujung jauh lebih besar daripada tanah butiran halus.

            Apa hubungan kuat dukung tanah dengan data sondir (qc).  Anda dapat melihat hubungan nilai tahanan konus (qc) terhadap konsistensi tanah, sebagai berikut ini. Untuk tanah yang sangat lunak nilai qc < 5 kg/cm2, lunak 5-10 kg/cm2, teguh 10-20 kg/cm2, kenyal 20-40 kg/cm2, sangat kenyal 40-80 kg/cm2, keras 80-150 kg/cm2, dan sangat keras > 150 kg/cm2.

            Berdasarkan keterangan Anda, lokasi bangunan berupa tanah rawa yang cukup dalam, maka jenis pondasi yang dipilih tiada lain adalah pondasi tiang. Pondasi tiang bisa berupa; tiang-tiang pancang (spun pile, mini pile, dsb) atau berupa bor pile. Tiang pancang mungkin sedkit lebih ekonomis dibandingkan dengan bor pile, akan tetapi pemilihan jenis pondasi ini perlu mempertimbangkan efek getarannya yang dapat merusak banguan di sekitarnya. Meskipun jenis pondasi bor pile lebih mahal, namun dalam pelaksanaannya tidak menimbulkan getaran atau vibrasi. 

            Jika Anda ingin merencanakan pondasi tiang pada tanah rawa yang cukup dalam, sebaiknya tempatkan pada kedalaman yang nilai qc sama atau lebih 150 kg/cm2. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah menempatkan tiang-tiang pondasi pada tanah keras, dengan demikian tidak perlu dikhawatirkan lagi terjadi penurunan (settlement).***

About these ads

50 responses to “Apa Uji Sondir Itu?

  1. salam kenal pak,..
    saya mahasiswa dari kalimantan,.
    mau tanya pak seandainya pondasi yang sudah mencapai tanah keras (qc >150) tetapi ujung tiang bukan bertumpu pd batu apakah perlu dihitung penurunan nya? kalau perlu,,adakah rumus perhitungnya nya?
    tolong dibantu pak,,trima kasih.,

  2. Terimakasih Sdr. Ferry. Rumus untuk menghitung penurunan dapat dilihat pada buku mekanika tanah. Bila nilai qc melebihi 150 kg/cm2 dari data sondir, diprediksi sudah mencapai tanah keras atau sangat keras, dan diperkirakan tidak terjadi penurunan pondasi pada lapisan ini.

  3. Salam kenal pak.
    Bagaimana seandainya qc yang didapat dari hasil sondir tidak mencapai tanah keras ..qc<5 kg/cm2 padahal sudah di sondir hingga kedalaman 60 m..apa tetap di teruskan atau di stop?
    terima kasih

  4. Terimakasih Sdr. Zulhermansyah, Kapasitas alat sondir 2,5 ton hanya bisa mencapai kedalaman 30 meter, sedangkan sondir 5 ton bisa mencapai 40 meter. Jadi, jika belum juga dijumpai tanah keras, kita dapat mengunakan “bor mesin” (pengujian SPT) yang kemampuannya bisa mencapai 100 meter.

  5. Bayu Tri Admojo

    salam kenal pak,
    saya mahasiswa universitas palangkaraya, kalau bisa saya minta materi yang berhubungan tentang mekanika tanah. atas perhatiannya saya ucapkan terimaksih.

  6. salam kenal Pak………..
    Terimakasih ,postinganya sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas…

  7. Salam kenal pak,
    Proyek saya adalah pembangunan jalan kereta api. Dalam membangun tubuh jalan, khususnya yang berupa timbunan dg kedalaman bervariasi 2-12 m, setiap lapis 30 cm diadakan tes CBR (syarat CBR 8%) oleh pihak Kontraktor. Setelah pekerjaan penimbunan tsb selesai, saya melakukan tes sondir. Ada satu titik tes yang berdasarkan tes CBR Kontraktor mencapai 12%, namun saat tes sondir menghasilkan qc min < 1 MPa, qc max < 2 MPa, qc avg 50% qc avg, dengan lapisan yg memiliki qc min<1 MPa setebal 4.20 m.
    Mhn saran dan masukannya atas kondisi tes ini, dan apakah bisa dibuatkan suatu korelasi antara hasil es CBR dengan hasil tes sondir ? Terima kasih pak.

  8. Sdr Gamal Aulia.
    Aplikasi Uji Sondir untuk Evaluasi Kepadatan Tanah dan CBR
    Karena ukurannya yang relatif besar, sondir standar kurang cocok untuk mengevaluasi hasil pemadatan tanah di permukaan (setebal 30-40 cm) dan penggunaannya baru bisa setelah beberapa lapis pemadatan yaitu pada kedalaman lebih dari 30 cm.
    Raharjo et al. (1995) menggunakan sondir mini untuk melaksanakan pengontrolan hasil pemadatan tanah di lapangan (deep compaction).
    Untuk mendapatkan nilai CBR in-situ, uji sondir dapat digunakan berdasarkan korelasi empirik yang juga dapat dilakukan terlebih dahulu di laboratorium. Data-data penunjang begitu banyak, tetapi Schmertmann mendapatkan korealsi untuk tanah pasir sbb: CBR = 1/3 qc
    Sedangkan Rahardjo memperoleh korelasi CBR dari tanah lempung yang dipadatkan sbb:CBR = ½ qc

  9. Salam Kenal Bapak..

    Apakah nilai tahanan konus (qc) merupakan nilai daya dukung tanah, untuk perencanaan pondasi setempat misalnya. untuk tanah sangat lunak dengan nilai qc= 5 kg/cm2 jika saya konversi ke pondasi setempat dengan ukuran 1 meter x 1 meter. mempunyai daya dukung sebesar 50 ton. ini nilai yang sangat besar.. apakah ini benar..? atau ada persamaan lain atau koefisen faktor keamanan yang menghubungkan nya. sehingga di dapat daya dukung tanah atau tegangan tanah yang di ijinkan.

    terima kasih.

  10. Sdr. RM Franky AD. Nilai qc adalah nilai perlawanan ujung konus (tahanan ujung), bila saudara merencana suatu pondasi tentu ada Safety factor (SF). Misalnya Sf untuk pondai dangkal berkisar 8-15. misalkan Anda medewsain pondasi 1 meter x 1 meter qc= 5 kg/cm2, SF=10, maka Anda akan mendapatkan daya dukung pondasi sebesar 5 ton. Tetapi Anda harus ingat bahwa tidak dibenarkan merencanakan suatu pondasi dengan nilai qc kecil dari 12 kg/cm2 karena termasuk tanah lembek yang settlement-nya besar sekali.

  11. Terima Kasih telah merespon pertanyaan saya.
    mengenai safety factor untuk pondasi.. dari beberapa referensi untuk pondasi cukup menggunakan SF=3.. berapakah nilai SF yang terbaik untuk merencanakan sebuah pondasi dangkal..? dengan kedalaman 1 hingga 2 meter..?
    Dalam merencanakan pondasi dangkal, Saya menggunakan Program SAFE.. dalam program tersebut dibutuhkan nilai Modulus of subgrade sebagai input data Soil Support. Bagaimana menetukan nilai modulus of subgrade dari hasil sondir.
    Terima Kasih.

  12. Sdr Franky AD. SF= 3 biasanya digunakan untuk pondasi dalam, sedangkan untuk pondasi dangkal Anda bisa menggunakan SF sekitar 10.

  13. Bisakah mendapatkan nilai Modulus of Subgrade dari hasil Sondir..?
    dan berapakah settlement yang di-izinkan untuk pondasi dangkal..?
    Mohon masukan dari bapak, mengenai buku referensi yang baik dan comprehensif untuk merencanakan sebuah Raft Foundation.

    Terima kasih.

  14. Assalamualaikum wr wb
    begini pak, saya mau nanya, saya mahasiswa dari Bengkulu, Saya mau mencari judul skripsi nah kebetulan saya tertarik dengan skripsi tentang geologi,
    bisa nggak pak, kita meneliti suatu sampel tanah dengan sondir dan boring kemudian dijadikan penelitian,kira2 apa yang diteliti ya pak ??
    mhon petunjuknya

  15. Walaikumussalam Sdr. M Sodr Renjani. Dari percobaam sondir kita tidak mendapatkan sample tanah, tetapi kita peroleh nilai tanahan ujung atau perlawanan ujung konus yang disebut Qc. Sedangkan dari borring, bukan saja bisa diperoleh sampel tanah tetapi juga didapatkan nilai uji SPT yang disebut dengan ‘N’ Value. Anda bisa mengambil tema ” Korelasi Nilai Qc pada Sondir dengan Nilai ‘N’ Value pada alat SPT. Sebagai referensi yang ada korelasi nilai Qc dengan N untuk tanah lempung=2,5 dan untuk tanah pasir=4. Silahkan Anda teliti korelasi untuk berbagai jenis yang ada di Lampung, trims.

  16. Pingback: Korelasi Nilai ‘N’ SPT dengan Nilai Qc | Science and Civil Structure Media

  17. Pingback: Korelasi Nilai ‘N’ SPT dengan Nilai Qc | Science and Civil Structure Media

  18. yth. Bpk. Rony Ardiansyah
    Hasil Sondir test & Bor Log mewakili radius berapa meter pak? Trims.

  19. Sdr. Ngumban. Di PERDA DKI Jakarta ditentukan radius 25 meter. Menurut saya struktur tanah sangat heterogen sekali, dalam kondisi tertentu jarak 5 meter saja bisa terjadi perubahan struktur tanah yang signifikan. Saran saya minimal untuk bangunan kecil dilakukan 2 titik soil tes yang letaknya pada kedua ujung tanah membentuk diagonal. untuk bangunan yang besar/luas minimal 5 titik, terletak di keempat sudut dan satu titik di sekitar as bangunan, trims.

  20. Assalamualaikum wr wb
    Terima Kasih sebelumnya pak, sangat membantu sekali kmrin jawaban bapak. dan kalau boleh saya bertanya kembali..
    Kmrin kami dan kawan-kawan mendapat proyek pengukuran, permasalahannya waktu yang diberikan sangat singkat. dengan jarak 4 KM kami harus menyelesaikan waktu dalam 2 minggu (pengukuran termasuk data). sedangkan jarak lokasi menempuh 8 jam perjalanan dan kami masih menggunakan alat theodolite yang manual.
    dari pengalaman kami, kami sangat kewalahan menggunakan autocad untuk menggambarkan kontur, karena kami input manual.
    yang ingin saya tanyakan, Apakah bisa pak, menginput data dari autocad langsung sehingga bisa langsung terbentuk kontur ??
    kalau bisa, data apa saja yang bisa dimasukkan ?
    dan bagaimana caranya ??
    atau bedasarkan pengalaman bapak, bagaimana membuat laporan data kontur dengan cepat.. nun sewu
    mohon petunjuknya,,

  21. Terima Kasih telah merespon pertanyaan saya.
    mengenai safety factor untuk pondasi.. dari beberapa referensi untuk pondasi dengan beban statis cukup menggunakan SF=3.. berapakah nilai SF yang terbaik untuk merencanakan sebuah pondasi dangkal untuk pondasi mesin generator..? dengan kedalaman 1 hingga 2 meter..?
    Terima kasih.

  22. TrimA kasih infonya…….

  23. maaf pak…. boleh tanya…???
    sondir itu apa…, dan fungsi dari sondir itu apa pak….
    mkasih pak….

  24. salam kenal bapak,
    saya wawan dari surabaya, untuk tanah bekas tambak itu cocoknya pakai ponasi apa ya pak.. thank’s pak.

  25. Sdr Wawan, idealnya Pondasi Tiang untuk mencapai tanah keras, karena beberapa meter dari top soil jelas merupakan urugan yang masih labil.

  26. Assalamualaikum wr wb.
    saya dari mahasiswa kalsel pak mau bertanya, saya mau menghitung daya dukung ijin pondasi tiang pancang kayu galam dari data sondir, tapi saya tidak tau rumusnya.. saya cari di buku dan browsing di internet tidak ketemu juga pak. mohon bapak bisa membantu.
    terimakasih.

  27. Salam kenal pak, saya akan membangun rumah 2,5 lantai……hasil uji sondir di 3 titik didapati tanah keras dengan ukuran 250, terdapat di 6.8 , 7.0, 7.2 mtr, apakah diposisi tersebut sdh cukup untuk pondasi dengan menggunakan bor pile?….terima kasih

  28. Sdr. Very, untuk Pondasi Bore Pile (rumah tempat tinggal) sudah lebih dari cukup bila Anda menampatkan pada nilai Qc = 150 kg/cm2 dari data sondir, apalagi tanah lapisan pasir. karena lebih dari itu, saya yakin susah ditembus oleh bor. Tetapi Anda harus yakin bahwa di bawah atau lebih dari 7,2 meter tidak terdapat lapisan tanah lunak atau lapisan yang nilai qc= 250 kg/cm2 itu bukan lensa (lapisan tanah keras yang tipis). Semoga bermanfaat.

  29. pak saya mau nanya kalo sondir piezometer itu sendiri apa??
    prinsip kerjanya sama atau berbeda? dan di Indonesia sendiri penggunaan sondir piezometer sudah cukup populer apa belum..
    terima kasih sebelumnya.
    Hadya_sipil UI 2008

  30. Salam Kenal Pak Ronny,,
    Pak saya sering menemui kendala ketika saya dimintai pendapat untuk perencanaan struktur lapisan jalan Tambang. saya sering melakukan pengukuran CBR Subgrade dengan menggunakan DCP test, nah kemudian saya bingung pak untuk melakukan konversi dari %CBR ke Daya dukung Tanah (MPa). hal ini dikarenakan saya bingung menggunakan grafik konversi %CBR ke DDT yang mana,karena saya menemukan 3 grafik konversi %CBR ke DDT, grafik yang berasal dari dinas PU, America, dan satunya saya tidak tahu sumbernya. mohon bantuannya pak jikalau bapak mempuntai standart resmi dan dapat digunakan untuk pedoman koncersi %CBR ke DDT(MPa)…
    Best Regard..
    Bayu samodra..

  31. bagaimana mencari BS beton apakah ada tabel ukuran BS beton

  32. assalamualaikum pak,,,,
    saya mahasiswa sipil UR pak, adik tingkatnya kak rofika,,,, trimakasih pencerahannya tentang sondir ini pak, pas lg butuh teori tambahan buat praktikum Mekanika Tanah,,, mohon izin buat dijadikan teori tambahan pak….

  33. asalamualaikum pak,

    saya berencana membangun rumah 2 lantai di tanah sawah dengan mengunakan pondasi dangkal, kedalaman pondasi sekitar 80 cm dari muka tanah, sepengalaman bapak daya dukung tanah sawah di kedalaman tersebut biasanya berapa.

    terima kasih pak.

  34. assalamualaikum. salam kenal pak,sy mahasiswa semester akhir untad palu. mw tax sy punya judul tugas akhir yg datax menggunakan sondir untuk perencanaan pondasi dangkal. bagaimana menghitung penurunan pondasi dangkal menggunakan data sondir?? adakah rumus perhitungannya..
    mohon dibantu pak,terima kasih.

  35. pak saya dari palembang,yang ingin saya tanyakan perlukah ada penambahan cerucuk kayu gelam lagi,pada pondasi cakar ayam lb 1X1 M kedalaman 1,5 m,untuk rumah 2 lantai uk 3×6 m.bila didapat nilai qc sondir=43kg/cm2.tks.

  36. Assalamualaikm,
    Saya ingin bertanya, bgmana jika manometer menunjukkan angka 150, tp kedalaman yg dicapai baru 1 meter. Apakah harus dilanjutkan uji sondirnya atau dihentikan ? terimakasih.

  37. malm pak… saya mau tanya… apakah mungin pondasi tiang pancang akan mengalami patah pada kedakaman 20 m..? trus bagai mana cara mendeteksi nya?

  38. Sdr Udin. Mungkin saja bila tiangnya langsing (diameter tiang kecil), bisa dideteksi dengan PDA Test.

  39. selamat pagi pak…. : setelah uji sondir di dapatkan nilai qc =0-5 kg/cm2 ,sampai kedalaman 6 m .dan rencana saya mau pakai strouss pile pertanyaan saya : strouss pile saya harus mengunakan diameter berapa pak minimal y…. thanks .alvaro

  40. dan d atas y akan saya bangun rumah type 39 dgn keitngian dinding 4.50 sampai ring balk.

  41. Sdr. Alvaro. Bila Anda hendak menggunakan Pondasi Strouss pile, nilai qc 0-5 kg/cm2 tidak cukup. Minimal Anda tempatkan pada nilai gc 50 kg/cm2, bila nilai qc sudah > 50 kg/cm2 Anda cukup menggunakan diameter strouss pile diameter 30 cm.

  42. Selamat Siang Pak Rony,
    Perkenalkan nama saya Redy, saat ini kami ada proyek di Pekanbaru dan sedang mencari perusahaan yang mengerjakan sondir, bisa dibantu pak?
    Bila ada informasi bisa bantu email ke saya : red_visi@yahoo.com
    Terima kasih,
    Redy

  43. Pak Redy, Anda bisa hubungan MOMENT AREA, kontak person Yuly: Hp.0812 760 5557

  44. ass…..
    pak saya mahasiswa dari riau, saya ingin memodifikasi alat uji sondir menggunakan motor listrik bagai mana pendapat bapak dengan ketelitiaan pada penyelidikan tanah,,,

  45. Walaikumussalam Sdr. Nditopan. Yang Anda maksud dengan memodifikasi alat sondir dengan motor listrik, saya kira tidak jauh beda dengan Sondir elektrik yang sudah ada di pasaran. Saya pernah menggunakan alat ini dengan kapasitas 2,5 ton, tidak dapat mencapai qc = 150 kg/cm2. Persoalannya mungkin disebabkab kapasitas motor yang digunakan kurang besar. Oleh sebab itu bisa ingin merancang sondir dengan motir listrik, jangan sampai mengurangi fungsi dari pada alat itu sendiri. Insyah Allah, tanya jawab ini akan dimuat di Metro Riau Hari Minggu tanggal 6 April 2014, pada halaman Rubrik Keamanan Konstruksi.

  46. Baik pak, untuk selanjutnya pertanyaan saya akan lanjutkan di Metro Harian Hari Minggu pada tanggal 6 april 2014 .

    • Ass…
      pak saya ingin menanyakan berapa daya yang dibutuhkan untuk alat sondir kapsitas 2,5 ton, secara konvensional?

      Bagaimana pendapat bapak dengan ide saya modifikasi alat sondir yang menggunakan motor listrik atau menggunakan hidrolik, bagaimana solusinya pak? terimakasih..

  47. Sdr Nditopan, untuk sondir kapasitas 2,5 ton bacaan qc maksimum masih bisa mencapai 150 kg/cm2. Mengenai kapasitas motor yang digunakan sdr. bisa konsultasi dengan engineer mesin.

  48. Terima kasih pak atas masukan dan saranya.

  49. send me mail to; ridwansd13@yahoo.com
    penyedia alat alat soil test dan jasa penyelidikan tanah, harga nego.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s