Ultrasonic Pulse Velocity


( BS 1881-203; ASTM C597)

Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U.

Praktisi  HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

 

Pertanyaan:

 Apa yang dimaksud dengan alat tes beton UPV (ULTRASONIC PULSE VELOCITY) TEST/( BS 1881-203; ASTM C597). Jelaskan bagaimana prinsip kerja alat yang satu ini UPV (indirect method) ini. Bagaimana pula cara pengukuran kecepatan rambat gelombang ultrasonic?

            Jawaban:

Prinsip kerja pengujian ultrasonic adalah mengubah energi gelombang listrik yang dibangkitkan oleh pembangkit pulsa transducer pengirim/transmitter (T) menjadi energi gelombang mekanik yang selanjutnya merambat pada beton.

Setelah sampai pada transducer penerima/receiver (R) energi gelombang tadi diubah kembali menjadi energi gelombang listrik yang selanjutnya melewati penguat dan akhirnya dihitung/ditampilkan dalam satuan waktu tempuh. UPV (ULTRASONIC PULSE VELOCITY) TEST/( BS 1881-203; ASTM C597)

Pengukuran kecepatan rambat gelombang ultrasonic pada beton dinyatakan dengan persamaan:

V = L/T, dimana : V = Kec. Rambat gelombang ultrasonic (km/sec), L = Jarak tempuh (mm), T = Waktu tempuh gelombang ultrasonic (sec). Jadi didalam melakukan pengujian dengan metoda penetrasi digunakan suatu alat yang bernama “Windsor Probe”. Probe yang sering digunakan di lapangan terdiri dari Probe emas (Gold Probe) dan Probe perak (Silver Probe). Probe emas digunakan pada beton ringan yang menggunakan agregat buatan dan probe perak digunakan untuk semua jenis beton yang menggunakan agregat alami.

Hasil pengukuran kecepatan pulsa ultrasonik kemudian dimasukkan ke dalam rumus Chung-Law Sederhana dan dibandingkan dengan hasil uji tekan kubus. Persamaan koreksi terhadap penerapan rumus Chung-Law Sederhana disusun dengan analisis regresi terhadap hubungan yang ada antara hasil-hasil rumus Chung-Law Sederhana dan uji tekan kubus. Analisis regresi juga dilakukan terhadap hubungan hasil pengukuran kecepatan pulsa ultrasonik dan uji kuat tekan untuk mengembangkan rumus baru.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai kuat tekan beton yang diestimasi dengan rumus Chung-Law Sederhana perlu dikoreksi dan bahwa rumus baru yang diperoleh dari penelitian ini dapat digunakan untuk estimasi kuat tekan beton secara lebih praktis karena hanya terdiri dari satu persamaan.***

About these ads

One response to “Ultrasonic Pulse Velocity

  1. toms shoes lace Ultrasonic Pulse Velocity | Science and Civil Structure Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s