Berbahayakah Atap Asbes?


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IP-U

Banyak pertanyaan seputaran bahaya asbes sebagai material atau bahan bangunan atap. Semua orang sepertinya saat ini sudah menjadi lebih mengetahui bahwa atap rumah yang terbuat dari bahan asbes merupakan bahan bangunan yang dapat menimbulkan penyakit. Aku yakin 100% tidak akan memilih bahan bangunan ini untuk rumahku. Betulkah itu? Demikianlah ucapan dari sebagian masyarakat yang sedang membangun rumah idamannya.

Di sisi lain. Tak kalah banyak masyarakat yang berpendapat tentang hal ini, tentu saja mereka bukanlah dari kalangan orang kesehatan, alasan yang mereka utarakan karena bahan atap asbes mempunyai banyak keuntungan, diantaranya :

Bahannya ringan, tidak mudah rusak atau jebol, rumah menjadi lebih terasa sejuk karena sifat asbes yang tidak menyerap panas (dari matahari) dan tentunya juga harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan bahan bangunan yang lain serta hampir semua toko bahan bangunan menjualnya (mudah didapatkan). Oke…keunggulan asbes rasanya sulit ditandingi oleh bahan bangunan atap lainnya, semisal zincalume, aluminium, seng ataupun genteng beton.

Marilah kita simak lagi pendapat yang satu ini. Sudah aku ceritakan kepadamu di Serambi terdahulu, betapa bangga hatiku ketika asbes telah mengganti genting rumahku. Yang mahal telah kuganti yang murah demi menghindari teror bocor permanen di rumahku. Aku bukannya tidak sadar bahwa asbes akan memberi kesan murahan pada rumahku. Aku bukan tidak mendengar bahwa asbes panas, pembawa kanker dan asbestosis. Tetapi aku sudah menutup mata dan telingaku.

Kupikir jika asbes adalah atap berbahaya, kenapa ia masih dijual bebas di toko-toko bangunan. Jadi logikaku sederhana saja, baik atau buruk, aku belajar mempercayai pemerintahku. Jika mereka tidak melarangnya, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika ternyata kelak terbukti atap ini memang penyebab kanker dan pemerintah tetap tidak melindungiku, padahal aku sudah mempercayainya, mereka sendiri yang akan menanggung akibatnya. Para pemimpin yang tahu keliru tapi diam saja, pasti akan berhadapan dengan kemarahan malaikat lebih dulu. Jadi tidak perlu ada yang harus aku khawatirkan.

Begitulah pendapat-pendapat seputaran material asbes sebagai atap rumah, apakah memang berbahaya atau tidak?  Inilah jawaban dan ulasan seputaran atap rumah dari material asbes  buat pembaca yang budiman.

Bahan yang terbuat dari asbes untuk bangunan sering kita jumpai yaitu asbes gelombang (digunakan untuk atap), asbes plat (digunakan untuk plafon atau partisi). Karena sifatnya yang tahan panas, kedap suara dan kedap air, asbes sering digunakan pada isolating pipa pemanas, dan juga digunakan untuk panel akustik.

Asbes dalam jangka pendek tak kan terlihat secara nyata/signifikan efek samping terhadap kesehatan kepada penghuni rumah. Efek jangka panjangnya…? Ada!!! Pernah dengar ASBESTOSIS? Asbestosis merupakan penyakit yang berbahaya. Menyerang paru-paru manusia. Bahkan dapat mengakibatkan kematian!

Proses kejadian itu berlangsung karena penghuni rumah yang bahan bangunan atapnya terbuat dari asbes akan selalu menghirup dan menelan partikel-partikel kecil yang tak terlihat oleh kasat mata yang berasal dari bahan asbes itu. Lho, atap asbes kan padat ? Terlihat padat. Karena proses penguapan, panas, dingin, hujan dan perubahan lainnya yang tak disadari pada atap asbes itulah yang menguraikan partikel padat asbes itu terurai menjadi partikel yang jauh lebih kecil seperti debu. Dan itu akan terikut terhirup saat penghuni rumah bernafas. Dan akhirnya menumpuk di bagian paru-paru kita.

Terbayangkan kan, bertahun-tahun hal semacam itu terjadi tanpa ada upaya untuk memberikan perlindungan khusus untuk paru-paru kita? Misalnya, masak sih kalau datang hujan, kita di dalam rumah kudu pake masker?

Pembaca yang budiman, kalau memang berbahaya mengapa atap asbes tetap dijual di pasaran? Tentu ada sebabnya. Tunggu jawabannya minggu depan pada bagian 2 menyoal asbes sebagai atap rumah dengan judul, yakni “ Cara Aman Menggunakan Asbes) ***

About these ads

11 responses to “Berbahayakah Atap Asbes?

  1. Di amerika,asbestos sudah di ban. Di inggris juga.kenapa di indonesia msh dijual bebas? Karena pemerintah kita mana per ah perduli terhadap nyawa rakyatnya. Dosen saya kenak kanker mesothelomia akibat asbestos ini. Effek dari asbes ini br akan ketahuan 20 s/d 50 th kemudian

  2. Terimakasih atas infonya Pak

    Mohon info lebih lanjut :

    Atap rumah dari bahan asbes paling tidak pada awalnya ada kajian lebih dulu, sehingga muncul produk atap rumah berbahan asbes. Bahwa ternyata dapat menimbulkan efek kesehatan, maka harus menjadi perhatian bagi kita semua.

    Adakah “MASA AMAN” asbes sebagai atap rumah misalnya tidak lebih dari “x” tahun, karena secara teknis asbes apabila sudah memasuki “x” tahun akan rapuh sehingga akan mudah hancur dan berubah menjadi butiran2 yg akan beterbangan di udara.

    Jika asbes utk atap rumah dilapisi cat dari 2 sisi atas bawah dengan cat khusus “roof paint” , apakah dapat mengurangi potensi bahaya yang akan ditimbulkan (dapatkah memperpanjang “masa aman” asbes sbg atap rumah).

    Nah, bagaimana juga dengan pabrik2 makanan yang atap bangunan pabriknya menggunakan asbes ?

  3. Sdr. Kusnan. Kita berharap prudusen atau distributor atau pakar yang berkecimpung pada atap asbes bila membaca blog ini, dapat memberikan penjelas yang tranparan, semoga.

  4. di ruangan saya hanya bagian dapur yg menggunakan asbes, tp dilapisi tripleks bagian bwahnya,jd tidak langsung menghadap ruangan

  5. bingung apakah asbes berbahaya

  6. Sdr Hidayat, Berbahaya apabila terhirup pertikel-pertikelnya, makanya hati-hati bila dekat dengan pecahan asbes.

  7. permisi mastah rony… info nya bagus banget..

    mo nanya neh… meskipun atapnya asbes tapi sudah di lindungi oleh plafon gypsum atau triplek apakah masih berbahaya?

    mohon inpohnya ya.. kl bisa di email ke sy lebih oke :P batikbass@yahoo.com

    tq mastah

  8. trims infonya om, kebetulan atap rumah yang baru kami beli juga memakai bahan asbes, kebetulan kami membaca beberapa artikel yang menyebutkan tentang bahaya asbes sbg atap rumah. ditunggu postingan selanjutnya

  9. Dalam jangka pendèk apakah yang akan nampak terganggu dalam kesihatan kita oleh asbes? M0hon penjelasn dr teman2 yg paham betul dgn kesehatan. Trim.

  10. ane setuju nih ama pndpt yg satu ini,karena ane udah frustasi ama teror bocor atap rumah maka ane bermaksud mau ganti atap ane pake asbes.

  11. numpang share,,,,,

    Kami memberikan pada anda atap dengan kwalitas bagus,,,,,, untuk membangun rumah, kantor, ruko, toko yang anda impikan,,,, kunjungi kami di http://www.atapgalvalume.com atau di 0361-7470700. Untuk setiap pembelian dengan total panjang di atas 2000 meter, silakan menghubungi kami untuk mendapatkan harga spesial. Dijamin anda akan puas dengan pelayanan kami.

    thanks,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s